4 Pembalap MotoGP yang Nomornya Jadi Jumlah Kemenangan Ducati, Unik!

Marc Marquez juga punya kesempatan

Ada sebuah kebetulan yang unik di MotoGP. Hal itu terkait jumlah kemenangan Ducati. Sejak mengaspal di kelas premier pada 2003, pabrikan Borgo Panigale telah mengoleksi puluhan kemenangan. Menariknya, ada momen ketika jumlah kemenangan Ducati tersebut sama dengan nomor pembalap yang meraihnya.

Kebetulan itu pun terus berulang. Tak hanya sekali, melainkan empat kali nomor pembalap bertepatan dengan jumlah kemenangan Ducati tersebut. Paling anyar terjadi pada seri Portugal musim MotoGP 2024.

Siapa saja pembalap yang nomornya sama dengan jumlah kemenangan Ducati? Simak ulasannya berikut ini!

1. Nomor balap Casey Stoner sama dengan kemenangan ke-27 Ducati

4 Pembalap MotoGP yang Nomornya Jadi Jumlah Kemenangan Ducati, Unik!potret Casey Stoner (motogp.com)

Casey Stoner jadi pembalap Ducati pertama yang nomor balapnya sama persis dengan jumlah kemenangan Ducati saat itu. Pembalap asal Australia ini bernomor 27 dan meraih kemenangan ke-27 bagi Ducati. Saat itu, ia beraksi di Sirkuit Phillip Island musim 2009.

Stoner sendiri merupakan pembalap pertama yang mempersembahkan gelar juara dunia bagi pabrikan Borgo Panigale pada 2007. Stoner mengaspal di kelas premier sepanjang 2006 hingga 2012. Namun, ia membela Ducati pada periode 2007—2010.

Baca Juga: 6 Pembalap yang Memacu Merek Motor Anyar di MotoGP 2024

2. Francesco Bagnaia mempersembahkan kemenangan ke-63 bagi Ducati

4 Pembalap MotoGP yang Nomornya Jadi Jumlah Kemenangan Ducati, Unik!potret Francesco Bagnaia (motogp.com)

Pembalap kedua yang nomor balapnya identik dengan jumlah kemenangan Ducati adalah Francesco Bagnaia. Pembalap asal Italia ini mempersembahkan kemenangan ke-63 bagi Ducati. Kala itu, Bagnaia menang di Sirkuit Mugello musim 2022 ketika masih bernomor 63.

Saat ini, Bagnaia menempelkan nomor 1 di motor dan baju balapnya. Sebelum jadi juara dunia pada 2023 dan 2024, ia memang dikenal memakai nomor 63. Jauh sebelum itu, ia menggunakan nomor 42 saat berlaga di kelas intermediate.

3. Kemenangan pertama Marco Bezzecchi adalah kemenangan ke-72 bagi Ducati

4 Pembalap MotoGP yang Nomornya Jadi Jumlah Kemenangan Ducati, Unik!potret Marco Bezzecchi (motogp.com)

Marco Bezzecchi masuk dalam daftar pembalap yang nomor motornya sama dengan jumlah kemenangan Ducati. Pembalap tim VR46 Racing Team ini bernomor 72 dan mempersembahkan kemenangan ke-72 bagi pabrikan Borgo Panigale. Ia menang di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, pada 2023.

Bagi Bezzecchi, kemenangan tersebut merupakan kemenangan pertamanya di kelas premier. Itu juga jadi kemenangan pertama bagi tim VR46 Racing Team di MotoGP. Bezzecchi adalah pembalap Italia yang memberikan kemenangan untuk tim dan pabrikan asal Italia.

4. Jorge Martin memberikan kemenangan ke-89 untuk Ducati

4 Pembalap MotoGP yang Nomornya Jadi Jumlah Kemenangan Ducati, Unik!potret Jorge Martin (instagram.com/pramacracing)

Pembalap paling anyar yang nomor balapnya sama dengan jumlah kemenangan Ducati adalah Jorge Martin. Pembalap bernomor 89 ini menorehkan kemenangan ke-89 bagi Ducati. Momen itu terjadi ketika Martin menang di Sirkuit Algarve, Portugal, musim MotoGP 2024.

Sebelum mengaspal di kelas premier, Martin menggunakan nomor 88. Ia harus menggantinya karena nomor tersebut telah dipakai Miguel Oliveira. Setelah menggantinya, nomor balap 89 ternyata memberikan keunikan tersendiri.

Selain Casey Stoner, Francesco Bagnaia, Marco Bezzecchi, dan Jorge Martin, ada satu pembalap Ducati lain yang punya kesempatan masuk dalam daftar unik di atas. Marc Marquez yang memiliki nomor balap 93 punya kans untuk mempersembahkan kemenangan ke-93 bagi Ducati. Mampukah kesamaan nomor balap dan jumlah kemenangan Ducati kembali terulang?

Baca Juga: 6 dari 8 Pembalap Ducati di MotoGP 2024 Adalah Juara Dunia, Seram!

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya