Menang 5 Kali Beruntun, Jorge Martin Digdaya di Sprint Race MotoGP

Pantas jadi pesaing dalam perebutan gelar juara dunia

Jorge Martin tampil perkasa pada paruh kedua MotoGP musim 2023. Tak heran pembalap tim Prima Pramac Racing ini mampu menantang Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dalam perebutan gelar juara dunia. Di balapan sprint, Martin tampil lebih dominan.

Dari 22 pembalap reguler yang mengaspal musim ini, Martin punya rekor mentereng di sesi anyar tersebut. Di sesi sprint, Martinator menjadi pembalap yang paling banyak menang. Bukan hanya itu, ia pun bahkan mampu menang lima kali beruntun. Di mana saja Jorge Martin tampil dengan begitu digdaya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Martin dipastikan jadi pembalap yang paling banyak menang di sesi sprint

Menang 5 Kali Beruntun, Jorge Martin Digdaya di Sprint Race MotoGPpotret Jorge Martin (motogp.com)

Hingga seri Malaysia, Jorge Martin tercatat sudah tujuh kali meraup kemenangan sprint race. Spaniard menang di seri Prancis, Jerman, San Marino, India, Jepang, Indonesia, dan Thailand. Ini jumlah kemenangan sprint terbanyak, jauh melampaui raihan pembalap lainnya.

Pembalap lain yang mengumpulkan kemenangan sprint race adalah Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dengan empat kemenangan di Portugal, Amerika, Italia, dan Austria. Lalu, Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) mengoleksi dua kemenangan di Argentina dan Spanyol. Alex Marquez (Gresini Racing) pun sudah dua kali menang di Inggris dan Malaysia, sedangkan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) dan Marco Bezzecchi (VR46 Racing Team) masing-masing meraih satu kemenangan di Catalunya dan Belanda.

MotoGP 2023 menyisakan dua seri balap di Qatar dan Valencia. Secara matematis, jumlah tersebut tak akan mengalahkan perolehan Martin. Dengan begitu, Martin dipastikan menjadi pembalap dengan raihan kemenangan sprint race terbanyak.

2. Martin menang dari seri San Marino hingga Thailand

Menang 5 Kali Beruntun, Jorge Martin Digdaya di Sprint Race MotoGPpotret Jorge Martin (motogp.com)

Jorge Martin tak hanya unggul kuantitas, tetapi juga kualitas. Salah satunya berkat kemampuannya dalam mendominasi sprint berdurasi separuh balapan utama tersebut. Martin mampu menang dalam banyak sprint secara beruntun.

Dimulai di seri San Marino, Martin kemudian menang di seri India, Jepang, Indonesia, dan Thailand. Hebatnya lagi, tiga seri di antaranya ia raih dengan sempurna. Martin merebut pole position, menang sprint, sekaligus menang main race di seri San Marino, Jepang, dan Thailand.

3. Hasil sprint race Jorge Martin sampai seri Malaysia

Menang 5 Kali Beruntun, Jorge Martin Digdaya di Sprint Race MotoGPpotret Jorge Martin (motogp.com)

Hingga 18 seri Grand Prix yang sudah digelar, Jorge Martin merebut 12 podium sprint, termasuk 7 kemenangan. Sampai dengan seri Malaysia, ia pun mencatatkan diri sebagai satu-satunya pembalap yang selalu mendapatkan poin di sesi sprint. Paling rendah, Martin finis P8 di Argentina.

Berikut ini hasil balap sesi sprint race Jorge Martin hingga seri Malaysia:

  1. GP Portugal - P2;
  2. GP Argentina - P8;
  3. GP Amerika - P3;
  4. GP Spanyol - P4;
  5. GP Prancis - P1;
  6. GP Italia - P3;
  7. GP Jerman - P1;
  8. GP Belanda - P6;
  9. GP Inggris - P6;
  10. GP Austria - P3;
  11. GP Catalunya - P5;
  12. GP San Marino - P1;
  13. GP India - P1;
  14. GP Jepang - P1;
  15. GP Indonesia - P1;
  16. GP Australia - dibatalkan karena cuaca yang tak mendukung;
  17. GP Thailand - P1; dan
  18. GP Malaysia – P2.

Jorge Martin masih berjuang untuk menjadi juara dunia. Meski tak mudah, ia punya modal tampil sempurna di sesi sprint race. Pada dua seri terakhir MotoGP, mampukah Martin tetap tampil digdaya?

Baca Juga: Performa Jorge Martin pada 2023 Berhasil Memikat Tim Pabrikan Ducati

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya