5 Faktor Kesuksesan Cleveland Cavaliers pada Paruh Musim NBA 2023/2024

Menempati posisi kedua klasemen Wilayah Timur

Cleveland Cavaliers menunjukkan performa solid pada paruh musim NBA 2023/2024. Tim asuhan John-Blair Bickerstaff ini menempati posisi kedua klasemen sementara Wilayah Timur. Hal ini mereka dapatkan setelah meraih kemenangan sebanyak 35 kali dan hanya kalah 17 kali dari total 52 pertandingan hingga 14 Februari 2024.

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi kesuksesan Cavaliers pada paruh musim ini. Salah satunya adalah penampilan apik para pemain yang mengisi starting five. Selain itu, berikut adalah lima faktor lainnya yang mempengaruhi kesuksesan Cleveland Cavaliers pada paruh musim NBA 2023/2024.

1. Tampil sangat baik pada laga tandang

5 Faktor Kesuksesan Cleveland Cavaliers pada Paruh Musim NBA 2023/2024Donovan Mitchell (45) pada pertandingan tandang melawan Washington Wizards. (instagram.com/cavs)

Pada umumnya, laga tandang akan lebih sulit jika dibandingkan dengan laga kandang. Hal ini juga berlaku pada NBA 2023/2024 ini. Beberapa tim mengalami kesulitan saat menghadapi laga kandang dan akhirnya mengalami kekalahan. Namun, hal ini tidak berlaku pada Cleveland Cavaliers.

Cavaliers memiliki rekor 17 kali menang dan hanya kalah sebanyak 8 kali pada laga tandang mereka di musim ini. Hal ini membuat mereka menjadi tim yang mencatatkan rekor pertandingan tandang terbaik pada paruh musim ini. Penampilan baik Cleveland Cavaliers pada laga tandang juga merupakan kunci utama dibalik kesuksesan mereka menempati posisi kedua klasemen sementara Wilayah Timur.

2. Memiliki skuad yang merata

5 Faktor Kesuksesan Cleveland Cavaliers pada Paruh Musim NBA 2023/2024Pemain Cleveland Cavaliers. (instagram.com/cavs)

Cleveland Cavaliers merupakan salah satu tim yang memiliki skuad yang cukup merata. Pada 2023/2024 ini, kemampuan individu pemain Cavaliers di setiap posisi tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini memberikan kestabilan dan meminimalisir kelemahan mereka pada musim ini.

Kemampuan merata yang dimiliki skuad Cavaliers ini terbukti dari raihan poin rata-rata setiap pemain. Pada musim ini, terdapat 6 pemain Cavaliers yang memiliki rata-rata di atas 10 poin per pertandingan. Keenamnya adalah Donovan Mitchell, Darius Gerland, Evan Mobley, Jarret Allen, Caris LeVert, dan Max Strus.

Baca Juga: 5 Pemain Cleveland Cavaliers yang Gemilang di NBA 2023/2024

3. Penampilan apik Donovan Mitchell

5 Faktor Kesuksesan Cleveland Cavaliers pada Paruh Musim NBA 2023/2024Donovan Mitchell (instagram.com/cavs)

Dari penampilan dan kemampuan skuad Cleveland Cavaliers yang cukup merata pada paruh musim 2023/2024 ini, terdapat satu nama yang cukup menonjol. Pemain ini adalah Donovan Mitchell. Mitchell menunjukkan performa yang sangat baik dan berhasil memimpin Cavaliers dengan penampilan apiknya di setiap pertandingan.

Mitchell menjadi pemain Cavaliers yang memiliki rata-rata raihan poin per pertandingaan tertinggi pada musim ini. Pemain berposisi shooting guard ini mencatatkan rata-rata 28,3 poin per peratndingan. Selain itu dirinya juga mencetak rata-rata 6,3 assist dan 5,4 rebound per pertandingan yang membuat perannya semakin penting untuk Cavaliers.

4. Raihan rebound dua bigman andalan yang cukup tinggi

5 Faktor Kesuksesan Cleveland Cavaliers pada Paruh Musim NBA 2023/2024Jarret Allen (depan) dan Evan Mobley (belakang). (instagram.com/cavs)

Selain mengandalkan Donovan Mitchell, Cleveland Cavaliers juga mengandalkan dua bigman mereka. Keduanya adalah Evan Mobley dan Jarret Allen. Kedua bigman ini menjawab kepercayaan dengan tampil cukup konsisten pada paruh musim 2023/2024.

Hal yang paling menonjol dari penampilan dua bigman andalan Cavaliers ini adalah raihan rata-rata rebound per pertandingan yang mereka catatkan. Jarret Allen yang berposisi center berhasil mencatatkan rata-rata 10,6 rebound per pertandingan. Sementara itu, Evan Mobley yang berposisi power forward mencetak rata-rata 10,2 rebound per pertandingan.

5. Penampilan apik pada Januari 2024

5 Faktor Kesuksesan Cleveland Cavaliers pada Paruh Musim NBA 2023/2024Donovan Mitchell (kiri) dan Jarrett Allen (kanan). (instagram.com/cavs)

Pada awal musim 2023/2024, Cleveland Cavaliers sempat mengalami kesulitan. Namun, mereka berhasil bangkit pada 2024 ini. Tepatnya pada Januari 2024 mereka mulai berhasil memenangkan pertandingan secara konsisten.

Pada Januari 2024, Cavaliers berhasil memangkan 11 pertandingan dan hanya kalah sebanyak 2 kali dari total 13 pertandingan. Rekor mereka di bulan Januari ini sangat baik jika dibandingkan dengan 8 kemenangan dan 5 kekalahan pada bulan Desember 2023. Sementara itu, pada November 2023 Cavaliers juga hanya berhasil menang 9 kali dan kalah 6 kali dari total 15 pertandingan.

Penampilan apik Cleveland Cavaliers pada laga tandang berhasil menjadi faktor utama yang mempengaruhi kesuksesan mereka pada paruh musim 2023/2024. Hal ini mereka dapatkan setelah keberhasilan beberapa pemain untuk menunjukkan performa yang cukup konsiten. Namun, mampukah Cavaliers mempertahankan penampilan apik mereka pada sisa musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain Cleveland Cavaliers dengan Gaji Terbesar pada 2023/2024

Novendi Pamungkas Photo Verified Writer Novendi Pamungkas

Basketball enthusiast. Everything about NBA.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya