Hasil Fajar/Rian dalam 5 Turnamen BWF Terakhir, Underperform!

Kembali gagal raih gelar di Hong Kong Open 2023

Hasil kurang memuaskan harus dirasakan oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pada Hong Kong Open 2023. Ganda putra terbaik dunia ini angkat koper lebih awal dari ajang turnamen BWF Super 500 tersebut. Fajar/Rian gagal mengatasi perlawanan pasangan Taiwan, Fang Chih Lee/Fang Jen Lee di babak kedua.

Kembali kalah di babak-babak awal, penampilan Fajar/Rian dinilai underperform. Pasalnya, dalam beberapa turnamen terakhir ganda putra andalan Indonesia tersebut gagal mempersembahkan gelar.

1. Japan Open 2023 (semifinal)

Hasil Fajar/Rian dalam 5 Turnamen BWF Terakhir, Underperform!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih menunjukkan permainan terbaiknya pada ajang Japan Open yang berlangsung pada 25—30 Juli 2023. Ganda putra terbaik dunia sekaligus unggulan pertama ini sukses melaju hingga semifinal turnamen BWF Super 750 tersebut. Sayangnya, Fajar/Rian harus mengakui keunggulan pasangan Taiwan, Lee Yang Wang Chi Lin.

Fajar/Rian kalah tipis dengan skor 19-21 di set pertama. Di set kedua pasangan Indonesia ini juga gagal memaksakan terjadinya rubber set setelah kalah cukup telak dengan skor 10-21. Pertarungan ganda putra di semifinal Japan Open 2023 ini berdurasi 37 menit.

Baca Juga: Hasil Hong Kong Open 2023: Gregoria Mariska Hajar Carolina Marin

2. Australian Open 2023 (quarter final)

Hasil Fajar/Rian dalam 5 Turnamen BWF Terakhir, Underperform!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Berlanjut ke turnamen berikutnya, kali ini Fajar/Rian bertanding di Australian Open yang dihelat pada 1—6 Agustus 2023. Kembali dipastikan tanpa gelar, Fajar/Rian terhenti di babak delapan besar. Ganda putra terbaik dunia ini dihadang oleh pasangan Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, di quarter final turnamen BWF Super 500 tersebut.

Kalah di set pertama dengan skor 16-21, Fajar/Rian berhasil meraih kemenangan di set kedua dengan skor 21-15. Sayangnya, Fajar/Rian harus Kembali takluk di set ketiga dan kalah dengan skor 14-21. Duel ganda putra ini berlangsung selama 54 menit.

3. Kejuaraan Dunia 2023 (babak 32 besar)

Hasil Fajar/Rian dalam 5 Turnamen BWF Terakhir, Underperform!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Masih menjadi ganda putra terbaik dunia, Fajar/Rian berstatus sebagai unggulan pertama pada Kejuaraan Dunia 2023. Hasil ini membuat sang ganda putra Indonesia langsung bertanding di babak kedua atau babak 32 besar pada turnamen yang digelar di Changzhou, China, tersebut. Mendapat bye di babak pertama, Fajar/Rian justru langsung keok pada laga perdananya.

Fajar/Rian dihadang oleh ganda putra Taiwan, Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan, dua set langsung dengan skor 18-21 dan 19-21. Pertarungan ganda putra ini berdurasi 39 menit. Hasil ini membuat Fajar/Rian kalah dua kali beruntun atas pasangan Taiwan tersebut.

4. China Open 2023 (babak pertama)

Hasil Fajar/Rian dalam 5 Turnamen BWF Terakhir, Underperform!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kembali gagal pada laga perdana mereka. Kali ini, ganda putra terbaik dunia tersebut langsung angkat koper di babak pertama China Open 2023 yang berlangsung pada 5—10 September 2023. Fajar/Rian harus mengakui keunggulan pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Di set pertama, Fajar/Rian kalah tipis dengan skor 19-21. Di set kedua, ganda putra andalan Indonesia ini juga kembali gagal meraih kemenangan dan kalah dengan skor yang sama, yaitu 19-21. Pertandingan babak pertama sektor ganda putra ini berdurasi 50 menit.

5. Hong Kong Open 2023 (babak 16 besar)

Hasil Fajar/Rian dalam 5 Turnamen BWF Terakhir, Underperform!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Indonesia dipastikan tanpa ganda putra terbaiknya di babak delapan besar Hong Kong Open 2023. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang merupakan unggulan pertama kalah di babak kedua turnamen BWF Super 500 yang sedang berlangsung pekan ini. Fajar/Rian dihadang oleh pasangan Taiwan, Fang Chih Lee/Fang Jen Lee.

Takluk di set pertama dengan skor 16-21, Fajar/Rian juga gagal memaksakan terjadinya rubber set setelah kalah dengan skor tipis 19-21. Duel kedua ganda putra ini berlangsung selama 42 menit. Ini merupakan kekalahan kedua beruntun Fajar/Rian atas pasangan Taiwan dalam dua kali pertemuan mereka.

Berstatus sebagai ganda putra unggulan tak menjamin Fajar/Rian selalu meraih hasil baik di setiap pertandingan yang mereka ikuti. Tercatat dari lima turnamen terakhir, Fajar/Rian selalu gagal menembus laga final, bahkan beberapa kali juga harus kalah di babak-babak awal.

Baca Juga: Ditumbangkan Nonunggulan, Fajar/Rian Pulang dari Hong Kong Open 2023

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya