Scarlett Badminton Open Tournament Digelar, Masuk Kalender PBSI

Pendaftaran dibuka sampai 4 September 2023

Jakarta, IDN Times - Kejuaraan badminton bertajuk Scarlett Badminton Open Tournamen (SBOT) bakal kembali digelar. Kali ini, ajang tersebut akan digelar di GOR Nanggala Cijantung, Jakarta Timur, mulai 18-23 September 2023 mendatang.

"Dengan adanya acara ini, bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat para peserta turnamen dalam bidang olahraga bulu tangkis," kata Ketua Panitia SBOT 2023,  Yuan Kartika dalam sesi konferensi pers, Jumat (01/09/2023).

1. Terhitung ranking nasional

Scarlett Badminton Open Tournament Digelar, Masuk Kalender PBSIPara peserta yang lolos Audisi PB Djarum 2023. (IDN Times/Tino).

SBOT sebelumnya telah sukses diselenggarakan tahun lalu, tapi kali ini kembali dengan status yang berbeda. SBOT kini resmi terdaftar dalam kalender PBSI sebagai kejuaraan tingkat swasta nasional.

Dengan begitu, Turnamen tingkat nasional ini diharapkan bisa menjadi wadah atlet muda mengasah dan merintis karier mereka. Apalagi, hasil turnamen sudah terhitung dalam ranking poin nasional.

Baca Juga: PBSI Akui Gagal Penuhi Target Kejuaraan Dunia 2023

2. Bisa diikuti banyak klub daerah

Scarlett Badminton Open Tournament Digelar, Masuk Kalender PBSIPeserta dari Asmat, Papua, Gavriel Aldrich Alharon Labatar lolos Audisi PB Djarum 2023. (IDN Times/Tino).

Ketua PBSI Jakarta Selatan Kurniahu menjelaskan, hanya ada dua tunamen bulu tangkis swasta nasional di Indonesia, salah satunya SBOT. Ta pelak, ia berharap kejuaraan ini bisa diikuti banyak klub-klub daerah.

"Dalam kejuaraan ini, semoga klub-klub daerah bisa hadir silahturahmi dan berdiskusi, baik ketua maupun pelatih untuk kemajuan badminton Indonesiaa," kata Kurniahu.

3. Terbuka untuk tiga kategori usia

Scarlett Badminton Open Tournament Digelar, Masuk Kalender PBSISiti Fadia Silva Ramadhanti (IDN Times/Margith Juita Damanik)

SBOT sendiri terbuka untuk tiga kategori usia, yaitu Pemula U-15, Remaja U-17, dan Taruna U-19. Sampai saat ini, total yang sudah mendaftar sebanyak 1.016 peserta dan ditutup pada 4 September 2023.

Ganda putri Indonesia, Siti Fadia turut hadir dalam press conference SBOT 2023 dan menyampaikan pesan kepada peserta yang akan bertanding.

"Dimaksimalkan, jangan kalah dengan keadaan, harus tetap semangat. Kapan lagi ada turnamen seperti ini. Jadi, tolong dimanfaatkan buat atlet-atlet junior," kata Fadia.

Baca Juga: PB Djarum Perkasa, Raih 12 Gelar di Kejuaraan Level Nasional

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya