Sudah Tahu? Ini Arti 10 Logo Klub Sepak Bola di Liga Inggris

Semua mengandung nilai sejarah #IDNTimesSport

Logo klub sepak bola memang sudah sepantasnya memiliki pesan dan arti tersendiri. Banyak dari logo klub sepak bola dunia, ternyata memiliki kisah dan cerita yang tidak diketahui banyak orang.

Bicara tentang logo klub sepak bola, kali ini ada 10 deretan klub sepak bola di Liga Inggris yang memiliki arti dan makna pada logo klub sepak bola. Semuanya berkaitan dengan sejarah di masa lampau. Simak ulasannya.

1. Tottenham Hotspurs

Sudah Tahu? Ini Arti 10 Logo Klub Sepak Bola di Liga InggrisLogo Tottenham Hotspurs (wallpaperflare.com)

Tottenham Hotspurs memiliki cerita unik dalam logo yang mereka pakai saat ini. Banyak yang salah mengira bahwa jika lambang klub bola milik Tottenham Hotspurs menggunakan hewan kalkun sebagai logo utama klub ini. Padahal, hewan yang dipakai untuk logo Tottenham Hotspurs adalah ayam jantan. Tapi bagaimana sejarah Tottenham Hotspurs bisa memakai ayam jantan sebagai logo klub bola satu ini?

Sejarah dari logo Tottenham Hotspurs sendiri lahir dari seorang bangsawan yang bernama Sir Harry Hostpurs yang merupakan karakter dalam salah satu karya Shakespeare, Henry IV (1597). Pada sekitar abad ke-15 Sir Harry memiliki perkarangan di daerah berawa Tottenham, yang menjadi tempat bersenang-senang untuk menonton sabung ayam. Namun uniknya, sebelum memakai logo ayam jantan yang terinspirasi dari tokoh legendaris dari wilayah Tottenham, klub bola ini hanya memakai logo dengan huruf H saja pada saat itu.

2. Leicester City

Sudah Tahu? Ini Arti 10 Logo Klub Sepak Bola di Liga InggrisLogo Leicester City (wallpaperflare.com)

Logo Leicester City merupakan perpaduan dari lambang keluarga bangsawan, Earl of Leicester, yaitu bunga Cinquefoil putih berdaun lima dan tradisi perburuan seekor rubah di daerah itu. Lambang kepala seekor rubah baru muncul pada tahun 1948, yang kemudian mulai diberi warna kuning pada tahun 1992.

Para fans menjuluki klub tersebut sebagai 'The Foxes'. Sejarah memang mencatatkan, bahwa logo rubah pada Leicester City sangat erat kaitannya dengan kegemaran para keluarga bangsawan saat itu yang suka berburu seekor rubah.

3. Arsenal 

Sudah Tahu? Ini Arti 10 Logo Klub Sepak Bola di Liga InggrisLogo Arsenal (wallpaperflare.com)

Mungkin sudah banyak yang tahu, jika gambar meriam pada logo Arsenal adalah sebuah alat perang. Namun lebih dalam, meriam yang digambarkan tersebut berasal dari tempat penyimpanan di gudang senjata pada masa perang dahulu, yang saat itu merupakan markas awal klub sepak bola Arsenal.

Logo meriam baru digunakan oleh Arsenal sejak tahun 1905 hingga saat ini. Tak heran logo tersebut pun membuat Arsenal berjuluk The Gunners'. Pada rancangan awal pembuatan ide logo ini, terdapat tiga meriam yang dipakai. Lalu seiring berjalannya waktu Arsenal merubah logo mereka dan hanya memakai satu meriam saja pada logo mereka.

4. Everton

Sudah Tahu? Ini Arti 10 Logo Klub Sepak Bola di Liga InggrisLogo Everton (wallpaperflare.com)

Logo pertama Everton diketahui sudah ada sejak tahun 1922 dengan singkatan nama klub  di atas perisai biru. Lalu, logo ini kemudian diganti dengan menyematkan logo menara dan sebuah tulisan yang dikenal sebagai motto klub ini. Tapi apa makna dari logo menara di logo Everton ini?

Logo tower pada logo klub bola asal Inggris ini sebenarnya dikenal sebagai The Beacon alias Prince Rupert's Tower. Tower tersebut merupakan sebuah kastil penjara tua yang terkenal yang dibuka pada tahun 1787 sebagai tempat untuk menahan para kriminal dan pemabuk. Lalu di bawah logo Tower, terdapat kata-kata yang bertuliskan 'Nil Satis Nisi Optimum'. Dalam bahasa indonesia, artinya 'Tidak ada yang lebih baik dari yang terbaik'.

5. Manchester City

Sudah Tahu? Ini Arti 10 Logo Klub Sepak Bola di Liga InggrisLogo Manchester City (wallpaperflare.com)

Logo pada Manchster City menampakkan gambar sebuah kapal yang memiliki arti yaitu kebanggaan. Terdapat juga tiga strip garis yang mewakili tiga sungai yang melintasi kota, yaitu kota Manchester, dengan melewati sungai Irwell, sungai Irk, dan sungai Medlock. Simbol mawar merah melambangkan dinasti Lancaster, keluarga bangsawan Inggris yang di masa lampau pernah menguasai wilayah Manchester. 

Logo ini resmi dipakai pada jersey Manchester City di tahun 2016. Uniknya, logo tersebut merupakan sebuah logo awal saat dibentuknya Manchester City di tahun 1972. Namun, logo tersebut hanya sempat dipakai sampai pada tahun 1997.

6. Chelsea

Sudah Tahu? Ini Arti 10 Logo Klub Sepak Bola di Liga InggrisLogo Chelsea (wallpapercave.com)

Isi logo klub asal london ini sepintas sangat mirip dengan sebuah logo milik Manchester United, tapi keduanya tentu memiliki perbedaan. Logo Chelsea menggunakan sosok singa yang merupakan logo bangsawan Cadogan, yang merupakan pemilik klub pada tahun 1950.

Lambang singa pada logo Chelsea diartikan sebagai hewan yang kuat dan juga hewan yang selalu menang. Lambang tersebut dimaksudkan agar dapat menular pada semangat klub untuk selalu berambisi meraih kemenangan.

7. Newcastle United

Sudah Tahu? Ini Arti 10 Logo Klub Sepak Bola di Liga InggrisLogo Newcastle United (wallpapercave.com)

Sejarah Newcastle United yang berawal dari hasil penggabungan antara Newcastle East End dan Newcastle West End pada saat itu, ternyata memiliki arti tersendiri pada logo klub yang berjuluk 'The Magpies' ini.

Logo yang dijuluki 'The Magpies' ini meliputi sebuah perisai yang dilindungi oleh dua kuda laut, yang mempresentasikan kedekatan kota dengan lautan. Logo saat ini disesuaikan dengan lambang kota Newcastle.

8. Sunderland

Sudah Tahu? Ini Arti 10 Logo Klub Sepak Bola di Liga InggrisLogo Sunderland (wallpapercave.com)

Jika melihat pada bagian utama logo ini terdapat empat bagian, yaitu gambar dibawah kanan adalah jembatan Wearmouth, sedangkan di bagian kiri atas terdapat gambar monumen Penshaw. Roda di bagian atas melambangkan sebagai industri pertambangan. Lalu kedua singa di bagian sisi, yang juga biasa disebut sebagai dua kucing hitam, sesuai dengan julukan klub ini.

Sunderland juga memiliki motto yang mereka tanam dalam identitas klub ini. Tepat di atas, terdapat sebuah tulisan berbunyi latin. Motto itu berbunyi "Consectatio Excellentiae" yang berarti "Dalam pencarian akan keistimewaan". 

9. Manchester United

Sudah Tahu? Ini Arti 10 Logo Klub Sepak Bola di Liga InggrisLogo Manchester United (wallpaperflare.com)

Manchester merupakan kota pelabuhan, maka tak heran bila ada ikon kapal di logo mereka. Gambar kapal dengan empat layar itu menggambarkan kanal Manchester, jalan air yang dibangun untuk membebaskan kota Manchester dari ketergantungan pada pelabuhan Liverpool.

Lalu terdapat logo setan yang dipakai tepat pada tahun 1960 akhir, lambang setan mulai dimasukkan menjadi bagian dari badge Manchester United. Menurut catatan, Matt Busby pada saat itu mengambil logo setan dari sebuah klub Rugbi Salford City Reds Rugby. Para penonton yang melihat cara bermain dari Manchester United yang terus berlari dan menyerang seperti menonton setan merah sedang bermain. Kemudian penonton menjuluki klub ini dengan julukkan "The Red Devils".

10. Liverpool

Sudah Tahu? Ini Arti 10 Logo Klub Sepak Bola di Liga InggrisLogo Liverpool (wallpaperflare.com)

Logo pada klub yang berjuluk "The Reds" ternyata memiliki pesan tersirat dari kisah yang lampau. Logo Liverpool yang mengandung dua api menyala di bagian kiri dan kanan, yang merupakan sebuah pengingat tragedi Hillsborough yang terjadi pada saat itu.

Adapun burung yang terdapat pada logo tersebut adalah burung Liver, burung yang menjadi kota Liverpool. Lalu diatas logo terdapat sebuah tulisan yang berbunyi 'You'll Never Walk Alone,' yang artinya 'Kamu Tidak Akan Pernah Berjalan Sendiri.'

Logo dari 10 klub sepak bola di Inggris di atas punya makna masing-masing yang mungkin jarang diketahui. Menurut kalian, logo klub mana yang paling menarik?

Revin Julian Photo Writer Revin Julian

Senang menulis walaupun masih melatih kemampuan literasi dalam berbahasa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya