Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat Baru Jalani Debut pada November 2023

Fokus pada turnamen level 300 dan 500

Jakarta, IDN Times - Pasangan baru ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat, gagal jalani debut di ajang Indonesia International Challenge 2023. Mereka direncanakan baru bisa beraksi perdana pada November mendatang.

Rahmat mengungkapkan, alasan mundurnya lantaran kurang persiapan. Alasan tersebut juga telah dikonfirmasi asisten pelatih ganda putra, Aryono Miranat.

"Karena kan memang, satu persiapannya emang kurang bagus ya, jadi kita tarik dulu," kata Aryono di Pelatnas Cipayung pada Rabu, 9 Agustus 2023.

1. Fokus turnamen level 300 dan 500

Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat Baru Jalani Debut pada November 2023Aryono Miranat (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Kevin/Rahmat awalnya didaftarkan untuk mentas dalam ajang IIC 2023 di Medan pada 29 Agustus-3 September. Namun, pesiapan yang minim membuat mereka terpaksa harus mundur dan difokuskan untuk turnamen yang lebih tinggi.

"Jadi kita proyeksikan nanti di level yang 300 sama 500. Alasannya karena notional point dia kan bisa masuk ke situ. Kalau bisa masuk kan nanti akan dapat poin juga lebih besar lagi," kata Aryono kepada para media.

Baca Juga: Duet dengan Kevin Sanjaya, Rahmat Hidayat: Susah-susah Gampang

2. Rencana debut di November

Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat Baru Jalani Debut pada November 2023Rahmat Hidayat pasangan baru Kevin Sanjaya (IDN Times/Nathasya Udur Cicilia)

Rencananya Kevin/Rahmat akan diturunkan di dua turnamen yang berdekatan, yakni Korea Masters Super 300 (7-12 November 2023) dan Kumamoto Master Japan Super 500 (14-19 November 2023).

"Kalau misalnya ada rangkaian dua, mending langsung dua. Di Korea itu 300 sama di Jepang yang Kumamoto itu 500. Mungkin bisa masuk," ujar Aryono.

"Kalau cuma satu sayang. Satu yang berikutnya belum tentu bisa masuk lagi, notionalnya gak terpakai," tambahnya.

3. Masih perlu dilihat di lapangan

Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat Baru Jalani Debut pada November 2023Asisten pelatih ganda putra, Aryono Miranat (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sejak diumumkan, pasangan ini langsung mendapat ekspektasi yang tinggi dari penggemar bulu tangkis. Sebab, Kevin Sanjaya merupakan pemain besar dengan segudang prestasi.

Asisten pelatih tersebut pun mengakuinya. Namun, menurut Aryono, permainan Kevin/Rahmat masih perlu diuji di pertandingan.

"Chemistry mereka udah dapet di luar nih. (Tapi) Di lapangan, di pertandingan, kita perlu lihat juga lah," kata Aryono.

Baca Juga: Kevin/Rahmat Batal Debut di IIC 2023 Medan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya