5 Pemain Yunani di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Berkarier di NBA

Timnas Yunani diperkuat Antetokounmpo bersaudara

Yunani siap berbicara banyak di FIBA World Cup 2023. Deretan pemain terbaik telah dipilih Dimitris Itoudis untuk berlaga di Piala Dunia bola basket ini. Namun, 22 pemain yang telah terpilih akan kembali diseleksi hingga jumlahnya mencapai 12.

Dari 22 pemain yang dibawa Itoudis untuk FIBA World Cup 2023 tersebut, 5 di antaranya merupakan pemain yang pernah memiliki pengalaman berkarier di NBA. Mereka tampaknya akan menjadi kekuatan untuk Negeri Para Dewa. Siapa sajakah lima pemain tersebut?

1. Kostas Papanikolaou

5 Pemain Yunani di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Berkarier di NBAKostas Papanikolaou (fiba.basketball)

Kostas Papanikolaou merupakan small forward yang tak pernah pindah dari Olympiacos Pireus sejak 2016. Sebelum membela tim asal Yunani tersebut, Papanikolaou pernah berkarier di NBA selama 2 tahun. Kala itu, ia membela Houston Rockets (2014--2015) dan Denver Nuggets (2015--2016). Sayangnya, torehan statistik Papanikolaou tak memuaskan.

Saat berseragam Timnas Yunani, Papanikolaou kerap tampil hebat. Pria berusia 32 tahun ini telah menjadi langganan Timnas Yunani sejak 2009. Pengalaman dan kontribusi permainannya tentu diharapkan untuk menggenjot permainan tim di FIBA World Cup 2023.

2. Thanasis Antetokounmpo

5 Pemain Yunani di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Berkarier di NBAThanasis Antetokounmpo (nba.com)

Dimitrios Itoudis memanggil 3 dari 4 Antetokounmpo bersaudara ke FIBA World Cup 2023. Kakak tertua, Thanasis Antetokounmpo, menjadi salah satunya. Thanasis diprediksi akan menjadi pemain cadangan untuk FIBA World Cup 2023.

Banyak pemain hebat yang bersaing dengannya untuk posisi power forward. Terlebih lagi, permainan Thanasis di Milwaukee Bucks 2022/2023 lalu tak begitu mengesankan. Ia hanya mencatat 1,4 poin, 1,2 rebound, dan 0,4 assist per laga pada musim reguler NBA. Itu dicatatkan dalam 34 pertandingan dengan rata-rata 5,6 menit bermain.

Baca Juga: Profil Giannis Antetokounmpo, Kapten di NBA All Star 2023

3. Giannis Antetokounmpo

5 Pemain Yunani di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Berkarier di NBAGiannis Antetokounmpo (nba.com)

Giannis Antetokounmpo berkomitmen untuk membela Timnas Yunani pada FIBA World Cup 2023. Kehadirannya tentu akan sangat bermanfaat bagi timnya. Sebab, ia merupakan pemain bintang yang kemampuannya tak lagi diragukan. Giannis telah membuktikan hal tersebut, baik saat membela Timnas Yunani dan Milwaukee Bucks.

Pemain yang berposisi sebagai power forward ini sangat dominan pada EuroBasket 2022 lalu. Akan tetapi, ia gagal membawa negaranya juara. Mungkin FIBA World Cup 2023 ini bisa menjadi momen yang baik untuk membawa negaranya berprestasi.

4. Kostas Antetokounmpo

5 Pemain Yunani di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Berkarier di NBAKostas Antetokounmpo (nba.com)

Antetokounmpo lain yang dibawa ke FIBA World Cup 2023 adalah Kostas Antetokounmpo. Pemain yang pada musim depan akan bermain untuk Panathinaikos ini merupakan seorang power forward yang bisa merangkap sebagai center. Namun, Kostas diprediksi akan menjadi pemain cadangan.

Kostas sendiri pernah berkarier di NBA. Ia pernah membela Dallas Mavericks (2018--2019), Los Angeles Lakers (2019--2021), dan Chicago Bulls (2022). Selama membela ketiga tim tersebut, Kostas tak pernah tampil menonjol.

5. Georgios Papagiannis

5 Pemain Yunani di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Berkarier di NBAGeorgios Papagiannis saat berseragam Timnas Yunani. (instagram.com/g_p_06)

Georgios Papagiannis kembali lagi ke Timnas Yunani. Pria bertinggi 220 cm ini sempat absen karena cedera pada FIBA EuroBasket 2022. Namun, kini Papagiannis telah tersedia untuk menjadi center utama bagi negaranya di FIBA World Cup 2023.

Faktanya, Papagiannis merupakan pemain Yunani dengan urutan draft tertinggi dalam sejarah NBA Draft. Ia terpilih di urutan ke-13 pada NBA Draft 2016. Sayangnya, karier Papagiannis bersama Sacramento Kings (2016--2018) dan Portland Trail Blazers (2018) tak berjalan mulus.

Meski memiliki deretan pemain berkualitas yang dibawa ke FIBA World Cup 2023, Timnas Yunani tampaknya akan tampil pincang. Sebab, tiga playmaker mereka, Tyler Dorsey, Nick Calathes, dan Kostas Sloukas tak akan tampil. Mereka absen dan tak dibawa dengan berbagai alasan berbeda.

Meski begitu, Dimitrios Itoudis tak hilang akal. Ia memanggil Thomas Walkup, point guard Olympiacos Pireus yang baru dinaturalisasi Timnas Yunani pada April 2023 lalu. Kemampuannya dalam mengatur serangan dan kemampuan hebatnya dalam bertahan menjadi keunggulan Walkup yang diharapkan bisa terjadi pada FIBA World Cup 2023 mendatang.

Baca Juga: Giannis Antetokounmpo, Si Spesialis 50 Poin di NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya