4 Pemain Sudan Selatan di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBA

Tiga pemain lahir di luar Sudan Selatan!

Angola, Sudan Selatan, Mesir, Cape Verde, dan Pantai Gading menjadi negara-negara yang mewakili Benua Afrika di FIBA World Cup 2023. Dari kelima negara tersebut, Sudan Selatan menjadi yang terkuat. Sudan Selatan diperkuat oleh pemain-pemain hebat yang empat di antaranya memiliki pengalaman bermain di NBA.

Uniknya, beberapa pemain tersebut justru tak lahir dan tumbuh besar di Sudan Selatan. Hal ini bisa terjadi karena banyak penduduk Sudan Selatan yang bermigrasi ke negara lain akibat perang yang pernah terjadi di negara tersebut. Beruntungnya, mereka mau kembali dan membela negara asalnya di FIBA World Cup 2023 ini.

Akan tetapi, beberapa pemain ini gagal tampil bersinar, bahkan hanya memiliki umur yang pendek kala berkarier di NBA. Siapa sajakah empat pemain Sudan Selatan di FIBA World Cup 2023 yang pernah berkarier di NBA tersebut? Berikut inilah daftar dan ulasannya!

1. Mangok Mathiang hanya bertahan setahun di NBA

4 Pemain Sudan Selatan di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBAMangok Mathiang (fiba.basketball)

Mangok Mathiang yang tumbuh di Australia lebih memilih untuk membela tanah kelahirannya, Sudan Selatan, sejak tahun 2019. Sempat absen di beberapa turnamen, Mathiang pun kembali ke skuad Sudan Selatan di FIBA World Cup 2023. Mathiang akan mengisi posisi utama power forward tim asuhan Royal Ivey.

Mathiang sendiri pernah berkarier di NBA bersama Charlotte Hornets. Akan tetapi, Mathiang lebih sering dikirim ke G League untuk bermain bersama Greensboro Swarm. Mathiang hanya mencatat empat laga pada musim reguler 2017/2018 di Charlotte Hornets.

2. Marial Shayok terlempar ke tim G League

4 Pemain Sudan Selatan di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBAMarial Shayok (nba.com)

Marial Shayok lahir dan tumbuh besar di Kanada. Ia memulai karier bola basketnya bersama tim sekolah menengah di Kanada sebelum mulai berkarier di tim universitas yang ada di Amerika Serikat. Oleh karena itu, ia bisa terpilih di urutan ke-54 pada NBA Draft 2019 oleh Philadelphia 76ers.

Sayangnya, karier Shayok bersama Sixers tak bertahan lama. Sama seperti Mangok Mathiang, Shayok pun lebih sering bermain di G League dan hanya mampu mencatat empat laga di NBA. Di luar kariernya di level klub, Shayok terhitung sebagai pendatang baru di tim Sudan Selatan. Ia baru bergabung dengan negara leluhurnya pada FIBA World Cup 2023 ini.

Baca Juga: 5 Pebasket Serbia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBA

3. Carlik Jones masih berseragam Chicago Bulls

4 Pemain Sudan Selatan di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBACarlik Jones (nba.com)

Carlik Jones lahir dan besar di Amerika Serikat. Sama seperti Marial Shayok, Jones pun baru dipanggil untuk membela Timnas Sudan Selatan pada FIBA World Cup 2023 nanti. Ia dipercaya akan menjadi playmaker utama di tim tersebut.

Di level klub, Jones selalu berkarier di Amerika Serikat, baik di G League maupun NBA. Kariernya ini dimulai pada 2021 saat ia bergabung dengan Dallas Mavericks. Jones pun pernah membela Denver Nuggets pada 2022 dengan karier yang tak terlalu baik. Kini, ia merupakan bagian dari tim Chicago Bulls, tim yang ia datangi sejak Desember 2022.

4. Wenyen Gabriel masih bermain di NBA sejak 2018

4 Pemain Sudan Selatan di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBAWenyen Gabriel (nba.com)

Wenyen Gabriel pun akan debut bersama Timnas Sudan Selatan pada FIBA World Cup 2023. Ia dipercaya akan menjadi center utama bagi negaranya ini. Permainan apik dengan menit bermain yang cukup bersama Los Angeles Lakers pada 2022/2023 lalu bisa ia terapkan untuk negaranya.

Wenyen sendiri telah berkarier di NBA sejak 2018. Ia tak pernah beranjak dari NBA meski sesekali terlempar ke G League. Selain Los Angeles Lakers, Wenyen pun pernah membela Sacramento Kings, Los Angeles Clippers, Brooklyn Nets, Portland Trail Blazers, dan New Orleans Pelicans di NBA. 

Sudan Selatan sebetulnya bisa menambah kekuatan dari Bol Bol yang saat ini berseragam Orlando Magic. Pasalnya, Bol Bol merupakan anak dari mantan pemain NBA sekaligus pemain Timnas Sudan Selatan, Manute Bol. Akan tetapi, Bol Bol menolak untuk berpartisipasi membela Sudan Selatan pada FIBA World Cup 2023 nanti.

Baca Juga: FIBA Buka Lagi Penjualan Tiket Piala Dunia Basket 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya