Daftar Juara Bertahan Australia Open, Dikuasai China dan Korea!

Dua sektor dipastikan akan ada juara baru

Australia Open 2023 resmi bergulir hari ini, Selasa (1/8/2023). Rangkaian turnamen BWF super 500 ini akan berlangsung hingga Minggu (6/8/2023) mendatang yang digelar di State Sports Centre, Sydney, Australia.

Pada Australia Open edisi sebelumnya, tidak ada wakil Indonesia yang berhasil menjadi juara. Podium BWF yang saat itu masih level 300 tersebut dikuasai oleh China dengan tiga gelar dan Korea meraih dua gelar. Berikut daftar lengkap juara bertahan Australia Open.

1. Shi Yu Qi (China) menang atas rekannya sendiri di sektor tunggal putra

Daftar Juara Bertahan Australia Open, Dikuasai China dan Korea!Shi Yu Qi (djarumbadminton.com)

China dipastikan meraih satu gelar dari sektor tunggal putra pada Australia Open 2022. Itu terjadi karena Shi Yu Qi berhadapan dengan Lu Guang Zu di babak final. Saat itu, kedua tunggal putra China ini sama-sama tidak diunggulkan pada turnamen BWF masih berlevel 300 tersebut.

Laga derbi China ini berlangsung cukup ketat. Shi Yu Qi menang tipis dengan skor 21-19 di set pertama, sedangkan Lu Guang Zu berhasil memaksakan terjadinya rubber set setelah menang 21-18. Pada set penentuan, Yu Qi justru menang cukup mudah dengan skor 21-5 dalam durasi 1 jam 9 menit.

2. An Se Young (Korea) masih belum terkalahkan di sektor tunggal putri

Daftar Juara Bertahan Australia Open, Dikuasai China dan Korea!An Se Young (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Dari sektor tunggal putri, An Se Young sukses menjadi juara di Australia Open 2022. Tunggal putri terbaik Korea ini berhasil merebut gelar BWF super 300 setelah mengalahkan wakil andalan Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. An Se Young saat itu menempati unggulan pertama, sedangkan Gregoria merupakan pemain nonunggulan yang sukses melaju ke babak final.

An Se Young menang dua set langsung dengan skor 21-17 dan 21-9. Pertarungan tunggal putri ini juga terbilang cukup singkat dengan durasi 36 menit. Sayangnya, baik An Se Young maupun Gregoria harus absen pada Australia Open 2023 ini.

Baca Juga: 11 Potret Kebersamaan Mikha Angelo dan Gregoria Hingga Resmi Tunangan

3. Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China) berikan gelar dari sektor ganda putra

Daftar Juara Bertahan Australia Open, Dikuasai China dan Korea!Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (pbdjarum.org)

China juga meraih gelar dari sektor ganda putra. Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi yang saat itu berstatus unggulan kedelapan berhasil menjadi juara turnamen BWF super 300. Liu/Ou sukses menaklukkan pasangan andalan Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Ganda putra China tersebut menang dua set langsung dengan skor 21-16 dan 22-20. Pertarungan ganda putra ini terjadi dalam durasi 44 menit. Liu/Ou tidak ikut pada Australia Open 2023 ini sehingga bisa dipastikan akan ada juara baru dari sektor ganda putra.

4. Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China) menjadi juara ganda putri

Daftar Juara Bertahan Australia Open, Dikuasai China dan Korea!Zhang Shu Xian/Zheng Yu (daydaynews.cc)

China juga merebut gelar dari sektor ganda putri. Zhang Shu Xian/Zheng Yu yang saat itu berstatus unggulan keenam keluar sebagai juara Austalia Open 2022. Zhang/Zheng sukses mengalahkan pasangan Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard.

Pada set pertama, Zhang/Zheng berhasil mengunci kemenangan dengan skor tipis 21-19. Ganda putri China ini justru menang cukup mudah pada set kedua degan skor 21-13. Duel ganda putri ini berdurasi 44 menit.

5. Seo Seung Jae/Chae Yu Jung (Korea) menangi laga derbi di sektor ganda campuran

Daftar Juara Bertahan Australia Open, Dikuasai China dan Korea!Seo Seung Jae/Chae Yu Jung (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Korea mengunci satu lagi gelar Australia Open 2022 dari sektor ganda campuran. Seo Seung Jae/Chae Yu Jung berhadapan dengan juniornya, Jeong Na Eun/Kim Won Ho pada laga final turnamen super 300 tersebut. Seo/Chae yang saat itu menjadi unggulan keempat berhasil menjadi juara.

Seo/Chae menang dua set langsung dengan skor 21-9 dan 21-17 dalam durasi 41 menit. Pada Australia Open 2023 ini, Seo/Chae kembali turun dan menempati unggulan ketiga. Sementara itu, Jeong/Kim harus absen pada turnamen BWF super 500 ini.

Tahun lalu, Indonesia tidak bisa meraih satu gelar pun. Prestasi terbaik hanya diraih oleh Gregoria Mariska Tunjung yang harus puas menjadi runner-up di sektor tunggal putri.

Baca Juga: 6 Lawan Wakil Indonesia pada Hari Pertama Australia Open 2023

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya