Brad Binder dan Jack Miller Puas dengan Tes Misano, Jajal Sasis Karbon

Respons positif sasis karbon pabrikan KTM

Umur tak menjadi halangan bagi Dani Pedrosa yang bertarung dengan para pembalap muda di MotoGP 2023. Dalam balapan GP San Marino yang berlangsung pada 8—10 September 2023, ia menempel ketat Francesco Bagnaia untuk memperebutkan posisi ketiga. Mereka berduel pada sprint dan main race.

Pada gelaran tersebut, Pedrosa berstatus sebagai pembalap wildcard. Kesempatan wildcard digunakannya untuk menjajal sasis karbon teranyar KTM. Posisi keempat yang diraih Pedrosa membuktikan kinerja sasis teranyar mereka berfungsi dengan baik.

1. GP San Marino jadi balapan yang menakjubkan bagi KTM

Brad Binder dan Jack Miller Puas dengan Tes Misano, Jajal Sasis KarbonDani Pedrosa (memakai helm) memeluk kru KTM di GP San Marino 2023. (instagram.com/ktmfactoryracing)

Patut diakui jika motor Ducati Desmosedici GP merupakan motor terkuat dalam beberapa musim terakhir. Pembalap-pembalap Ducati konsisten naik ke atas podium merupakan fakta Desmosedici GP ramah bagi para pembalap. Merujuk pada pencapaian musim 2023 ini, misalnya, Ducati berhasil menyapu bersih podium di lima sirkuit.

Menariknya, pada balapan terakhir di San Marino, Dani Pedrosa menunjukkan kedewasaannya. Sebagai test rider KTM, ia dengan sabar menguntit Francesco Bagnaia. Pedrosa menggunakan kesempatan itu untuk menganalisis motor terbaik di starting grid musim ini.

Meski begitu, Pedrosa sebenarnya punya kesempatan mengamankan podium ketiga menjelang akhir balapan. Hanya saja, Bagnaia menyadari tekanan Pedrosa sehingga menutup semua celah dengan baik. Pedrosa pun menyentuh garis finis di urutan keempat.

Baca Juga: Dani Pedrosa Banjir Pujian Usai Tampil Memukau di San Marino

2. Sasis karbon KTM tampak menjanjikan

Brad Binder dan Jack Miller Puas dengan Tes Misano, Jajal Sasis KarbonJack Miller (instagram.com/ktmfactoryracing)

Performa apik Dani Pedrosa dengan sasis karbon pada akhir pekan menjadi bekal berharga para penggawa KTM dalam sesi tes Misano yang berlangsung pada 11 September 2023. Brad Binder dan Jack Miller menjajal sasis karbon yang digunakan sang legenda. Sepanjang tes berlangsung, mereka mengaku cukup puas dengan kinerja sasis terbaru KTM.

Menurut Francesco Guidotti, rangka berbahan karbon yang digunakan cukup menjanjikan. Hal ini terbukti dengan torehan waktu Binder dan Miller. Data analisis sepanjang tes Misano sangat bermanfaat. Konsep sasis ini akan digunakan untuk beberapa waktu ke depan karena potensinya sangat menjanjikan.

3. Brad Binder menjajal tiga jenis sasis sepanjang tes Misano

Brad Binder dan Jack Miller Puas dengan Tes Misano, Jajal Sasis KarbonBrad Binder (instagram.com/ktmfactoryracing)

Meski potensi sasis karbon cukup menjanjikan untuk dikembangkan, Brad Binder menjajal beberapa jenis sasis. Sepanjang sesi, ia mengaku cukup puas dengan hasil tersebut. Sejak pagi hingga sore, Binder melakukan banyak putaran untuk mendapat basis motor terbaik.

Menurut Binder, ketiga sasis punya keunggulan masing-masing. Kendati begitu, ia mengaku sasis karbon masih tahap pengembangan. Pembalap asal Afrika Selatan itu belum mengetahui rencana terdekat apa yang akan diambil terkait dengan perkembangan sasis teranyar KTM.

“Aku tidak tahu seperti apa dan kapan. Ini agak rumit. Aku sudah mencoba mengendarainya dan memberikan beberapa komentar,” pungkas Binder dikutip Speedweek.

Keberhasilan Dani Pedrosa pada GP Misano lalu membuktikan sasis karbon punya respons positif. Hal itu juga diungkapkan kedua pembalap utama mereka yang telah menjajal komponen terbaru. Komponen apa lagi yang akan diriset pabrikan KTM untuk melawan kedigdayaan motor Ducati Desmosedici GP? Mari kita tunggu!

Baca Juga: Taji Dani Pedrosa Belum Habis, Raih Hasil Oke di MotoGP San Marino

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya