Berkarier di ONE Championship, 5 Bintang Inggris Ini Tengah Naik Daun

Sambut kerjasama ONE Championship dengan Sky Sports.

ONE Championship kembali melebarkan sayapnya ke Inggris Raya setelah mengumumkan kerjasama eksklusif dengan Sky Sports.

Pada Kamis (13/12/2023) lalu, ONE Championship mengumumkan kerjasama dengan Sky Sports selaku penyiar olahraga teratas di Eropa. Nantinya berbagai gelaran dan program pendukung ONE Championship akan disiarkan secara eksklusif di berbagai platform penyiaran dan digital milik Sky Sports di Inggris Raya dan Irlandia.

Di satu sisi, kerjasama ONE Championship dengan Sky Sports juga melebarkan peluang bagi bintang di Inggris Raya untuk bersinar di panggung global. Berikut 5 bintang dari Inggris Raya yang tengah naik daun dan membuka jalan bagi generasi muda.

1. Jonathan Haggerty

Di peringkat teratas, nama Juara Dunia ONE Bantamweight Muay Thai dan kickboxing, Jonathan Haggerty, sepertinya menjadi salah satu bintang Inggris terbaik saat ini. Ia mengukuhkan kehebatannya sebagai salah satu striker terbaik, usai meraih sabuk emas kedua dari Juara Dunia MMA, Fabricio Andrade di ONE Fight Night 16.

Yang mengesankan, atlet berjuluk "The General" itu sukses menjatuhkan Andrade di menit 1:57 ronde kedua. Diketahui, sang jagoan Brasil belum pernah kalah pasca bergabung di ONE Championship pada 2021 silam.

Ia pun meraih bonus dobel senilai US$ 100.000 atau 1,5 miliar rupiah lebih. Sebelumnya ia juga meraih bonus bernilai fantastis itu usai menaklukkan Nong-O Hama, sang mantan penguasa divisi Muay Thai yang sangat dominan.

2. Liam Harrison

Berkarier di ONE Championship, 5 Bintang Inggris Ini Tengah Naik DaunMantan penantang sabuk emas ONE Bantamweight Muay Thai, Liam Harrison (dok. ONE Championship)

Sebelum Haggerty meraih puncak kejayaan, nama penembak jitu Liam Harrison sudah lebih dulu mewarnai skena Muay Thai Inggris. Sosok yang pernah menantang Nong-O Hama dalam laga perebutan sabuk emas ini memang dikenal sebagai salah satu pemukul KO Inggris.

Sayang, Harrison harus mengakui kehebatan Nong-O usai dibuat kalah TKO karena tak dapat melanjutkan laga. Namun, ia akan segera kembali berlaga di ONE Fight Night 18 pada awal tahun depan.

Dipuncaki dengan laga Kejuaraan Dunia ONE Flyweight Kickboxing antara Superlek Kiatmoo9 dan Elias Mahmoudi, Harrison akan beradu dengan mantan penguasa kelas bantam MMA, John Lineker, dalam laga striking aturan khusus pada 13 Januri 2024.

Baca Juga: ONE Championship Kembali Gebrak AS pada 2024, Ada 4 Event Seru!

3. Jacob Smith

Berkarier di ONE Championship, 5 Bintang Inggris Ini Tengah Naik DaunBintang ONE Flyweight Muay Thai asal Inggris, Jacob Smith (dok. ONE Championship)

Pasca melawan Rodtang Jitmuangnon di babak awal turnamen ONE Flyweight Muay Thai World Grand Prix, nama Jacob Smith mulai mencuri perhatian di kelas terbang. Walau kalah, Smith yang kala itu menjadi debutan sukses menunjukkan kemampuan serta tekad tak kenal menyerah di hadapan sang manusia rahang besi.

Ia pun baru saja tampil di ONE Fight Night 17 pada Sabtu pekan lalu (9/12/2023), dan dihadapkan pada penantang ketiga teratas divisi, Walter Goncalves. Lewat serangan sikut keras, sang striker Inggris sukses menaklukkan Goncalves di menit 2:54 ronde pertama. 

Raihan itu pun menandai kemenangan pertama Smith di ONE Championship pasca berkarier sejak 2022 silam. Ia mendapat bonus penampilan senilai 50.000 dolar Amerika atau setara dengan hampir 800 juta rupiah atas penyelesaian KO yang dicetaknya.

4. Nico Carrillo

Berkarier di ONE Championship, 5 Bintang Inggris Ini Tengah Naik DaunBintang ONE Bantamweight Muay Thai asal Skotlandia, Nico Carrillo (dok. ONE Championship)

Nama Nico Carrillo memang masih jadi pendatang baru di ONE Championship. Namun, sang bintang berumur 25 tahun itu langsung meraih impresi serta kontrak bernilai 100.000 dolar Amerika atau setara dengan Rp1,5 miliar lebih dalam tempo singkat.

Atlet berjuluk "King of The North" itu memenangi laga melawan Furkan Karabag serta Muangthai PK Saenchai dengan raihan KO meyakinkan. Ia juga telah berlaga di ONE Friday Fights 46 pada 22 Desember 2023 melawan mantan penguasa divisi sekaligus penantang teratas Nong-O Hama.

5. Liam Nolan

Berkarier di ONE Championship, 5 Bintang Inggris Ini Tengah Naik DaunBintang ONE Lightweight Muay Thai, Liam Harrison (dok. ONE Championship)

Terakhir ada Liam Nolan, bintang Inggris yang berkarier di divisi ONE Lightweight Muay Thai. Rekan satu sasana dari Jonathan Haggerty ini disebut memiliki kemampuan striking yang tak kalah baik, walau belum meraih puncak kejayaan.

Pasca kalah dari mantan penantang sabuk emas ONE Lightweight Muay Thai, Sinsamut Klinmee, Nolan tengah kembali bangkit ke jalur kemenangan. Di laga terakhirnya ia sukses menang mutlak ats bintang Amerika Serikat, Eddie Abasolo.

Mungkin hanya tinggal masalah waktu, sebelum atlet berjuluk "Lethal" itu dapat meraih kesempatan melawan penguasa divisi, Regian Eersel.

Baca Juga: ONE Friday Fights 46: Tawanchai Jaga Gelar dan Lahirnya Penguasa Baru 

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya