Daftar Bintang NBA yang Absen di FIBA World Cup 2023

Siapa saja, ya?

FIBA World Cup 2023 yang segera dilaksanakan pada 25 Agustus hingga 1- September mendatang tentu saja sudah di nanti-nanti banyak fans, terutama fans NBA. Akan tetapi ternyata ada deretan bintang NBA yang absen di FIBA World Cup 2023 nanti. 

Ketidakikutsertaan beberapa bintang NBA tentu memiliki alasan. Adapun alasan-alasan tersebut seperti persoalan kondisi fisik, kesehatan maupun alasan lainnya. Kira-kira siapa saja sih bintang NBA yang absen di FIBA World Cup 2023? Simak selengkapnya. 

Baca Juga: 7 Pemain Bintang Eropa yang Absen di FIBA World Cup 2023

1. Nikola Jokic (Serbia, Group B)

Daftar Bintang NBA yang Absen di FIBA World Cup 2023Nikola Jokic di Game 3 melawan Trail Blazers (eurohoops.net)

Bintang NBA yang absen di FIBA World Cup 2023 pertama adalah pemain dari Serbia yaitu Nikola Jokic. Nikola menjadi pemain ternama setelah beberapa kali meraih penghargaan MVP NBA pada 2021 dan 2022. 

Laporan dari spin.ph menyatakan pemain hebat ini memutuskan untuk absen di FIBA World Cup 2023. Alasan Nikola yakni memilih untuk istirahat terlebih dahulu dari pertandingan internasionalnya karena sebelumnya Nikola sudah intens bertanding. 

2. Giannis Antetokounmpo (Yunani, Group C)

Daftar Bintang NBA yang Absen di FIBA World Cup 2023potret Giannis Antetokounmpo (nba.com)

Pemain dari Milwaukee Bucks yaitu Giannis Antetokounmpo juga menjadi bintang NBA yang absen di FIBA World Cup 2023. Tentu saja kabar ini membuat beberapa penggemarnya kecewa, terutama penggemar dari warga Asia tidak akan melihat aksi spektakuler dari "Greak Freak". 

Pemain yang pernah meraih penghargaan MVP NBA pada tahun 2019 dan 2020 ini memiliki alasan tersendiri. Giannis tidak akan turut ambil bagian dalam FIBA Cup tahun ini. 

Baca Juga: 5 Pemain Yunani di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Berkarier di NBA

3. Domantas Sabonis (Lithuania, Group D)

Daftar Bintang NBA yang Absen di FIBA World Cup 2023Domantas Sabonis (nba.com)

Kali ini pemain dari Indiana Pacers yang merupakan bintang NBA ternama. Fansnya terutama dari Asia akan merasa kehilangan karena tidak melihat idolanya di FIBA World Cup 2023 beraksi.

Namun, Domantas Sabonis ini memiliki alasan cukup penting yaitu berkaitan dengan kesehatannya. 

"Alasan utama di balik ketersediaan Domantas [Sabonis] musim panas ini adalah kontrak dan kesehatannya. Dia mencoba untuk pulih tanpa operasi, tetapi tidak berhasil, dan dia kehilangan waktu. Setelah operasi, semuanya menjadi lebih lama," kata pelatih kepala Lithuania, Kazys Maksvytis seperti yang dilansir dari spin.ph.

4. Joel Embiid dan Victor Wembanyama (Prancis, Group H)

Daftar Bintang NBA yang Absen di FIBA World Cup 2023potret Joel Embiid (nba.com)

Bintang NBA yang absen di FIBA World Cup 2023 selanjutnya adalah Joel Embiid, bintang Philadelphia 76ers peraih NBA MVP 2023. Rencananya, Embiid ini pembela dari timnas Prancis untuk FIBA World Cup tahun ini. Akan tetapi, pemain dengan kualitas dan tampilan prima sekalipun masih tetap memprioritaskan kesehatan dan kondisi fisiknya. 

Tak hanya pemain senior, pemain muda berbakat seperti Victor Wembanyama dari Prancis juga absen dalam FIBA World Cup. Wembanyama, yang dianggap sebagai salah satu talenta terbesar dalam bola basket muda, memilih untuk tidak ikut serta dalam kompetisi ini.

5. USA's Veteran Core (Group C): Stephen Curry, LeBron James, Kevin Durant, Kyrie Irving, and James Harden

Daftar Bintang NBA yang Absen di FIBA World Cup 2023Stephen Curry menjadi pencetak tripoin terbanyak sepanjang masa pada Desember 2021. (nba.com)

Bintang NBA yang absen di FIBA World Cup 2023 selanjutnya adalah Steph Curry, LeBron James, Kevin Durant, Kyrie Irving, dan James Harden. Lima pemain dari Amerika Serikat ini memilih absen karena kehilangan kombinasi pengalaman dan bakat mereka tentu memberikan dampak pada tim Amerika.

Nah, itulah deratan nama Bintang NBA yang absen di FIBA World Cup 2023. Meskipun menjadi kabar kurang mengenakan untuk para penggemarnya. FIBA World Cup 2023 akan tetap meriah dan seru oleh pemain-pemain NBA lainnya yang tetap berpartisipasi di arena basket mendatang. 

 

Penulis: Ayu Mujiyanti 

Baca Juga: 5 Pemain Lithuania di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBA

Topik:

  • Jumawan Syahrudin
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya