Profil Dillon Brooks, Pebasket NBA yang Tokcer di FIBA World Cup 2023

Sempat mendapat cemoohan 'boo' di Indonesia Arena

Dillon Brooks merupakan pebasket NBA yang tampil bersama timnas Kanada di FIBA World Cup 2023 yang salah satu venue-nya digelar di Indonesia Arena. Dillon Brooks menjadi salah satu pemain yang ditunggu-tunggu penampilannya oleh penonton di Indonesia Arena.

Saat laga pertama Kanada melawan Prancis, Brooks mendapat sorakan 'boo' dari ribuan penonton. Namanya pernah disorot karena dianggap menghina LeBron James saat melawan LA Lakers di babak playoff NBA musim lalu. Pada laga kedua timnas Kanada, Brooks tampil tokcer dengan menjadi pemain penting dalam kemenangan atas Lebanon 128-73.

Berikut profil Dillon Brooks dan perjalanan karier bola basketnya. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Biodata Dillon Brooks

Profil Dillon Brooks, Pebasket NBA yang Tokcer di FIBA World Cup 2023Dillon Brooks di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Dillon Brooks adalah pebasket NBA kelahiran Mississauga, Ontario pada 22 Januari 1996. Ia lahir dari ibu bernama Anita Diane Brooks dan ayahnya yang tidak identitasnya tidak diketahui publik.

Ketertarikan Dillon Brooks dengan dunia basket berasal dari sang ibu yang selalu mendorongnya berkarier di dunia basket. Pemain setinggi 1,98 meter dan 102 kg ini mulai mengikuti NBA Draft pada 2017 setelah lulus dari Universitas Oregon.

Ia direkrut Houston Rockets pada NBA Draft 2017, dijual ke Memphis Grizzlies dan membangun kariernya di sana. Pada Juli 2023, Dillon Brooks resmi pindah ke Houston Rockets.

2. Karier di klub basket

Profil Dillon Brooks, Pebasket NBA yang Tokcer di FIBA World Cup 2023Dillon Brooks resmi menandatangani kontrak empat tahun dengan Houston Rockets (nba.com)

Karier awal basket

Semasa di bangku sekolah menengah, Dillon Brooks mengikuti Findlay Prep di Nevada. Ia dinilai sebagai pemain dengan fisik yang tinggi dan kokoh, serta kemampuan yang mumpuni.

Saat itu, kelemahannya hanya kurang agresif di kedua sisi lapangan. Dengan kemampuannya, ia berhasil menarik perhatian klub basket Universitas Oregon, yaitu Oregon Ducks.

Karier di masa kuliah

Dillon Brooks resmi menandatangani kontrak dengan Oregon Ducks pada 17 Agustus 2014. Sebagai pemain baru, ia berhasil mencetak 11,5 poin per game. Ia langsung masuk dalam tim All-Freshman Pac-12 di musim pertamanya.

Pada musim kedua, Brooks mencatatkan rata-rata 16,7 poin, 5,4 rebound, dan 3,1 assist per game. Catatan baik itu sekaligus membawa Oregon Ducks menjuarai musim reguler Pac-12.

Baru pada musim 2016-2017, Dillon Brooks memutuskan untuk menjajal NBA Draft 2017.

Karier NBA

Dillon Brooks dipilih Houston Rockets sebagai pilihan ke-45 pada NBA Draft 2017. Namun akhirnya pada draft night, ia ditukar ke Memphis Grizzlies. Akhirnya, Brooks menandatangani kontrak profesional NBA pertamanya selama tiga tahun bersama Memphis Grizzlies pada 21 Juli 2017.

Ia berhasil mencatatkan debut dengan skor tertinggi, yaitu 19 poin. Pada 11 April 2018, ia mencetak 36 poin saat Memphis bertemu Oklahoma City. Namun, pada pengujung musim 2018-2019, Brooks sempat mengalami cedera ligamen yang mengharuskannya menepi dari lapangan.

Lalu musim berikutnya, Brooks kembali ke performanya dengan catatan rata-rata 16,1 poin per game. Ia pun memperpanjang kontraknya dengan Memphis Grizzlies selama tiga tahun.

Pada 8 Juli 2023, Dillon Brooks resmi menandatangani kontrak empat tahun senilai 80 juta dolar AS bersama Houston Rockets.

Baca Juga: Jadwal FIBA World Cup 2023, Pantau Biar Ngga Ketinggalan

3. Karier di timnas Kanada

Profil Dillon Brooks, Pebasket NBA yang Tokcer di FIBA World Cup 2023Dillon Brooks di FIBA World Cup 2023 (fiba.basketball)

Dillon Brooks mulai memperkuat timnas basket putra Kanada sejak 24 Mei 2022. Pertama kali, ia tampil membela timnas Kanada pada Pan America Games 2015. Saat itu, ia berhasil membawa timnya meraih medali perak.

Pada FIBA World Cup 2023 yang digelar di beberapa negara, Dillon Brooks kembali memperkuat timnas Kanada. Di Indonesia, penampilannya ditunggu-tunggu oleh penggemar basket NBA yang memadati Indonesia Arena.

Demikianlah profil Dillon Brooks, pebasket NBA yang menyita perhatian penonton saat membela timnas Kanada di FIBA World Cup 2023.

Baca Juga: Profil Bray Wyatt, Pegulat WWE Meninggal Dunia di Usia 36 Tahun

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya