5 Milestone yang Tercipta pada Paruh Pertama MotoGP 2023

Deretan pencapaian menarik

Dari seri pertama Portugal hingga seri Belanda, beberapa milestone tercipta di MotoGP 2023. Paruh pertama musim dipenuhi dengan pencapaian-pencapaian terbaru. Tak hanya berlaku bagi pembalap, sirkuit pun menorehkan prestasinya tersendiri.

Ada pembalap yang mencetak pencapaian menarik, ada juga pembalap yang merebut kemenangan bersejarah. Selain itu, rekor jumlah penonton pun terpecahkan. Simak uraian milestone apa saja yang terjadi pada paruh pertama MotoGP 2023 berikut ini!

1. Aleix Espargaro masuk empat besar pembalap dengan start terbanyak

5 Milestone yang Tercipta pada Paruh Pertama MotoGP 2023potret Aleix Espargaro (motogp.com)

Saat seri MotoGP Portugal, Aleix Espargaro mencatatkan start balapan ke-218 di kelas premier. Pembalap Aprilia Racing ini mengungguli Dani Pedrosa dan Nicky Hayden. Dengan begitu, ia masuk ke dalam empat besar pembalap dengan jumlah start terbanyak.

Hingga seri Belanda, Aleix telah mengumpulkan 225 start balapan di kelas tertinggi. Ia tertinggal dari Alex Baros (245) dan Andrea Dovizioso (248). Sementara itu, Valentino Rossi memuncaki daftar ini dengan catatan 372 start.

Baca Juga: Torehan Poin Pembalap Tim Independen MotoGP 2023, Siapa Tertinggi?

2. Marco Bezzecchi merebut kemenangan pertamanya di MotoGP

5 Milestone yang Tercipta pada Paruh Pertama MotoGP 2023potret Marco Bezzecchi (motogp.com)

Marco Bezzecchi cetak milestone baru dalam karier balapnya. Penggawa tim Mooney VR46 Racing Team ini berhasil merebut kemenangan pertamanya di kelas premier saat gelaran MotoGP 2023 Argentina. Ini sekaligus menjadi kemenangan pertama untuk tim milik Valentino Rossi tersebut.

Kemenangan Bezzecchi cukup mengesankan. Pasalnya, kemenangan sophomore rider ini mendahului beberapa seniornya di grid balap. Masih ada delapan pembalap yang belum bisa menaiki podium tertinggi. Mereka adalah Johann Zarco, Alex Marquez, Takaaki Nakagami, Pol Espargaro, Luca Marini, Raul Fernandez, Fabio Di Giannantonio, dan Augusto Fernandez.

3. Alex Rins masuk ke dalam grup pembalap yang menang dengan 2 motor berbeda

5 Milestone yang Tercipta pada Paruh Pertama MotoGP 2023potret Alex Rins (motogp.com)

Pembalap anyar tim LCR Honda Castrol juga mengukir prestasi. Alex Rins yang masih beradaptasi di atas RC213V sanggup merebut kemenangan di Sirkuit COTA, Amerika Serikat. Sejauh ini, itu menjadi satu-satunya kemenangan Honda.

Berkat kemenangan tersebut, Rins masuk jajaran pembalap elite. Ia menjadi salah satu dari 8 pembalap yang bisa menang dengan 2 merek motor berbeda sejak era MotoGP. Rins menyusul Jack Miller, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, Casey Stoner, Jorge Lorenzo, Max Biaggi, dan Valentino Rossi.

4. Sirkuit Le Mans cetak rekor jumlah penonton MotoGP terbanyak

5 Milestone yang Tercipta pada Paruh Pertama MotoGP 2023Potret Marco Bezzecchi dari kejauhan di Sirkuit Le Mans. (motogp.com)

Gelaran MotoGP Prancis menorehkan milestone anyar. Sirkuit Le Mans memecahkan rekor kehadiran terbanyak sepanjang sejarah gelaran MotoGP. Sepanjang akhir pekan dari Kamis hingga Minggu, total 278.805 penonton hadir.

Angka ini melampaui rekor sebelumnya yang ditorehkan Sirkuit Brno. Pada 2015, trek yang terletak di Republik Ceko ini dihadiri 248.434 penonton. Sebelumnya, pada 2007, Sirkuit Brno dihadiri oleh 245.039 penonton.

5. Top speed MotoGP naik lagi

5 Milestone yang Tercipta pada Paruh Pertama MotoGP 2023potret Brad Binder (motogp.com)

Saat gelaran seri Italia di Sirkuit Mugello, top speed MotoGP kembali pecah. Brad Binder yang menggeber KTM RC16 mengukir pencapaian terbaru. Ia mencatatkan kecepatan yang mencapai 366,1 km/jam.

Binder melampaui rekor sebelumnya yang dicetak Jorge Martin. Pada 2022, Martin menggeber Ducati Desmosedici hingga 363,6 km/jam. Rekor ini juga terlahir di Mugello.

Paruh kedua MotoGP 2023 akan dimulai di Sirkuit Silverstone, 4--6 Agustus 2023. Masih ada 12 seri balap yang harus dilibas para pembalap kelas premier. Milestone apa lagi yang bakal tercipta, ya?

Baca Juga: Paruh Kedua MotoGP 2023 Pakai Format dan Aturan Baru

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya