7 Tim yang Paling Dijagokan untuk Juara di Ajang FIBA World Cup 2023

Kiprah mereka layak disaksikan

Kurang dari sebulan, FIBA World Cup 2023 akan diselenggarakan. Pada ajang Piala Dunia bola basket ini, Jepang, Filipina, dan Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah. Tiga negara ini akan didatangi oleh pebasket hebat dunia dan para penggemar yang siap mendukung tim kesayangannya mulai akhir Agustus 2023 nanti.

Untuk meraih gelar juara, pemain-pemain hebat dipilih dan berkumpul untuk membela negaranya masing-masing. Mereka berjuang untuk membuat negaranya bangga dan berprestasi di ajang internasional. Dari 32 tim yang bertanding di FIBA World Cup 2023, ada 7 tim yang layak untuk dijagokan. Negara mana sajakah itu?

1. Amerika Serikat

7 Tim yang Paling Dijagokan untuk Juara di Ajang FIBA World Cup 2023Timnas bola basket Amerika Serikat. (nba.com)

Meski tak diperkuat oleh puluhan superstar, Amerika Serikat selalu dijagokan dalam turnamen bola basket internasional. Negeri Paman Sam ini tak pernah kehabisan bakat dalam urusan bola basket. Tak heran, jika Amerika Serikat menjadi negara dengan jumlah gelar FIBA World Cup terbanyak dalam sejarah, yakni sebanyak lima kali. Pada FIBA World Cup 2023 ini, pemain-pemain bintang, seperti Jaren Jackson Jr, Anthony Edwards, Tyrese Haliburton, dan Mikal Bridges siap menjadi andalan.

2. Prancis

7 Tim yang Paling Dijagokan untuk Juara di Ajang FIBA World Cup 2023Timnas Basket Prancis (fiba.basketball)

Prancis akan tampil dengan empat pemain andalan mereka, Nicolas Batum, Evan Fournier, Nando de Colo, dan Rudy Gobert pada FIBA World Cup 2023. Dengan hal ini, Prancis sangat layak dijagokan. Namun, tim yang berada di ranking ke-4 FIBA ini tak memiliki rekor bagus dalam ajang FIBA World Cup. Faktanya, mereka tak pernah sekali pun meraih gelar juara.

3. Spanyol

7 Tim yang Paling Dijagokan untuk Juara di Ajang FIBA World Cup 2023Juancho Hernangomez dan Willy Hernangomez (fiba.basketball)

Tak ada  pemain yang sangat menonjol di skuad Spanyol pada FIBA World Cup 2023. Namun, mereka selalu menjadi bermain sangat kompak sebagai sebuah tim. Tak heran pemain-pemain medioker, seperti Juan Hernangomez, Willy Hernangomez, dan Ricky Rubio bisa bersinar di sini. Saat ini, Spanyol telah memiliki 2 gelar juara FIBA World Cup dan menempati di peringkat 1 di ranking FIBA per Sabtu (12/8/2023).

Baca Juga: 5 Pebasket NBA yang Dipanggil Timnas Spanyol untuk FIBA World Cup 2023

4. Australia

7 Tim yang Paling Dijagokan untuk Juara di Ajang FIBA World Cup 2023Timnas Basket Australia (fiba.basketball)

Tak jauh berbeda dengan Spanyol, Australia pun selalu tampil kompak sebagai sebuah tim. Hal itu membuat Australia bisa berada di ranking ke-3 FIBA sejauh ini. Pada FIBA World Cup 2023 mendatang, Australia tak akan diperkuat oleh Ben Simmons, Matthew Dellavedova, dan Aron Baynes. Kendati demikian, Matisse Thybulle, Patty Mills, Joe Ingles, dan Josh Giddey siap menjadi andalan.

5. Kanada

7 Tim yang Paling Dijagokan untuk Juara di Ajang FIBA World Cup 2023Timnas bola basket Kanada. (fiba.basketball)

Kanada memiliki materi pemain yang cukup baik, seperti Shai Gilgeous-Alexander, Kelly Olynyk, RJ Barrett, Dillon Brooks, dan Luguentz Dort. Namun, Kanada kerap tampil mengecewakan di level internasional. Tak heran Kanada tak pernah berprestasi di FIBA World Cup dan menduduki peringkat ke-15 pada ranking FIBA. Meski begitu, Kanada layak dijagokan.

6. Serbia

7 Tim yang Paling Dijagokan untuk Juara di Ajang FIBA World Cup 2023Timnas Basket Serbia (fiba.basketball)

Serbia menjadi negara yang memegang DNA terbesar dari Yugoslavia sehingga memiliki bakat basket yang sangat hebat. Pada FIBA World Cup 2023 ini, Serbia sangat dijagokan. Akan tetapi, mereka akan tampil pincang karena beberapa pemain bintang, seperti Nikola Jokic, Vasilije Micic, Nemanja Bjelica, Boban Marjanovic, dan Nikola Kalinic akan absen.

7. Slovenia

7 Tim yang Paling Dijagokan untuk Juara di Ajang FIBA World Cup 2023Timnas Basket Slovenia (fiba.basketball)

Luka Doncic dipastikan akan menjadi tulang punggung Timnas Slovenia pada FIBA World Cup 2023. Bintang Dallas Mavericks tersebut akan dibantu oleh Vlatko Cancar dan Mike Tobey untuk membawa negaranya berprestasi di ajang ini. Namun, kiprah Slovenia bisa saja tak begitu baik. Pasalnya, FIBA World Cup 2023 ini menjadi kali pertama Slovenia tak diperkuat oleh kapten mereka, Goran Dragic. Slovenia sendiri tak pernah berprestasi di FIBA World Cup dan saat ini menduduki peringkat ke-7 ranking FIBA.

 

Tanpa mengecilkan peluang peserta-peserta lain, tujuh negara ini memang memiliki materi pemain yang sangat kuat. Sebetulnya, Lithuania dan Yunani bisa saja dijagokan. Namun, mereka tampil sangat pincang. Lithuania tak akan diperkuat Domantas Sabonis yang cedera. Sementara itu, Yunani tak akan diperkuat oleh Giannis Antetokounmpo, Kostas Sloukas, Nick Calathes, dan Tyler Dorsey.

Baca Juga: 4 Pemain Slovenia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya