Ada 9 Kampiun Berbeda pada 9 Musim MotoGP Inggris, Espargaro Teranyar

Mereka menang di Sirkuit Silverstone

MotoGP Inggris yang berlangsung di Sirkuit Silverstone pada Minggu (6/8/2023) melahirkan kampiun baru. Aleix Espargaro tampil perkasa sepanjang balapan. Pembalap andalan tim Aprilia Racing mencuri kemenangan dari Francesco Bagnaia.

Unggulnya Espargaro menambah deretan pemenang berbeda di lintasan sepanjang 5,9 km ini. Sejak 2013, sembilan pembalap mampu unjuk gigi dan merebut podium tertinggi. Salah satu sirkuit terpanjang di kalender balap tersebut seolah jadi trek tepat untuk mengeluarkan semua potensi sang pembalap.

1. Aleix Espargaro memberi kejutan pada lap akhir

Ada 9 Kampiun Berbeda pada 9 Musim MotoGP Inggris, Espargaro Teranyarpotret Aleix Espargaro (motogp.com)

Aleix Espargaro tampil lepas di Silverstone. Start dari posisi ke-12, ia memacu RS-GP tanpa beban. Espargaro bahkan bisa mencatatkan beberapa fastest lap. Puncaknya terjadi pada lap pemungkas di sektor terakhir ketika menyalip Francesco Bagnaia di atas Ducatinya.

“Silverstone adalah trek di mana kamu tak bisa mengandalkan akselerasi. Aprilia sangat bagus dalam hal traksi. Itulah kenapa Aprilia juga bekerja dengan baik di Argentina dan Le Mans,” kata Espargaro menjelaskan keunggulannya atas Ducati seperti dikutip Speedweek.

Pencapaian ini menambah sejarah kesuksesan Aleix Espargaro di Sirkuit Silverstone. Selain bisa menang, di sinilah ia merebut podium pertamanya bersama Aprilia pada 2021. Kala itu ia finis P3.

Baca Juga: ITDC Rayu Dorna buat Bagi-Bagi Cuan dari Iklan di MotoGP Mandalika

2. Sirkuit Silverstone sering menyuguhkan balapan menarik

Ada 9 Kampiun Berbeda pada 9 Musim MotoGP Inggris, Espargaro TeranyarAlex Rins menang di MotoGP Inggris musim 2019. (suzuki-racing.com)

Sejak kembali menggelar MotoGP pada 2010, Sirkuit Silverstone memang sering menampilkan duel menarik. Pada 2013, misalnya, Jorge Lorenzo terlibat pertarungan sengit dengan Marc Marquez. Rider andalan Yamaha tersebut menang dengan selisih 0,081 detik setelah mencuri kemenangan pada lap akhir.

Pada 2019, Alex Rins juga bisa menang saat melawan Marquez. Mereka terlibat adu sikut yang tak kalah sengitnya. Rins yang menggeber Suzuki akhirnya unggul dari Marquez dengan selisih yang sangat tipis, yaitu 0,013 detik saja.

Silvestone pun jadi lintasan bersejarah bagi Maverick Vinales. Di lintasan inilah ia pertama kali menang di kelas premier. Vinales menang pada 2016 ketika masih berseragam Suzuki Ecstar.

3. Daftar pemenang MotoGP Inggris sejak 2013

Ada 9 Kampiun Berbeda pada 9 Musim MotoGP Inggris, Espargaro Teranyarilustrasi balap MotoGP (motogp.com)

Sembilan kampiun berbeda di Sirkuit Silverstone menang dengan mengendarai berbagai merek motor. Kemenangan terbanyak diraih pembalap Yamaha (3), disusul Ducati (2) dan Suzuki (2). Honda (1) dan Aprilia (1) juga sudah mencicipi podium tertinggi.

Berikut ini daftar kampiun di MotoGP Inggris pada 9 musim balap terakhir:

  • 2023 - Aleix Espargaro (Aprilia);
  • 2022 - Francesco Bagnaia (Ducati);
  • 2021 - Fabio Quartararo (Yamaha);
  • 2019 - Alex Rins (Suzuki);
  • 2017 - Andrea Dovizioso (Ducati);
  • 2016 - Maverick Vinales (Suzuki);
  • 2015 - Valentino Rossi (Yamaha);
  • 2014 - Marc Marquez (Honda); dan
  • 2013 - Jorge Lorenzo (Yamaha).

Pada 2020, tak ada seri Grand Prix yang digelar lantaran adanya pandemik COVID-19. Begitu juga pada 2018, balapan dibatalkan karena cuaca yang buruk. Saat balapan digelar musim depan di Sirkuit Silverstone, siapa yang bakal jadi pemenang, ya?

Baca Juga: Marco Bezzecchi Kecewa Gagal Finis di Main Race MotoGP Inggris

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya