Tinggal 3 Pembalap MotoGP Ini yang Selalu Raih Poin Sprint Race

Bisakah mereka terus bertahan cetak poin?

Intinya Sih...

  • Jorge Martin konsisten meraih podium di balapan sprint MotoGP 2024
  • Marc Marquez selalu mendapatkan poin di sesi sprint race, termasuk tiga kali podium runner-up
  • Pedro Acosta, pembalap debutan, tampil kompetitif dan selalu finis sembilan besar di balapan sprint

MotoGP 2024 sudah menghelat lima seri Grand Prix di Qatar, Portugal, Amerika Serikat, Spanyol, dan Prancis. Kini, kejuaraan motor paling bergengsi sejagat memasuki seri keenam di Catalunya yang bakal digelar pada 24—26 Mei 2024. Balapan sprint dan main race bakal jadi ajang adu kuat bagi pembalap.

Khusus untuk sesi sprint race, pembalap bisa menambah poin kejuaraan dunia dari balapan yang berdurasi separuh main race tersebut. Hanya sembilan pembalap yang bisa mendapatkan poin. Perolehan poin untuk posisi pertama hingga kesembilan adalah 12 poin, 9 poin, 7 poin, 6 poin, 5 poin, 4 poin, 3 poin, 2 poin, dan 1 poin.

Menariknya, dari 22 pembalap reguler di grid balap MotoGP 2024, tinggal 3 pembalap saja yang selalu bisa meraih poin sprint race. Siapa saja mereka?

1. Jorge Martin paling dominan

Tinggal 3 Pembalap MotoGP Ini yang Selalu Raih Poin Sprint Racepotret Jorge Martin (instagram.com/pramacracing)

Tak ada yang menyangsikan kehebatan Jorge Martin di sesi sprint race MotoGP. Pembalap andalan tim Prima Pramac Racing itu seolah tak punya lawan. Untuk awal musim MotoGP 2024 saja, ia konsisten merebut podium pada 5 seri balap yang telah digelar, termasuk meraih 3 kemenangan di antaranya. Pantas jika Martin menyandang julukan sebagai King of Sprint.

Berikut ini hasil balap sprint Jorge Martin hingga seri Prancis:

  • Seri Qatar: P1;
  • Seri Portugal: P3;
  • Seri Amerika: P3;
  • Seri Spanyol: P1; dan
  • Seri Prancis: P1.

Baca Juga: Menilik Performa Pecco Bagnaia di MotoGP Catalunya, Sulit Menang?

2. Marc Marquez di atas Ducati juga kompetitif

Tinggal 3 Pembalap MotoGP Ini yang Selalu Raih Poin Sprint Racepotret Marc Marquez (motogp.com)

Marc Marquez kembali semringah di MotoGP. Setelah menjalani empat musim yang menyakitkan akibat cedera dan motor Honda yang tak kompetitif, Marquez kini kembali merasakan manisnya podium. Di sesi sprint race, misalnya, rider yang kini menjadi pembalap tim Gresini Racing ini selalu mendulang poin, termasuk tiga kali podium runner-up.

Berikut ini hasil balap sprint Marc Marquez hingga seri Prancis:

  • Seri Qatar: P5;
  • Seri Portugal: P2;
  • Seri Amerika: P2;
  • Seri Spanyol: P6; dan
  • Seri Prancis: P2.

3. Meski rookie, Pedro Acosta tak mau kalah

Tinggal 3 Pembalap MotoGP Ini yang Selalu Raih Poin Sprint Racepotret Pedro Acosta (instagram.com/37pedroacosta)

Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3) jadi buah bibir di MotoGP. Bagaimana tidak, meski berstatus pembalap debutan, rookie berjuluk El Tiburon de Mazarron ini tampil kompetitif hampir di setiap seri. Di sesi sprint race pun Acosta selalu bisa bersaing dengan rider senior lainnya. Tak heran ia selalu finis sembilan besar, bahkan sudah pernah finis runner-up.

Berikut ini hasil balap sprint Pedro Acosta hingga seri Prancis:

  • Seri Qatar: P8;
  • Seri Portugal: P7;
  • Seri Amerika: P4;
  • Seri Spanyol: P2; dan
  • Seri Prancis: P6.

4. Ada pembalap lain yang selalu finis sprint race meski tak selalu dapat poin

Tinggal 3 Pembalap MotoGP Ini yang Selalu Raih Poin Sprint Racepotret Jack Miller (motogp.com)

Hanya tiga pembalap di atas yang selalu mengantongi poin sprint race lantaran finis sembilan besar. Namun, ada juga pembalap yang konsisten finis sprint race meski hanya sesekali mendapat poin. Mereka adalah Fabio Quartararo, Jack Miller, Franco Morbidelli, Miguel Oliveira, dan Raul Fernandez.

Quartararo mendapat poin saat finis P9 di Portugal dan P5 di Spanyol. Miller mendapat poin saat finis P5 di Portugal, P7 di Amerika Serikat, dan P8 di Prancis. Morbidelli hanya raih poin di balapan penuh drama di seri Spanyol saat finis P4. Sementara itu, Oliveira pernah finis P8 di Spanyol. Di sisi lain, Fernandez finis P9 di Amerika Serikat dan Prancis.

Jorge Martin, Marc Marquez, dan Pedro Acosta punya kans untuk terus mencetak poin hingga akhir musim. Tentu saja hal itu hanya bisa terjadi jika mereka selalu tampil kuat dan kompetitif tiap serinya, termasuk seri Catalunya akhir pekan ini. Mampukah ketiganya terus bertahan sebagai pencetak poin sprint race MotoGP 2024?

Baca Juga: 7 Hal Serbapertama dari MotoGP Prancis 2024, Banyak Rekor Pecah

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya