Performa 6 Pemain Olympiacos di Turnamen FIBA World Cup 2023

Mayoritas gagal membawa Yunani berprestasi!

Bersama Olimpia Milano dan Al Riyadi, Olympiacos Pireus menjadi tim yang paling banyak mengirimkan pemainnya ke FIBA World Cup 2023. Total ada enam pemain Olympiacos yang bermain di turnamen ini. Enam pemain tersebut kebanyakan membela Timnas Yunani.

Hal ini tak mengherankan mengingat Olympiacos merupakan tim besar yang berasal dari Yunani. Akan tetapi, mereka tak begitu berprestasi. Lalu, siapa sajakah pemain Olympiacos yang bermain di FIBA World Cup 2023 dan bagaimana performanya dalam turnamen ini? Berikut inilah daftar dan ulasannya.

1. Moustapha Fall memiliki menit bermain yang terbatas

Performa 6 Pemain Olympiacos di Turnamen FIBA World Cup 2023Moustapha Fall saat berseragam TImnas Prancis. (instagram.com/moustaphafall10)

Moustapha Fall adalah sosok bigman hebat kala bermain untuk Olympiacos. Akan tetapi, hal tersebut tak bisa Fall tunjukkan kala membela Timnas Prancis di FIBA World Cup 2023. Pasalnya, gerak-gerik Fall pada turnamen ini cukup terbatas dengan menit bermain yang sedikit.

Ia hanya mendapatkan 46 menit dengan torehan 8 poin, 4 assist, dan 6 rebound dari 5 laga yang dijalani Prancis di turnamen ini. Posisinya pun tak terlalu menonjol karena ia hanya berperan sebagai pelapis dari Rudy Gobert dan Matthias Lessort. Bahkan, Fall tercatat sebagai pemain dengan menit bermain paling sedikit di skuad Prancis. Fall dan Timnas Prancis pada FIBA World Cup 2023 terhitung gagal total.

2. Thomas Walkup jalani debutnya bersama Timnas Yunani di kompetisi resmi

Performa 6 Pemain Olympiacos di Turnamen FIBA World Cup 2023Thomas Walkup (fiba.basketball)

Thomas Walkup adalah salah satu pemain naturalisasi yang dibawa Timnas Yunani pada FIBA World Cup 2023. Kehadiran Walkup cukup membantu Yunani dalam menyelesaikan masalah di posisi playmaker. Pasalnya, Walkup sangat mumpuni dalam menggantikan peran Nick Calathes dan Tyler Dorsey yang absen pada turnamen ini.

Pada FIBA World Cup 2023, Walkup tampil cukup produktif. Ia mencetak 64 poin, 36 assist, dan 14 rebound dalam 152 menit. Catatan tersebut membawa Walkup menjadi pemimpin torehan assist dan menjadi runner-up dalam urusan poin di skuad Yunani. Sayangnya, Walkup dan Yunani hanya bertengger di posisi ke-15.

3. Kostas Papanikolaou pimpin skuad Yunani sebagai kapten

Performa 6 Pemain Olympiacos di Turnamen FIBA World Cup 2023Kostas Papanikolaou (fiba.basketball)

Absennya beberapa pemain senior termasuk pentolan tim, seperti Giannis Antetokounmpo dan Nick Calathes, menjadi masalah bagi Yunani. Pasalnya, Yunani tampak seperti kehilangan ruh permainan akibat kekosongan pemimpin. Namun, hal tersebut sedikit terbantahkan karena kehadiran Kostas Papanikolaou.

Pemain yang berposisi sebagai small forward ini dipilih oleh Dimitrios Itoudis sebagai kapten Timnas Yunani di FIBA World Cup 2023. Selain memimpin tim, Papanikolaou pun cukup mentereng dengan catatan 35 poin, 10 assist, dan 18 rebound dalam 128 menit. Sayangnya, Yunani gagal berprestasi.

Baca Juga: 5 Pemain Yunani di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Berkarier di NBA

4. Giannoulis Larentzakis torehkan banyak poin untuk negaranya

Performa 6 Pemain Olympiacos di Turnamen FIBA World Cup 2023Giannolis Larentzakis (fiba.basketball)

Nama selanjutnya adalah Giannoulis Larentzakis. Ia pun ikut serta pada FIBA World Cup 2023 untuk membela Timnas Yunani. Larentzakis yang berposisi sebagai guard ini cukup produktif dalam mencetak angka.

Bahkan, ia bertengger di posisi ketiga sebagai pemain dengan jumlah poin terbanyak di skuad Yunani. Selama turnamen, 63 poin, 8 assist, dan 8 rebound dalam 108 menit. Selain karena memiliki permainan yang apik, Larentzakis pun telah dianggap sebagai pemimpin tim.

5. Menit bermain minim bukan halangan bagi Michail Lountzis untuk berperan

Performa 6 Pemain Olympiacos di Turnamen FIBA World Cup 2023Michail Lountzis (kanan) (fiba.basketball)

Michail Lountzis hadir sebagai pelapis Thomas Walkup untuk posisi point guard, Seringnya Walkup mendapatkan menit bermain membuat Lountzis mendapatkan menit bermain yang minim pada FIBA World Cup 2023. Alhasil, ia pun menjadi pemain dengan jumlah menit bermain paling sedikit nomor tiga di skuad Yunani.

Kendati demikian, Lountzis mampu menampilkan permainan terbaik saat dimainkan. Ia mencatat 20 poin, 11 rebound, dan 9 assist dari 57 menit dalam 5 laga. Catatan itu membuat Lountzis menempati posisi ketiga sebagai pemain dengan assist terbanyak di skuad Yunani.

6. Nikola Milutinov punya peran besar membawa Serbia ke partai puncak

Performa 6 Pemain Olympiacos di Turnamen FIBA World Cup 2023Nikola Milutinov (fiba.basketball)

Banyak pihak menyangka jika Serbia akan gagal total pada FIBA World Cup 2023. Absennya beberapa pemain bintang, seperti Vladimir Lucic, Vasilije Micic, Boban Marjanovic, Aleksej Pokusevski, Nikola Kalinic, dan Nikola Jokic menjadi alasannya. Namun, hal tersebut berubah ketika Serbia bermain apik dan mengakhiri turnamen sebagai juara kedua.

Salah satu pemain yang paling berperan dalam keberhasilan ini adalah Nikola Milutinov. Center Olympiacos ini tampil solid di bawah rim sebagai pemimpin rebound dan pencetak poin terbanyak kedua di dalam tim. Total, Milutinov mencatat 97 poin, 18 assist, dan 67 rebound dalam 196 menit.

Olympiacos bisa saja memiliki juara FIBA World Cup 2023 jika Nikola Milutinov dan Serbia menjadi juara. Akan tetapi, ia gagal karena Jerman lebih perkasa di babak final. Kendati demikian, prestasi yang ditorehkan Milutinov ini cukup membanggakan.

Baca Juga: 10 Potret Thomas Walkup, Defender Hebat Olympiacos Piraeus dari AS

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya