Stamp Tutup 2023 Sebagai Petarung MMA Terbaik

Raih predikat sebagai Juara Dunia tiga disiplin.

Megabintang Thailand, Stamp Fairtex, mencapai sesuatu yang sebelumnya tak pernah terpikirkan pada 2023 ini. Ia resmi menutup tahun 2023 sebagai Juara Dunia ONE di tiga disiplin berbeda.

Wanita berusia 26 tahun ini tiga kali berkompetisi pada tahun ini, satu di disiplin kickboxing dan dua kali di MMA. Seluruh penampilan itu membawa Stamp melaju sebagai Juara Dunia ONE Women’s Atomweight MMA tak terbantahkan pada akhir September lalu.

Ia pun tak hanya menambah jumlah penggemarnya di seluruh dunia, tapi juga menjadikan dirinya sebagai petarung MMA terbaik tahun ini.

1. Awali 2023 dengan duel kickboxing spektakuler

Sebagai mantan Juara Dunia ONE Women’s Atomweight Kickboxing dan Muay Thai, perwakilan Fairtex Training Center ini membuka tahun 2023 dengan salah satu pertarungan yang paling menggemparkan dan tak terlupakan.

Di ONE Fight Night 6 pada Januari lalu, ia meraih keputusan juri atas Anna Jaroonsak dalam sebuah aksi kickboxing yang sarat aksi jual beli serangan. Saking serunya, baik Stamp maupun "Supergirl" menerima bonus penampilan senilai US$50.000 atau setara dengan hampir 800 juta rupiah!

2. Tekuk Alyse Anderson di Amerika Serikat

Empat bulan kemudian, Stamp menjalani debutnya yang sangat ditunggu di Amerika Serikat dalam event ONE Fight Night 10. Ia pun beradu dengan Alyse Anderson dalam aksi atomweight MMA krusial.

Walau ia melawan atlet favorit tuan rumah, superstar Thailand ini menerima sambutan hangat dari para penonton Amerika. Terdorong oleh dukungan mereka, Stamp menunjukkan permainan komplit dalam MMA yang berujung pada sebuah penyelesaian KO berupa tendangan ke arah tubuh pada ronde kedua.

Penyelesaian itu juga memastikan dirinya sebagai penantang gelar Juara Dunia berikutnya dalam divisi atomweight,  dan juga menjadi KO MMA terbaik di tahun 2023.

Baca Juga: Atlet Perempuan Berebut Sabuk Juara di ONE Fight Night 14

3. Warisi sabuk MMA dari Angela Lee

Namun, perjalanan Stamp menjadi Juara Dunia divisinya itu memang tidaklah sederhana. Pasalnya, saat itu Angela Lee yang merupakan penguasa terdahulu masih menepi dari MMA pasca berduka akibat kepergian adiknya, Victoria Lee.

Di satu sisi Stamp dijadwalkan menghadapi petarung Korea Selatan, Ham Seo Hee, untuk sabuk interim ONE Women's Atomweight di laga utama ONE Fight Night 14 September 2023 lalu.

Hanya beberapa menit sebelum kedua petarung ini bertemu malam itu di Singapura, Angela mengumumkan bahwa ia secara pribadi sudah memberitahu Stamp dan Ham bahwa ia akan pensiun dari arena kompetisi dan melepaskan sabuk emas itu.

Ibarat obor yang dilepaskan ke pihak selanjutnya, Stamp pun sukses mewarisi sabuk MMA milik Angela usai menaklukkan Ham di ronde ketiga. Raihan itu pun menambahkan koleksi gelar Juara Dunia ONE Kickboxing dan Muay Thai, serta Juara ONE Women’s Atomweight MMA World Grand Prix milik Stamp yang diraih sebelumnya.

Baca Juga: Dulu Anak Penjual Durian, Stamp Kian Dekat Jadi Juara Dunia 3 Disiplin

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya