Sejarah Rounders, Olahraga Mirip Baseball Sejak Abad ke-16

Serupa dengan olahraga baseball

Pernahkah kamu mendengar olahraga rounders? Rounders secara umum mirip dengan permainan baseball, tapi tetap ada perbedaannya. Meskipun tidak sepopuler baseball dan olahraga bola kecil lainnya, tapi rounders memiliki sejarah yang panjang.

Seperti apa sejarah rounders? Simak juga cara bermain dan alat yang dibutuhkan untuk memainkan olahraga yang sudah ada sejak abad ke-16 ini.

1. Sejarah rounders

Sejarah Rounders, Olahraga Mirip Baseball Sejak Abad ke-16ilustrasi lapangan rounders (unsplash.com/Antoine Schibler)

Asal usul permainan rounders dapat ditemukan pada era Tudor di Inggris pada sekitar abad ke-16. Permainan ini diadakan dalam format tim, melibatkan dua regu yang terdiri dari regu pemukul dan regu penjaga. Tidak hanya untuk laki-laki, permainan rounders juga dapat diikuti oleh perempuan. Setiap regu rounders terdiri dari 12 pemain.

Melansir beberapa sumber, permainan rounders merupakan inspirasi awal terciptanya olahraga baseball yang dikenal sekarang. Persamaan permainan rounders dan baseball adalah sama-sama dimainkan oleh regu pemukul dan regu bertahan.

Menurut buku Baseball Before We Knew It: A Search for the Roots of the Game (2006) yang ditulis oleh David Block, aturan resmi permainan rounders yang tertulis pertama kali muncul pada tahun 1828.

Asosiasi Atletik Gaelik (GAA) kemudian mengeluarkan aturan yang lebih umum dan komprehensif pada 1884. Keluarnya aturan tersebut sekaligus menjadi tanda bahwa rounders sebagai bagian dari warisan olahraga tradisional di Irlandia. Sedangkan di Inggris, peraturan permainan rounders baru dikembangkan bersamaan dengan pembentukan Rounders England pada 1943.

Baca Juga: Jumlah Pemain Rounders beserta Posisi dan Tugasnya, Lengkap!

2. Alat yang dibutuhkan dan cara memainkannya

Sejarah Rounders, Olahraga Mirip Baseball Sejak Abad ke-16ilsutrasi bermain rounders (unsplash.com/Josh Hemsley)

Pada umumnya, permainan rounders membutuhkan peralatan seperti tongkat pemukul, bola, sarung tangan, helm, dan sepatu khusus.

Pada regu pemukul, pemain harus memukul bola yang dilempar oleh tim lain. Kemudian berlari mengelilingi lapangan melalui setiap pos untuk mendapat poin. Sedangkan sebagai regu penjaga, pemain harus berhasil menangkap bola dan menggunakan bola untuk menyingkirkan pemain lawan.

Demikianlah sejarah rounders sebagai olahraga bola kecil yang sudah ada sejak abad ke-16. Rounders juga dianggap sebagai cikal bakal permainan baseball yang kita kenal saat ini.

Penulis: Muhammad Hussaini

Baca Juga: 12 Peraturan Permainan Rounders yang Harus Diketahui, Catat!

Topik:

  • Rihanna Bunga
  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya