3 Wildcard yang Unjuk Gigi di MotoGP Spanyol 2024, Ada yang Berbahaya!

Balapan di Sirkuit Jerez makin ramai

MotoGP seri Spanyol yang dihelat pada 26—28 April 2024 bakal ramai pembalap. Pasalnya, ada tambahan 3 pembalap wildcard dari 3 pabrikan berbeda: KTM, Honda, dan Aprilia. Ditambah dengan 22 pembalap reguler, maka total ada 25 pembalap yang akan unjuk gigi di Sirkuit Jerez.

Sirkuit Jerez sendiri memang populer untuk wildcard. Itu lantaran seringnya trek ini digunakan sebagai arena tes privat oleh banyak pabrikan. Dengan begitu, para pembalap wildcard yang juga berperan sebagai test rider ini sudah familier dengan lintasannya.

Sesuai dengan aturan konsesi mutakhir, tak semua pabrikan bisa menurunkan wildcard. Hanya KTM dan Aprilia (Kategori C) serta Honda dan Yamaha (Kategori D) yang punya jatah wildcard musim ini. Ducati yang masuk kategori A sama sekali tak punya hak untuk menurunkan pembalap tambahan.

Siapa saja tiga pembalap wildcard yang bakal unjuk gigi di MotoGP Spanyol? Simak ulasannya berikut ini!

1. Dani Pedrosa jadi pembalap wildcard paling berbahaya

3 Wildcard yang Unjuk Gigi di MotoGP Spanyol 2024, Ada yang Berbahaya!potret Dani Pedrosa (twitter.com/KTM_Racing)

Dani Pedrosa kembali turun gunung di MotoGP. Pembalap penguji tim pabrikan Mattighofen itu bakal jadi pembalap wildcard di tim Red Bull KTM Factory Racing. Ini adalah penampilan keempatnya sebagai seorang wildcard.

Pada kesempatan sebelumnya, Pedrosa sangat kompetitif di atas lintasan. Ia selalu finis sepuluh besar, seperti saat seri Austria 2021 ketika finis P10. Pada 2023, ia dua kali turun balap sebagai wildcard dengan finis P7 di main race Spanyol dan finis P4 di main race San Marino.

Saat tampil di San Marino, pembalap berjuluk The Little Samurai ini menuai decak kagum. Bagaimana tidak, ia finis P4 dengan jarak 0,669 detik saja dari Fransesco Bagnaia yang finis P3. Selain itu, Pedrosa jadi pembalap KTM dengan posisi finis tertinggi. Tak heran jika ia jadi pembalap wildcard paling berbahaya di grid 2024.

Baca Juga: Promo Khusus Tiket MotoGP Mandalika 2024, Dijual Mulai Rp350 Ribu

2. Stefan Bradl punya peran penting bagi Honda

3 Wildcard yang Unjuk Gigi di MotoGP Spanyol 2024, Ada yang Berbahaya!Stefan Bradl (motogp.com)

Jika KTM punya Dani Pedrosa, maka Honda punya Stefan Bradl. Pembalap penguji HRC Team sejak 2018 ini termasuk rider yang sarat pengalaman. Ia pernah menjadi pembalap pengganti semusim penuh ketika menggantikan Marc Marquez yang cedera pada 2020.

Kendati begitu, hasil balap Bradl tak semewah Pedrosa. Pada kesempatan wildcard musim 2023 lalu, Bradl finis P14 di seri Spanyol dan finis P18 di seri San Marino. Di seri Spanyol kali ini, Bradl bakal bekerja sama dengan empat pembalap Honda lainnya untuk mengumpulkan data penting bagi pengembangan RC213V.

3. Lorenzo Savadori bakal menguji ketangguhan Aprilia RS-GP

3 Wildcard yang Unjuk Gigi di MotoGP Spanyol 2024, Ada yang Berbahaya!Lorenzo Savadori (motogp.com)

Lorenzo Savadori jadi pembalap wildcard paling junior di sini. Meski demikian, pengalamannya cukup mumpuni. Test rider pabrikan Noale sejak 2020 ini pernah menjadi pembalap reguler tim pabrikan Aprilia saat menggantikan Andrea Iannone.

Namun, ia kembali menjadi pembalap penguji utama Aprilia sejak 2022. Kala itu posisinya sebagai pembalap reguler digantikan oleh Maverick Vinales. Sejak saat itu, ia punya peran signifikan dalam pengembangan RS-GP. Ia pun sempat mengaspal sebagai wildcard pada 2023 dengan finis P18 di seri Italia, finis P11 di seri Belanda, dan finis P19 di seri Austria.

Dani Pedrosa, Stefan Brad, dan Lorenzo Savadori adalah para pembalap wildcard yang juga test rider dari pabrikannya masing-masing. Tugas utama mereka tentu menguji atau mengevaluasi inovasi teranyar dan mengumpulkan data untuk pengembangan motor. Meski begitu, bukan berarti tak akan ada kejutan dari salah satu di antara mereka. Adakah yang bakal bersaing di barisan depan?

Baca Juga: Francesco Bagnaia Usung Misi Kebangkitan di MotoGP Spanyol 2024

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya