Deretan Pembalap Prancis yang Pernah Menang di Kelas MotoGP

Johann Zarco paling anyar jadi kampiun

Lewat Fabio Quartararo dan Johann Zarco, bendera Prancis kerap berkibar di podium MotoGP. Untuk musim 2023 saja, setidaknya sudah delapan kali bendera tiga warna tersebut berada di podium main race. Hingga seri Thailand, Quartararo finis tiga kali di posisi podium. Sementara itu, Zarco finis podium 5 kali, termasuk 1 kemenangan.

Kemenangan Zarco tersebut terbilang unik. Pasalnya, inilah kemenangan pertamanya di kelas MotoGP. Prestasi ini pun mengantarkan Zarco menjadi salah satu pembalap Prancis dengan pencapaian apik. Termasuk Zarco, hanya ada lima pembalap Prancis yang pernah menang di kelas premier, lho.

Siapa saja? Simak ulasannya berikut ini!

1. Johann Zarco kampiun asal Prancis teranyar

Deretan Pembalap Prancis yang Pernah Menang di Kelas MotoGPpotret Johann Zarco (motogp.com)

Johann Zarco akhirnya bisa menjadi kampiun MotoGP. Setelah melakoni 120 balapan selama 6 tahun dan 290 hari, barulah pembalap berusia 33 tahun itu sukses menjadi pemenang MotoGP di seri Australia. Zarco bisa kembali merayakan kemenangan dengan selebrasi backflip yang ikonik.

Dengan kemenangan tersebut, pembalap Prima Pramac Racing tersebut masuk ke dalam jajaran pembalap elite Prancis. Pembalap yang dijuluki The Professor ini sejatinya memang bukan pembalap kaleng-kaleng. Tengok saja prestasinya di kelas intermediate. Pada 2015 dan 2016, Zarco merebut juara dunia Moto2 secara beruntun.

Baca Juga: Yamaha Mengaku Uang Tak Cukup untuk Cegah Fabio Quartararo Hengkang

2. Fabio Quartararo paling banyak menang dengan sebelas kemenangan

Deretan Pembalap Prancis yang Pernah Menang di Kelas MotoGPFabio Quartararo menang di Sirkuit Sachsenring. (motogp.com)

Pembalap Prancis lain yang masih aktif di MotoGP adalah Fabio Quartararo. Pembalap berjuluk El Diablo ini mengoleksi kemenangan terbanyak di kelas premier dibandingkan para kompatriotnya. Quartararo telah sebelas kali menjadi kampiun.

Pembalap yang kini berseragam Monster Energy Yamaha itu naik ke kelas utama sejak 2019. Setahun kemudian, ia sudah mampu merebut tiga kemenangan. Pada 2021, ketika merebut gelar juara dunia MotoGP, Quartararo merengkuh lima kemenangan. Pada 2022, ia mengoleksi lagi tiga kemenangan.

Sayangnya, Quartararo tak bisa tampil kompetitif sepanjang musim 2023. Performa Yamaha jeblok sehingga mengalami paceklik kemenangan. Ia pun sering kali bersaing di barisan belakang.

3. Regis Laconi, Christian Sarron, dan Pierre Monneret masing-masing pernah sekali menang

Deretan Pembalap Prancis yang Pernah Menang di Kelas MotoGPChristian Sarron (motogp.com)

Selain Johann Zarco dan Fabio Quartararo, ada tiga pembalap Prancis lainnya yang pernah menang di kelas MotoGP. Mereka adalah Regis Laconi, Christian Sarron, dan Pierre Monneret. Ketiganya menjadi kampiun pada era GP500 alias kelas 500cc.

Regis Laconi menang di seri Valencia 1999. Sedangkan, Christian Sarron menang di seri Jerman 1985. Setahun sebelumnya, Sarron merupakan peraih gelar juara dunia kelas 250cc. Sementara itu, Pierre Monneret menang balapan kelas 500cc di Sirkuit Reims pada seri Prancis 1954.

Johann Zarco, Fabio Quartararo, Regis Laconi, Christian Sarron, dan Pierre Monneret adalah para kampiun MotoGP. Saat ini hanya Zarco dan Quartararo yang masih berpeluang menambah raihan kemenangannya di kelas premier. Pada masa depan, akankah bermunculan para juara asal Prancis lainnya?

Baca Juga: Johann Zarco Senang Meraih Kemenangan Perdana di MotoGP Australia 2023

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya