Comscore Tracker

Marc Marquez Berencana Comeback di MotoGP 2022, Balapan Sekali Lagi

Marquez makin pulih dari cedera humerus

Marc Marquez belum tahu kapan ia akan kembali turun balap di ajang Grand Prix. Pembalap tim pabrikan Repsol Honda itu masih dalam tahap pemulihan setelah menjalani operasi humerus.

Meski begitu, Marquez berlatih ekstra keras untuk mengembalikan kekuatan fisiknya. Pembalap asal Spanyol tersebut ternyata punya hasrat kuat untuk secepatnya comeback di MotoGP.

1. Marc Marquez ingin kembali mengaspal di Malaysia atau Valencia

Marc Marquez Berencana Comeback di MotoGP 2022, Balapan Sekali LagiMarc Marquez (motogp.com)

Bagi seorang delapan kali juara dunia, hanya menonton balapan di atas sofa empuk tentu bukan pilihan. Marc Marquez punya semangat menggebu untuk lekas pulih dan melanjutkan karier balapnya di atas lintasan.

Tak tanggung-tanggung, Marquez berencana untuk kembali balapan musim ini. Setidaknya saat seri terakhir MotoGP di Malaysia atau Valencia.

“Target utama, dan juga target realistisku adalah untuk kembali membalap sebelum musim ini berakhir. Mungkin di dua balapan terakhir, atau hanya di Valencia,” kata Marquez seperti dilansir Speedweek.

2. Marc Marquez punya waktu 3 bulan

Marc Marquez Berencana Comeback di MotoGP 2022, Balapan Sekali LagiMarc Marquez (motogp.com)

Jika merujuk pada target Marc Marquez untuk membalap pada dua balapan terakhir musim 2022, maka ia punya waktu 3 bulan untuk benar-benar memulihkan kondisinya. Sesuai kalender MotoGP, dua balapan terakhir tahun ini akan berlangsung di Sepang, Malaysia, dan Valencia, Spanyol.

GP Malaysia akan digelar pada 23 Oktober 2022. Sedangkan, gelaran GP Valencia akan dihelat pada 6 November 2022.

Baca Juga: Marc Marquez Balik ke Paddock Honda, tapi Belum Balapan

3. Ingin mencoba balapan sebelum berkompetisi lagi pada musim 2023

Marc Marquez Berencana Comeback di MotoGP 2022, Balapan Sekali LagiMarc Marquez (motogp.com)

Keinginan Marc Marquez untuk secepatnya turun balap bukan tanpa alasan. Marquez tahu bahwa ia harus kembali beradaptasi di atas tunggangannya, Honda RC213V, sebelum berkompetisi pada musim 2023.

“Sebelum aku mengendarai motor untuk musim depan, aku harus berkompetisi setidaknya satu kali balapan,” ujar Marquez dikutip Speedweek.

4. Pengembangan motor Honda membutuhkan peran Marquez

Marc Marquez Berencana Comeback di MotoGP 2022, Balapan Sekali LagiMarc Marquez dan crew chief-nya, Santi Hernandez. (motogp.com)

Honda sedang dalam masalah. Dalam klasemen sementara pabrikan, raksasa motor Jepang terbenam di peringkat ke-6, peringkat buncit di antara pabrikan lain. Mengenai hal ini, Marquez tahu bahwa tahap pengembangan motor menjadi sangat penting.

“Kami harus mengubah sesuatu pada tim dan motor agar bisa lebih kompetitif musim depan,” kata pembalap yang sudah 85 kali menang di ajang Grand Prix itu.

5. Marquez masih menjadi pembalap Honda terbaik di klasemen musim 2022

Marc Marquez Berencana Comeback di MotoGP 2022, Balapan Sekali LagiMarc Marquez (motogp.com)

Meski sudah absen sejak Mugello pada Mei 2022 lalu, Marc Marquez masih menjadi pembalap Honda terbaik di klasemen sementara. Marquez mengoleksi 60 poin dan berada di peringkat ke-14.

Selisihnya dengan pembalap Honda lain mencapai 15 poin. Takaaki Nakagami (LCR Honda) berada di peringkat ke-16 dengan raihan 45 poin. Berikutnya Pol Espargaro (Repsol Honda) di peringkat ke-17 dengan 42 poin. Sedangkan Alex Marquez (LCR Honda) masih mencatatkan 27 poin dan bertengger di tempat ke-18.

Marc Marquez masih jadi tulang punggung Honda dalam perebutan poin kejuaraan. Tanpa Marquez, Honda bak kehilangan arah. Pada gelaran MotoGP Malaysia atau Valencia, bisakah Marquez comeback?

Baca Juga: Sederet Pembalap Pecahkan Rekor Putaran Marc Marquez di MotoGP Inggris

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya