Aprilia Sudah Siap Kehilangan Hak Konsesi di MotoGP

Musim ini Aprilia gunakan lebih sedikit mesin

Tahun 2022 bisa jadi musim terbaik bagi Aprilia. Pabrikan asal Noale ini tampil mengesankan sejak awal musim. Dengan RS-GP terbaru, Aprilia bersama Aleix Espargaro bisa merebut podium tertinggi di Argentina sebagai kemenangan pertamanya di era MotoGP.

Kemenangan itu bukan satu-satunya bukti kehebatan RS-GP. Meski belum rebut podium, Maverick Vinales bisa tampil makin baik dari balapan ke balapan. Di klasemen sementara tim, saat ini Aprilia bertengger di posisi ke-3.

Aprilia yakin mereka bisa menambah raihan podium bahkan kemenangan pada musim ini. Jika itu menjadi kenyataan, maka besar kemungkinan Aprilia akan kehilangan hak konsesinya pada musim 2023.

1. Aprilia hanya butuh 2 poin lagi

Aprilia Sudah Siap Kehilangan Hak Konsesi di MotoGPpotret Aleix Espargaro dan Massimo Rivola (motogp.com)

Agar bisa menjadi tim mapan tanpa hak istimewa, Aprilia harus mengoleksi enam poin dalam waktu dua tahun. Penghitungannya adalah tiga poin untuk kemenangan, dua poin untuk podium ke-2, dan satu poin untuk podium ke-3.

Dalam dua tahun terakhir, Aprilia sudah mengumpulkan dua podium. Tahun lalu Aleix Espargaro finis di posisi ke-3 di Sirkuit Silverstone. Tahun ini, Aleix merebut kemenangan di MotoGP Argentina. Dengan capaian itu, Aprilia sudah mengantongi empat poin konsesi.

2. Aprilia punya peluang besar untuk kembali merebut podium

Aprilia Sudah Siap Kehilangan Hak Konsesi di MotoGPpotret Aleix Espargaro dari tim Aprilia mendahului Pol Espargaro dari tim Repsol Honda. (motogp.com)

MotoGP musim 2022 akan melombakan 21 seri balapan. Dalam empat balapan yang sudah dilakoni, Aprilia sukses merebut satu kemenangan. Artinya, Aprilia masih punya banyak kesempatan untuk menambah raihan podium.

Salah satu yang mengesankan dari performa RS-GP musim ini adalah bersaing dengan motor dari pabrikan yang lebih mapan. RS-GP yang dikendarai Aleix bahkan bisa menyalip Ducati Desmosedici di lintasan lurus.

Baca Juga: Progres Bagus, Vinales: Tunggu Aku Menang Bersama Aprilia!

3. Aprilia sudah bersiap untuk kehilangan hak konsesi musim ini

Aprilia Sudah Siap Kehilangan Hak Konsesi di MotoGPpotret Aleix Espargaro (motogp.com)

Aprilia telah mengantisipasi bahwa tahun 2022 adalah tahun terakhir mereka menjadi tim konsesi. CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, mengaku timnya sudah siap jika harus kehilangan hak spesial itu.

“Tentu saja sangat mungkin kami kehilangan hak konsesi. Aku pikir itu tak akan menjadi masalah besar bagi kami. Kami bahkan sudah bersiap untuk 2023 jika kami tak punya hak konsesi. Menjadi sepenuhnya tim pabrikan, tanpa koneksi dengan Gresini, adalah bagian dari persiapan,” kata Rivola dikutip Motorsport-total.

4. Aleix Espargaro dan Maverick Vinales hanya menggunakan 8 mesin

Aprilia Sudah Siap Kehilangan Hak Konsesi di MotoGPpotret motor Aprilia di MotoGP (motogp.com)

Teknisi Aprilia bahkan bersiap untuk tak lagi menggunakan banyak mesin. Meski tahun ini masih bisa menggunakan sembilan mesin, Aprilia memilih untuk hanya menggunakan delapan mesin sebagai persiapan jika tak lagi punya hak konsesi.

“Ini adalah strategi yang bagus untuk merencanakan penggunaan mesin yang tersedia dengan tetap menjaga margin keselamatan. Dalam kasus kami, mencoba menggunakan lebih sedikit mesin adalah respon kami terhadap kemungkinan kehilangan konsesi,” kata Romano Albesiano, Direktur Teknik Aprilia, dilansir Motorsport-total.

5. Lorenzo Savadori akan manfaatkan jatah wildcard MotoGP

Aprilia Sudah Siap Kehilangan Hak Konsesi di MotoGPpotret Lorenzo Savadori saat shakedown test di Sirkuit Sepang. (motogp.com)

Pabrikan dengan hak konsesi berhak mengunakan sembilan mesin per pembalap dibandingkan tim lainnya yang hanya bisa menggunakan tujuh mesin. Tim dengan hak konsesi pun dapat mengembangkan mesin sepanjang tahun. Motor-motor mereka juga bisa diuji oleh pembalap reguler tanpa halangan.

Untuk jatah wildcard, tim konsesi pun bisa menggunakannya hingga enam kali. Sementara tim biasa hanya punya tiga kali kesempatan. Jatah wildcard tim Aprilia sendiri akan digunakan oleh Lorenzo Savadori. Dalam jadwal terdekat, Savadori akan turun balap di Portimao dan Jerez.

Aleix Espargaro dan Maverick Vinales punya kesempatan untuk merebut podium kemenangan. Selain berbekal RS-GP yang performanya meningkat, kepercayaan diri keduanya pun sedang di atas angin. Mungkinkah Aprilia benar-benar kehilangan hak konsesi pada MotoGP musim ini?

Baca Juga: Maverick Vinales Mengaku Makin Bisa Beradaptasi dengan Aprilia

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya