3 Pemain Puerto Rico di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBA

Tim kuda hitam di FIBA World Cup 2023

Puerto Rico merupakan salah satu negara penguasa bola basket di Amerika Tengah. Menjelang FIBA Basketball World Cup 2023, mereka menduduki posisi ke-20 di peringkat dunia. Puerto Rico pun menjadi salah satu wakil Amerika yang akan berlaga di Piala Dunia Basket tahun ini di Jepang, Indonesia, dan Filipina. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, 12 pemain terbaik telah dipilih Nelson Colon selaku pelatih Puerto Rico.

Dari 12 nama tersebut, 3 di antaranya merupakan pemain yang memiliki pengalaman bermain di NBA. Bermain di kompetisi bola basket terbaik dunia setidaknya bisa menjadi gambaran betapa kerasnya FIBA World Cup 2023. Lalu, siapa sajakah ketiga pemain itu dan seperti apa kiprahnya di NBA?

Berikut inilah daftar dan ulasan pemain Puerto Rico di FIBA World Cup 2023 yang pernah main di NBA!

1. Aleem Ford hanya mencatat lima pertandingan di NBA

3 Pemain Puerto Rico di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBAAleem Ford (uwbadgers.com)

Nama yang pertama ialah Aleem Ford, pemain kelahiran Georgia, Amerika Serikat, yang saat ini membela Timnas Puerto Rico. Ford dipanggil ke skuad Puerto Rico untuk FIBA Basketball World Cup 2023 untuk mengisi salah satu posisi di small forward. Akan tetapi, ia bukan pemain inti.

Ford sendiri memiliki pengalaman bermain di NBA dengan intensitas yang sangat minim. Pasalnya, ia hanya bermain dalam 5 laga dengan mencatat rata-rata 2,8 poin, 3 rebound, dan 0,4 assist per laga. Momen tersebut terjadi kala ia membela Orlando Magic pada 2021/2022.

Baca Juga: 6 Pemain NBA yang Meraih MVP FIBA World Cup

2. Tiga musim yang singkat untuk John Holland

3 Pemain Puerto Rico di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBAJohn Holland (nba.com)

John Holland merupakan salah satu small forward asal Amerika yang berjaya di Eropa. Kariernya cukup mentereng bersama Crvena Zvezda dan Hapoel Tel Aviv yang saat ini ia bela. Oleh karena itu, Holland bisa masuk ke dalam skuad Puerto Rico di FIBA Basketball World Cup 2023.

Jauh sebelum itu, Holland pernah membela tim NBA, tepatnya pada 2016--2018. Ia pernah membela dua tim, yakni Boston Celtics (2016) dan Cleveland Cavaliers (2017--2018). Akan tetapi, ia hanya mencatatkan penampilan bersama Cleveland Cavaliers di NBA.

Itu pun tak terlalu banyak. Pasalnya, ia hanya mencatat 24 laga pada 2017/2018 dan 1 laga pada 2018/2019. Dari 25 penampilannya itu, Holland mencatat rata-rata 2,2 poin, 1 rebound, dan 0,2 assist per laga dari rata-rata 7 menit bermain.

3. Pengalaman membawa Tremont Waters jadi playmaker utama Puerto Riko

3 Pemain Puerto Rico di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBATremont Waters (nba.com)

Tremont Waters akan mengisi posisi playmaker utama di tim Puerto Rico di FIBA Basketball World Cup 2023 mendatang. Hal ini telah terlihat ketika mereka menjalani beberapa laga uji coba kontra Latvia, Serbia, Lithuania, dan Amerika Serikat. Kemampuan Waters sebagai pengatur serangan sebetulnya tak bisa diremehkan.

Waters pernah memiliki pengalaman bermain di NBA untuk empat tim berbeda, yakni Boston Celtics, Milwaukee Bucks, Washington Wizards, dan Toronto Raptors. Sayangnya, itu ia jalani dalam kurun waktu 3 tahun (2019--2022). Dalam kurun waktu tersebut, Waters hanya menjalani 40 pertandingan.

Puerto Rico sebetulnya memiliki beberapa pemain lain yang pernah dan sedang membela tim NBA. Namun, pemain-pemain tersebut menolak untuk bermain di Piala Dunia Basket tahun ini. Sebut saja Jose Alvarado, Julian Strawther, dan Gian Clavell.

Di FIBA Basketball World Cup 2023, Puerto Rico sendiri tergabung di Grup C yang diselenggarakan di Filipina. Untuk lolos ke babak selanjutnya, mereka harus bermain baik melawan Serbia, Sudan Selatan, dan China. Dengan grup yang relatif mudah, Puerto Rico diprediksi bisa lolos ke babak selanjutnya sebagai runner-up grup.

Baca Juga: Indonesia Arena Buat Juara Bertahan FIBA World Cup Takjub!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya