Red Bull KTM Ajo Perkenalkan Line-up 2024, Pedro Acosta Naik Kelas? 

Status Acosta masih abu-abu

Pedro Acosta dikabarkan akan membalap di kelas utama, MotoGP, pada 2024. Namanya kerap dikaitkan dengan pabrikan KTM dan GASGAS. Kontrak pembalap, yang saat ini bernaung di bawah tim Red Bull KTM Ajo di kelas Moto2 ini, pun tidak diperpanjang. 

Tim Aki Ajo merupakan tim pembibitan pembalap-pembalap muda KTM. Mereka yang punya karier cemerlang di kelas Moto2 akan dipromosikan ke kelas para raja. Beberapa waktu lalu, tim KTM Ajo baru saja meresmikan line-up mereka untuk 2024. Mereka terdiri dari Celestino Vietti dan Deniz Oncu.

Lantas, seperti apa nasib Pedro Acosta

1. Celestino Vietti, murid Valentino Rossi, mendapat kontrak baru

Red Bull KTM Ajo Perkenalkan Line-up 2024, Pedro Acosta Naik Kelas? Celestino Vietti (instagram.com/ktmfactoryracing)

Kabar gembira hadir dari pembalap muda Italia, Celestino Vietti. Ia dikenal sebagai anak didik Valentino Rossi di VR46 Rider Academy. Vietti membalap di bawah tim Fantic Racing pada 2023. 

Vietti merupakan pembalap sarat pengalaman. Itulah mengapa KTM Ajo tertarik membawanya membalap di tim mereka. Torehan podiumnya pun tak kalah mentereng. Ia telah menggasak 15 podium, termasuk 6 kemenangan. Tak hanya itu, ia tercatat enam kali menjadi polesitter

“Ini adalah kesempatan besar dan aku sangat bersemangat. Aku berterima kasih kepada KTM dan Aki Ajo karena telah mempercayai saya. Selain itu, terima kasih juga untuk manajemen VR46 Riders Academy. Tanpanya, hal ini tak mungkin terjadi,” kata Vietti kepada MotoGP.

Baca Juga: Pedro Acosta Tangguh di Tes Pramusim Moto2 2023, Calon Juara?

2. Deniz Oncu promosi ke kelas intermediate

Red Bull KTM Ajo Perkenalkan Line-up 2024, Pedro Acosta Naik Kelas? Deniz Oncu (instagram.com/denizoncu53)

Selain Vietti, nama lain yang mengisi kursi kosong tim KTM Ajo di kelas Moto2 adalah Deniz Oncu. Ia mendapat promosi setelah mencatat performa gemilang di kelas Moto3. Sepanjang kariernya membalap di kelas rookie, Oncu telah mengoleksi 11 podium, termasuk 2 kemenangan dan 6 pole position

“Aku sangat senang bisa naik ke kelas Moto2 bersama Red Bull KTM Ajo. Saat ini, tujuan utamaku berkembang di kelas Moto3 dan bertarung memperebutkan gelar juara. Terima kasih kepada Aki Ajo, KTM, dan Red Bull. Selain itu, juga kepada Kenan Sofuoglu yang selalu mendukungku,” lanjut Oncu.

3. Nasib Pedro Acosta masih mengambang

Red Bull KTM Ajo Perkenalkan Line-up 2024, Pedro Acosta Naik Kelas? Pedro Acosta mengangkat tangan. (instagram.com/37pedroacosta)

Bersamaan dengan kabar terbaru line-up tim Red Bull KTM Ajo, status Pedro Acosta masih menjadi teka-teki. Namanya memang kerap dikaitkan dengan kabar dirinya naik ke kelas para raja. Meski begitu, hingga kabar ini disiarkan, kejelasan status Acosta di kelas utama MotoGP masih abu-abu. 

Pit Beirer selaku KTM Motorsport Director mengatakan, pihaknya belum memiliki rencana tes MotoGP untuk Acosta. Padahal, jika merujuk beberapa tahun terakhir, pembalap muda yang diproyeksikan naik ke kelas utama akan mendapat kesempatan tes motor pada tes bulan September, seperti Remy Gardner dan Raul Fernandez pada 2021. Itulah alasan kenapa Acosta tak terlihat pada tes resmi MotoGP beberapa waktu lalu di Sirkuit Misano pada 11 September 2023. 

Kendati demikian, kesempatan Acosta membalap di kelas utama ditentukan kompetisi internal Gasgas Factory Racing. Pembalap mereka saat ini, Pol Espargaro dan Augusto Fernandez, akan beradu sikut demi mengamankan posisi mereka musim depan. Pasalnya, hingga saat ini, Pierer Mobility Group yang membawahi KTM dan GASGAS hanya mendapatkan empat alokasi motor RC-16. 

Status Pedro Acosta musim depan masih abu-abu. Dengan demikian, wajar jika Acosta tak dapat menjajal motor MotoGP lebih cepat dibanding beberapa pembalap muda KTM beberapa musim ke belakang. Siapa tandem Acosta musim depan? Layak ditunggu!

Baca Juga: Klasemen Sementara Moto2 2023, Tony Arbolino dan Pedro Acosta Bersaing

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya