Melihat Kembali Performa Joan Mir di MotoGP 2023, Terpuruk!

Banyak jatuh, minim poin

Joan Mir sudah selayaknya melupakan MotoGP 2023. Bagaimana tidak, sepanjang musim yang melombakan total 39 balapan (sprint dan main race), ia tak mendapatkan apa-apa selain cedera dan rasa malu. Pembalap Repsol Honda ini terbiasa terjatuh sehingga sering tak menuntaskan balapan.

Performa RC213V yang memble memang menyulitkannya. Tak hanya Mir, pembalap Honda lain juga kesulitan merangsek ke barisan depan. Tak heran jika tak ada yang menempati peringkat sepuluh besar di daftar klasemen akhir.  

Mir mengakui bahwa performanya yang tak kompetitif sangat berpengaruh kepada mentalnya. Ia sempat kehilangan motivasi untuk membalap. Pada pertengahan musim, juara dunia MotoGP 2020 ini bahkan sempat berpikir untuk pensiun.

“Terkadang aku berpikir untuk diam di rumah. Akan tetapi, aku sadar bahwa nantinya aku akan menyesal,” ungkap Joan Mir dilansir Speedweek.

Seterpuruk apa performa Joan Mir di MotoGP 2023? Begini ulasannya!

1. Joan Mir menempati papan bawah klasemen

Melihat Kembali Performa Joan Mir di MotoGP 2023, Terpuruk!potret Joan Mir (motogp.com)

Di antara pembalap yang mengendarai Honda, Joan Mir paling terpuruk. Spaniard tak bisa bersaing untuk memasuki posisi sepuluh besar, apalagi podium. Marc Marquez masih bisa meraih podium main race di Jepang dan podium sprint race di Portugal, India, dan Valencia. Sementara itu, Alex Rins (LCR Honda) pernah menang di seri Amerika Serikat.

Pada akhir musim, Mir hanya menempati peringkat ke-22 di klasemen akhir dengan raihan total 26 poin. Mir tepat berada di bawah Dani Pedrosa, pembalap wildcard KTM yang hanya turun balap dua kali. Akan tetapi, Pedrosa bisa meraih total 32 poin berkat penampilannya yang apik, salah satunya finis P4 saat main race di seri San Marino.

2. Hasil balap Joan Mir sepanjang musim 2023 mengecewakan

Melihat Kembali Performa Joan Mir di MotoGP 2023, Terpuruk!potret Joan Mir (motogp.com)

Selama 20 seri Grand Prix, Mir hanya menuntaskan balapan utama pada 6 seri di antaranya. Hasil terbaiknya adalah finis P5 di seri India. Itu adalah satu-satunya hasil finis sepuluh besar yang bisa ia raih.

Hasil balapan sprint lebih menyedihkan. Sepanjang musim, Mir tak pernah sekali pun meraih poin. Hasil finis terbaiknya hanya P12 yang ia raih di Amerika Serikat, Austria, dan Thailand. Itu masih jauh dari posisi finis P9 yang merupakan urutan minimal untuk mendapatkan poin.

Selain itu, Mir juga sering did not finish (DNF) alias gagal finis. Ia tercatat empat kali DNF saat sesi sprint. Pada main race, ia bahkan tak menyentuh garis finis sebanyak sembilan kali.

Berikut ini hasil balap Joan Mir sepanjang musim 2023:

  • GP Portugal: P14 (kualifikasi) - DNF (sprint) - P11 (main race);
  • GP Argentina: P18 (kualifikasi) - DNF (sprint) - cedera (main race);
  • GP Amerika Serikat: P13 (kualifikasi) - P12 (sprint) - DNF (main race);
  • GP Spanyol: P20 (kualifikasi) - DNF (sprint) - DNF (main race);
  • GP Prancis: P16 (kualifikasi) - P14 (sprint) - DNF (main race);
  • GP Italia: cedera;
  • GP Jerman: cedera;
  • GP Belanda: cedera;
  • GP Inggris: P19 (kualifikasi) - P17 (sprint) - DNF (main race);
  • GP Austria: P15 (kualifikasi) - P12 (sprint) - DNF (main race);
  • GP Catalunya: P20 (kualifikasi) - P21 (sprint) - P17 (main race);
  • GP San Marino: P22 (kualifikasi) - P23 (sprint) - DNF (main race);
  • GP India: P5 (kualifikasi) - DNF (sprint) - P5 (main race);
  • GP Jepang: P15 (kualifikasi) - P13 (sprint) - P12 (main race);
  • GP Indonesia: P19 (kualifikasi) - P16 (sprint) - DNF (main race);
  • GP Australia: P15 (kualifikasi) - dibatalkan (sprint) - DNF (main race);
  • GP Thailand: P19 (kualifikasi) - P12 (sprint) - P12 (main race);
  • GP Malaysia: P16 (kualifikasi) - P23 (sprint) - DNF (main race);
  • GP Qatar: P20 (kualifikasi) - P19 (sprint) - P14 (main race); dan
  • GP Valencia: cedera.

Baca Juga: Joan Mir Semringah Jajal Prototipe Honda RC213V 2024

3. Joan Mir termasuk pembalap yang sering terjatuh dan cedera

Melihat Kembali Performa Joan Mir di MotoGP 2023, Terpuruk!Joan Mir terjatuh saat balapan sprint. (motogp.com)

Bersama Marc Marquez, Joan Mir juga jadi pembalap yang paling banyak terjatuh musim ini. Marquez tercatat 29 kali kecelakaan, sedangkan Mir sebanyak 24 kali. Rentetan kecelakaan ini sering berujung cedera yang membuatnya absen balapan.

Pada seri Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, misalnya, Mir kecelakaan sehingga mengalami trauma kepala dan leher. Karena cedera ini, Mir absen pada sesi main race hari berikutnya.

Saat sesi latihan bebas di Sirkuit Mugello, Joan Mir juga kecelakaan. Ia menderita cedera retak tulang kelingking dan memar pada tangan kanan. Cedera tersebut membuat Mir melewatkan balapan di tiga seri, yaitu Italia, Jerman, dan Belanda. Di seri Valencia, Spaniard kembali kecelakaan parah. Ia mengalami cedera leher sehingga melewatkan balapan pada seri pamungkas tersebut.

4. Kendati begitu, Joan Mir punya kesempatan tampil lebih baik di MotoGP 2024

Melihat Kembali Performa Joan Mir di MotoGP 2023, Terpuruk!potret Joan Mir (instagram.com/hrc_motogp)

Jelang MotoGP 2024, setidaknya ada secercah harapan bagi Joan Mir. Saat sesi tes Valencia (28/11/2023), Mir senang dengan motor yang ia kendarai. Ia merasa ada kemajuan berarti pada RC213V versi anyar.

“Sejujurnya, aku sangat senang. Ini pertama kalinya aku bisa merasakan perbedaan sejak aku bergabung (di Honda). Sesuatu itu benar-benar bekerja lebih baik,” kata rider bernomor 36 ini seperti dikutip Crash.

Pada MotoGP 2024, Joan Mir tak lagi menjadi tandem Marc Marquez di Repsol Honda. Marquez yang pindah ke Gresini Racing digantikan oleh Luca Marini. Dengan rekan setim anyar dan motor yang terlihat lebih mumpuni, bisakah Mir mendulang hasil balap lebih maksimal?

Baca Juga: Joan Mir Sebut Kriteria Pengganti Marquez, Cepat dan Berpengalaman! 

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya