Kiprah Lando Norris Meraih 7 Podium sepanjang Formula 1 2023

Menyamai rekor podium tanpa kemenangan dari Nick Heidfeld

Lando Norris ialah salah satu pembalap yang cukup menarik perhatian sepanjang Formula 1 2023. Ia berhasil mengoleksi tujuh podium dan menjadi pembalap keempat dengan podium terbanyak pada 2023.

Tak sekadar untuk dirinya, podium tersebut ternyata juga bermakna untuk McLaren. Mari menilik perjalanan Lando Norris meraih tujuh podium selama Formula 1 2023 melalui ulasan berikut, yuk!

1. Naik podium lagi sejak GP Emilia Romagna 2022

Kiprah Lando Norris Meraih 7 Podium sepanjang Formula 1 2023Lando Norris mengangkat trofi juara kedua di GP Inggris 2023. (twitter.com/Lando Norris)

Lando Norris memulai balapan GP Inggris 2023 dari posisi kedua. Meski sempat menyalip Max Verstappen sejak start, ia kembali disalip beberapa putaran berikutnya sehingga harus puas finis di podium kedua. Ini adalah podium pertamanya selama mengikuti GP Inggris serta podium pertama musim ini sejak ia finis ketiga di GP Emilia Romagna 2022. Ia berhak mendapatkan gelar Driver of the Day berkat performanya yang impresif di tanah kelahirannya. Untuk tim yang ia bela, Lando Norris menjadi pembalap pertama yang membawa McLaren naik podium di GP Inggris sejak Lewis Hamilton finis kedua di GP Inggris 2010.

Baca Juga: 7 Momen Podium Lewis Hamilton pada Formula 1 2023 

2. Pertama kali meraih podium dalam dua balapan beruntun

Kiprah Lando Norris Meraih 7 Podium sepanjang Formula 1 2023Lando Norris mengangkat trofi juara kedua di GP Hungaria 2023. (formula1.com)

Podium kedua Lando Norris musim ini terjadi di satu balapan setelah GP Inggris yakni GP Hungaria. Ia memulai balapan dari posisi ketiga dan pulang dengan membawa trofi juara kedua. Untuk pertama kalinya, Norris meraih podium dalam dua balapan beruntun. Ia juga baru pertama kali finis di posisi enam besar di GP Hungaria. Untuk McLaren, Norris memberikan podium yang pertama di Sirkuit Hungaroring sejak Lewis Hamilton memenangi GP Hungaria 2012 bersama McLaren.

3. Bekerja sama dengan pemenang untuk mengamankan podium

Kiprah Lando Norris Meraih 7 Podium sepanjang Formula 1 2023Lando Norris mengangkat trofi juara kedua di GP Singapura 2023. (twitter.com/McLaren)

Di GP Singapura 2023, Lando Norris start dari posisi keempat dan finis kedua di belakang Carlos Sainz yang menjadi pemenang. Ini menjadi podium pertama McLaren di Sirkuit Marina Bay sejak Jenson Button finis kedua di GP Singapura 2012. Nah, raihan podium ini cukup unik karena melibatkan kerja sama dirinya dengan Sainz agar Norris bisa mengaktifkan DRS di beberapa putaran menjelang finis. Kerja sama ini terbukti membuat keduanya dapat bertahan dari gempuran dua pembalap Mercedes, George Russell dan Lewis Hamilton, yang memakai ban lebih segar karena melakukan pit stop di fase akhir balapan.

4. Mendukung podium ganda yang pertama untuk McLaren sejak GP Italia 2021

Kiprah Lando Norris Meraih 7 Podium sepanjang Formula 1 2023Lando Norris memegang trofi juara kedua di GP Jepang 2023. (formula1.com)

Di GP Jepang 2023, Lando Norris start dari posisi ketiga dan lagi-lagi finis di podium kedua. Ini adalah dua podium kedua berturut-turut menyusul podium kedua di GP Inggris dan GP Hungaria 2023. Di atas podium, Norris ditemani Oscar Piastri di podium ketiga yang meraih podium perdananya di Formula 1. Lalu, McLaren untuk pertama kalinya meraih podium ganda sejak GP Italia 2021 ketika Daniel Ricciardo dan Lando Norris memberikan hasil finis 1-2.

5. Mendukung dua podium ganda beruntun untuk McLaren sejak 2010

Kiprah Lando Norris Meraih 7 Podium sepanjang Formula 1 2023Lando Norris mengangkat trofi juara ketiga di balapan utama GP Qatar 2023. (facebook.com/F1)

Di GP Qatar 2023, Lando Norris start dari posisi kesepuluh. Meski begitu, ia tetap sanggup menyelesaikan balapan dengan naik podium ketiga. Di atas podium, ia kembali ditemani Oscar Piastri yang menempati podium kedua. Kerja sama kedua pembalap ini membawa McLaren meraih podium ganda dalam dua balapan berturut-turut dari GP Jepang 2023. Capaian itu merupakan yang pertama untuk McLaren sejak Lewis Hamilton dan Jenson Button meraih podium ganda di GP Kanada dan GP Eropa 2010. Lalu, podium keduanya membawa McLaren menembus 500 podium di Formula 1.

6. Menjadi juara kedua setelah Hamilton didiskualifikasi

Kiprah Lando Norris Meraih 7 Podium sepanjang Formula 1 2023Lando Norris mengangkat trofi juara ketiga di balapan utama GP Amerika Serikat 2023 sebelum akhirnya berhak finis di posisi kedua setelah Lewis Hamilton didiskualifikasi. (twitter.com/FIA)

Lando Norris memulai GP Amerika Serikat 2023 dari posisi kedua dan sanggup menyalip peraih pole position, Charles Leclerc, di tikungan pertama untuk menjadi pemimpin hingga pertengahan balapan. Namun, ia belum bisa meraih podium kemenangan dan harus puas finis di podium ketiga; menyusul Max Verstappen dan Lewis Hamilton di dua podium tertinggi. Setelah seremoni podium usai, Norris berhak mendapatkan trofi juara kedua karena Hamilton didiskualifikasi akibat pelanggaran regulasi plank. Lalu, di GP Amerika Serikat 2023, ia mendapatkan gelar Driver of the Day. Lalu, ia meraih podium dalam empat balapan beruntun untuk pertama kalinya dari GP Singapura 2023 sekaligus memberikan podium pertama untuk McLaren di Circuit of the Americas sejak Lewis Hamilton memenangi GP Amerika 2012 bersama McLaren.

7. Menyamai rekor 13 podium Nick Heidfeld tanpa kemenangan

Kiprah Lando Norris Meraih 7 Podium sepanjang Formula 1 2023Lando Norris mengangkat trofi juara kedua di balapan utama GP Brasil 2023. (facebook.com/McLaren)

Podium terakhir Lando Norris musim ini terjadi di GP Brasil. Ia start dari posisi kelima dan finis kedua dengan selisih waktu sekitar 8 detik dari sang pemenang, Max Verstappen. Ia menjadi satu-satunya pembalap yang paling dekat dengan Verstappen mengingat pembalap yang finis ketiga berjarak lebih dari 34 detik dari Verstappen. Selain itu, Lando Norris juga berhasil mencatatkan fastest lap dan mendapatkan gelar Driver of the Day. Ini adalah podiumnya yang ke-13 di Formula 1 tanpa kemenangan, sama dengan Nick Heidfeld yang juga meraih 13 podium selama berkarier di Formula 1 tanpa satu kemenangan.

Musim 2023 dengan tujuh podium adalah musim dengan podium terbanyak sejauh ini untuk Lando Norris, menyusul raihan empat podium pada 2021. Secara total, pembalap Inggris ini telah mengoleksi 13 podium. Ia tentu berharap bisa menambah lebih banyak podium dan meraih kemenangan pada musim depan. Mampukah ia tampil jauh lebih banyak pada Formula 1 2024?

Baca Juga: 9 Rekor Impresif yang Dipecahkan Max Verstappen di Formula 1 2023

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Go Racing!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya