4 Tendangan Tawanchai yang Makan Korban di ONE Championship

Lawan sampai gak bisa melanjutkan laga.

Juara dunia ONE Featherweight Muay Thai, Tawanchai PK Saenchai, kembali menegaskan diri sebagai striker paling keras lewat aksinya yang sudah-sudah. Pada ONE Fight Night 13 yang dihelat Sabtu pekan lalu (5/8/2023), atlet perwakilan PK Saenchai Muay Thai Gym itu unjuk kebolehan dalam debut di disiplin kickboxing kontra Davit Kiria.

Walau sempat mengalami kesulitan pada ronde awal, sang superstar Thailand berhasil menunjukkan kehebatannya pada pertengahan ronde. Tak disangka, ia menang usai mematahkan lengan lawannya lewat sebuah tendangan keras pada awal ronde ketiga.

Tentu bukan rahasia kalau Tawanchai memiliki tendangan yang sangat keras. Seperti yang sudah-sudah, atlet penyandang titel Breakout of the Year 2022 ini memang kerap menghabisi lawan dengan kaki kerasnya.

1. Menendang Sean Clancy sampai nyungsep pada debutnya

Penampilan perdana Tawanchai di ONE Super Series tiba dalam sebuah laga bantamweight melawan juara dunia WBC Muay Thai Sean Clancy di ONE: DANGAL pada Mei 2021 lalu. Sejak awal ronde, Tawanchai langsung tancap gas dengan tendangan keras. Ia juga menjatuhkan sang bintang Irlandia dengan kombinasi pukulan kerasnya. Namun, puncaknya terjadi pada ronde ketiga. Lewat sebuah tendangan keras ke arah kepala, Tawanchai berhasil menyudahi perlawanan Clancy pada detik 35.

2. Membuat mantan penantang sabuk emas Saemapetch oleng

https://www.youtube.com/embed/SACVer6WEo8

Setelah kalah tipis dari legenda muay thai, Sitthichai Sitsongpeenong, Tawanchai kembali bangkit dalam laga catchweight kontra mantan penantang sabuk emas bantamweight, Saemapetch Fairtex di ONE:HEAVY HITTERS. Dihadapkan dengan penantang teratas divisi kala itu, Tawanchai berhasil menetralisasi tinju keras lawannya lewat kombinasi pukulan serta tendangan. Puncaknya, sang superstar Thailand berhasil menjatuhkan Saemapetch lewat tendangan tinggi. Ketika sang lawan berusaha bangkit, Tawanchai pun kembali membombardirnya dengan kombinasi tinju keras yang membuatnya menyerah pada menit 2:55 ronde pertama.

Baca Juga: Mengenal Muay Thai, Bela Diri Thailand yang Banyak Manfaatnya

3. Memaksa Jamal Yusupov menyerah dalam 49 detik

Setelah menjalani dua laga di bantamweight yang sukses, Tawanchai naik satu divisi ke featherweight. Ia pun menjadi penguasa divisi di kelas berat itu karena menaklukkan Petchmorakot Petchyindee lewat aksi dominan. Namun, tendangan Tawanchai kembali makan korban dalam laga pertahanan sabuk pertamanya kontra Jamal Yusupov. Lewat sebuah tendangan rendah, sang superstar Thailand berhasil memaksa lawannya menyerah dalam 49 detik di ronde pertama. Walau terlihat sepele, nyatanya tendangan Tawanchai ke arah paha kanan Yusupov berhasil membuat kakinya cedera. Alhasil, sang bintang Turki harus berjalan tergopoh.

4. Mematahkan lengan kanan Davit Kiria

Walau tak berlangsung cepat, tendangan Tawanchai kembali membuktikan kedahsyatannya saat duel kontra Kiria di kickboxing. Terbukti, tangan sang bintang Georgia tak dapat menahan hantaman bertubi-tubi sang bintang Thailand. Dihadapkan dengan Kiria yang memiliki dasar karate, Tawanchai dibuat menjaga jarak dari agresi lawannya. Alhasil, ia kerap menggunakan tendangan untuk membuat Kiria tetap berada pada jarak aman sejak ronde pertama. Namun, gempuran tendangan Tawanchai berhasil menggembosi pertahanan Kiria. Tak hanya itu, lengan kanannya patah setelah menahan serangan sang juara dunia.

5. Menghadapi Superbon di ONE Fight Night 15

Setelah aksi kerasnya kontra Davit Kiria, Tawanchai sudah mendapat jadwal untuk melawan mantan penguasa divisi ONE Featherweight Kickboxing, Superbon Singha Mawynn, di ONE Fight Night 15. Dijadwalkan bertemu pada Oktober 2023, derbi Thailand itu akan memperebutkan sabuk emas muay thai yang dipergang Tawanchai. Di satu sisi, Superbon merupakan salah satu striker terbaik di muka bumi saat ini.

Pertemuan antarkedua nama top itu bisa berarti menentukan. Siapa striker terbaik Thailand di kelas berat featherweight? Tidak sabar menunggu!

Baca Juga: Allazov dan Musumeci Pertahankan Gelar di ONE Fight Night 13

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

The Home Of Martial Arts

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya