Atlet Perempuan Berebut Sabuk Juara di ONE Fight Night 14

Diramaikan 3 laga perebutan sabuk dan 3 disiplin berbeda

Sepasang kejuaraan dunia dan sebuah laga striking inovatif masuk kartu pertandingan ONE Fight Night 14: Stamp vs Ham di Singapura. Ketiga laga ini akan menampilkan beberapa atlet perempuan terbaik di dunia. Ratu strawweight muay thai, Smilla Sundell, misalnya, mesti mempertahankan sabuk emasnya dalam sebuah laga ulang dengan bintang Filipina/Amerika Serikat, Jackie Buntan

Sementara itu, Danielle Kelly akan menghadapi rival lamanya, Jessa Khan, demi sabuk emas atomweight submission grappling perdana. Gelaran yang tayang pada 30 September 2023 itu juga menampilkan juara dunia ONE Women’s Strawweight MMA, Xiong Jing Nan. Ia akan melawan bintang berbakat Nat Jaroonsak dalam laga dengan peraturan striking khusus.

1. Stamp Fairtex vs Ham Seo Hee

Di laga puncak sarat atlet perempuan elite itu, penantang teratas, Stamp Fairtex, akan beradu dengan penantang kedua teratas, Ham Seo Hee, untuk sabuk interim ONE Women's Atomweight. Sabuk ini hadir untuk mengisi kekosongan Angela Lee, penguasa divisi yang tengah menepi sejenak. Ia masih berduka atas kepergian adiknya, Victoria Lee.

Stamp tentu sangat berambisi untuk meraih sabuk emas ketiganya di disiplin MMA. Sedangkan, Ham ingin mengukir namanya sebagai yang terbaik di organisasi olahraga terbesar dunia. Stamp maupun Ham juga tengah berada pada tren kemenangan. Keduanya merupakan striker elite. Laga antarpetarung perempuan ini dipastikan tak akan usai di tangan juri.

2. Smilla Sundell vs Jackie Buntan

Atlet Perempuan Berebut Sabuk Juara di ONE Fight Night 14Smilla Sundell kembali menghadapi Jackie Buntan dalam kejuaraan dunia ONE Strawweight Muay Thai. (dok. ONE Championship)

Ratu muay thai strawweight, Smilla Sundell, memang tak tersentuh sejak debut promosional pada 2022 lalu. Remaja Swedia sensasional ini menghajar Diandra Martin pada Februari 2022. Ia juga membuat Buntan frustrasi selama lima ronde penuh untuk merebut gelar juara dunia ONE Women’s Strawweight Muay Thai perdana 2 bulan kemudian.

Dalam prosesnya, Sundell yang saat itu berusia 17 tahun mampu menorehkan rekor. Ia tercatat sebagai juara dunia ONE termuda dalam sejarah. Kini, ia harus mempertahankan sabuknya dari sang rival, Buntan.

Sejak kalah di tangan sang juara termuda tahun lalu, Buntan telah mencetak sepasang kemenangan besar. Perempuan California ini mengalahkan petarung fenomenal Inggris, Amber Kitchen, via keputusan mutlak pada Desember 2022. Ia juga menghentikan Martin via TKO ronde pertama pada Mei 2023 lalu. Dengan momentum luar biasa itu, Buntan berharap dapat membalas kekalahannya dan merebut sabuk emas dalam disiplin muay thai.

Baca Juga: 4 KO Akbar di ONE Fight Night 12

3. Danielle Kelly vs Jessa Khan

Atlet Perempuan Berebut Sabuk Juara di ONE Fight Night 14Danielle Kelly dan Jessa Khan akan memperebutkan sabuk inagurasi ONE Women's Atomweight Submission Grappling. (dok. ONE Championship)

Laga ini menampilkan kejuaraan dunia ONE Women’s Atomweight Submission Grappling untuk pertama kalinya. Ia akan menampilkan Danielle Kelly dan Jessa Khan. Pertarungan ini menjadi pengulangan aksi mereka pada Februari 2021. Khan saat itu meraih kemenangan via keputusan juri. Namun, banyak hal yang berubah sejak pertemuan tersebut.

Kelly bergabung dengan ONE Championship setahun kemudian. Ia mengawali lajunya dalam divisi submission grappling perempuan di organisasi ini. Dalam prosesnya, Kelly telah mengalahkan grappler elite, seperti Mei Yamaguci, Mariia Molchanova, hingga Ayaka Miura.

Di satu sisi, Khan merebut gelar juara dunia IBJJF Gi 2023 dalam divisi light featherweight. Ini terjadi pada Juni 2023 lalu usai mengalahkan 16 grappler perempuan. Pertemuan di antara keduanya lantas akan membuktikan perihal siapa grappler yang lebih elite.

4. Xiong Jing Nan vs Nat Wondergirl

Atlet Perempuan Berebut Sabuk Juara di ONE Fight Night 14Xiong Jing Nan akan berhadapan dengan Nat Wondergirl dalam laga striking aturan khusus. (dok. ONE Championship)

Laga striking dengan peraturan khusus akan diadakan untuk pertama kalinya di ONE Fight Night 14. Kedua partisipan membawa latar belakang stand-up luar biasa. Xiong Jing Nan, yang menjadi juara dunia ONE Women’s Strawweight MMA sejak gelar ini pertama kali diperebutkan pada Januari 2018, sebelumnya adalah anggota Tim Nasional Tinju China.

Sementara itu, Nat Wondergirl dua kali menjadi juara dunia muay thai Thailand. Ia beraksi dalam berbagai laga tinju saat remaja. Perempuan berusia 24 tahun itu bertransisi dengan baik ke MMA tahun lalu dan akan kembali bertarung dalam disiplin menyeluruh di ONE Friday Fights 26 pada 21 Juli 2023.

Untuk laga striking dengan peraturan khusus, kedua partisipan akan mengenakan sarung tangan MMA 4-ons. Mereka hanya diperbolehkan melontarkan pukulan. Ini berarti tendangan, serangan lutut, dan serangan siku dilarang.

Jika tak terjadi KO atau sebuah penghentian, laga ini akan beralih ke kartu penilaian juri. Penilaian itu serupa dengan peraturan Global Muay Thai dan Kickboxing. Ia menggunakan sistem 10-point-must.

Laga-laga di atas masih akan diramaikan dengan sejumlah penampilan lain. Ini diumumkan lebih lanjut dalam waktu dekat. Ikuti terus perkembangan dari laga sarat perempuan ini!

Baca Juga: 4 Penyelesaian Terbaik di ONE Fight Night 11

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

The Home Of Martial Arts

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya