Rookie MotoGP 2023 Belajar Banyak dari Tes Sepang, Puas!

Tahu apa yang harus dibenahi

Sirkuit Sepang jadi arena yang menyenangkan bagi Augusto Fernandez. Sebagai satu-satunya rookie MotoGP 2023, pembalap debutan tim GASGAS Factory Racing Tech3 itu belajar banyak dari dua jenis tes yang ia ikuti.

Pertama, Fernandez mengikuti tes shakedown yang diikuti oleh rookie dan test rider pada 5—7 Februari 2023. Kedua, ia menjajal RC16 dalam tes resmi yang diikuti oleh semua pembalap reguler MotoGP pada 10—12 Februari 2023.

Kendati sempat terlibat kecelakaan yang membuat kakinya memar dan lecet sehari setelah tes shakedown, ia puas dengan pengalaman tes di Sepang. Apa katanya?

1. Fernandez senang bisa mengikuti tes di Sepang

Rookie MotoGP 2023 Belajar Banyak dari Tes Sepang, Puas!Augusto Fernandez (motogp.com)

Bagi rider debutan seperti Augusto Fernandez, tes shakedown dan tes resmi saling melengkapi. Pada tes resmi ia bisa melihat lebih dekat aksi-aksi dari para seniornya di MotoGP.

“Berkat tes shakedown aku punya dasar untuk menentukan langkah berikutnya. Lalu, aku bisa melihat pembalap yang cepat dan mempelajari beberapa garis baru yang sebelumnya aku lakukan secara salah,” kata Fernandez dilansir Speedweek.

2. Tes Sepang menunjukkan kelemahan apa yang harus diperbaiki

Rookie MotoGP 2023 Belajar Banyak dari Tes Sepang, Puas!Augusto Fernandez (motogp.com)

Berkat tes Sepang, ia tahu pada bagian apa ia harus berbenah. Masih beradaptasi di atas RC16, Fernandez masih harus menyesuaikan gaya balapnya.

“Kelemahan terbesarku masih di fase pengereman. Aku juga harus menyesuaikan gaya balapku, ini proses belajar yang panjang,” ujar juara dunia Moto2 2022 itu.

Baca Juga: Augusto Fernandez Antusias Jajal Motor MotoGP GASGAS Tech3

3. Butuh membiasakan diri di atas motor MotoGP

Rookie MotoGP 2023 Belajar Banyak dari Tes Sepang, Puas!Augusto Fernandez (motogp.com)

Sebagai seorang rookie, pengalaman Fernandez di atas motor MotoGP masih bisa dihitung dengan jari. Jika dihitung secara hari, ia baru menggeber RC16 selama 7 hari saja: 1 hari tes Valencia, 3 hari tes shakedown, dan 3 hari tes resmi.

“Aku hanya perlu banyak waktu untuk membiasakan diri dengan motor MotoGP,” kata pembalap berusia 25 tahun itu dilansir Speedweek.

4. Target berikutnya adalah mendekati hasil balap para pembalap senior di KTM

Rookie MotoGP 2023 Belajar Banyak dari Tes Sepang, Puas!Brad Binder (motogp.com)

Di tim GASGAS, Fernandez tandem dengan Pol Espargaro. Kendati begitu, lantaran sama-sama menggeber RC16, ia pun bisa menjadikan Brad Binder dan Jack Miller dari tim pabrikan KTM sebagai referensi.

“Aku masih harus banyak belajar, tetapi aku puas dengan pekerjaan kami sejauh ini. Aku fokus pada diri sendiri untuk mendapatkan hasil maksimal dari motor dan menjadi lebih baik. Berada sedekat mungkin dengan pembalap KTM terbaik, itulah tujuanku,” kata Fernandez.

5. Hasil tes Sepang Augusto Fernandez dan para pembalap KTM

Rookie MotoGP 2023 Belajar Banyak dari Tes Sepang, Puas!potret Sirkuit Sepang (motogp.com)

Setelah tiga hari tes resmi di Sepang, Fernandez menyelesaikan tes dengan catatan waktu 1 menit 59,660 detik, tertinggal 1,771 detik dari Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) yang menorehkan waktu tercepat. Fernandez bertengger di peringkat ke-22, di bawah para seniornya.

Berikut ini catatan waktu hasil tes Augusto Fernandez dibandingkan pembalap KTM lainnya:

  • 1. Luca Marini (Ducati) - 1:57,889 detik;
  • ...
  • 13. Pol Espargaro (GASGAS) - +0.908 detik;
  • 14. Brad Binder (KTM) - +0.923 detik;
  • ...
  • 18. Jack Miller (KTM) - +1.012 detik; dan
  • ...
  • 22. Augusto Fernandez (GASGAS) - +1.771 detik.

Augusto Fernandez masih punya waktu 2 hari lagi untuk melakukan pengujian di atas motor MotoGP. Pada 11—12 Maret 2023, tes resmi terakhir bakal digelar di Sirkuit Portimao, Portugal. Pelajaran apa lagi yang bakal ia serap?

Baca Juga: Mengenal Augusto Fernandez, Satu-satunya Rookie MotoGP 2023

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya