7 Momen Podium Lewis Hamilton pada Formula 1 2023 

Kehilangan satu podium akibat diskualifikasi

Lewis Hamilton adalah salah satu pembalap senior yang masih cukup kompetitif pada Formula 1 2023. Pada usianya yang ke-38, ia masih sanggup bersaing di papan atas, bahkan untuk naik podium.

Pembalap Inggris ini sebenarnya sempat naik podium tujuh kali sepanjang Formula 1 2023. Namun, ia harus kehilangan salah satunya akibat diskualifikasi. Intip lagi sederet potret perjalanan podium Lewis Hamilton pada Formula 1 2023 berikut, yuk!

1. Raih podium pertama 2023 di GP Australia

7 Momen Podium Lewis Hamilton pada Formula 1 2023 Lewis Hamilton mengangkat trofi juara ketiga di GP Australia 2023. (twitter.com/Mercedes-AMG PETRONAS F1 Team)

Lewis Hamilton meraih podium perdananya pada 2023 di GP Australia. Ia start dari posisi ketiga dan finis di podium kedua. Ini adalah podium kesepuluh sekaligus podium kedua yang keenam selama keikutsertaannya di GP Australia.

Baca Juga: 11 Pembalap yang Berhasil Naik Podium sepanjang Formula 1 2023

2. Naik podium dan dapat gelar Driver of the Day di GP Spanyol

7 Momen Podium Lewis Hamilton pada Formula 1 2023 Lewis Hamilton mengangkat trofi juara kedua di GP Spanyol 2023. (twitter.com/Lewis Hamilton)

Lewis Hamilton menambah koleksi podiumnya di GP Spanyol 2023 dengan start dari posisi keempat dan finis di podium kedua. Pada balapan ini, Mercedes membawa upgrade baru dan Hamilton sukses memanfaatkannya untuk meraih podium. Ia pun dihadiahi satu-satunya gelar Driver of the Day 2023 yang bisa ia dapatkan. Podium kedua di GP Spanyol 2023 adalah yang kesebelas kalinya selama Hamilton mengikuti balapan Formula 1 di Sirkuit Catalunya.

3. Start dan finis ketiga di GP Kanada

7 Momen Podium Lewis Hamilton pada Formula 1 2023 Lewis Hamilton mengangkat trofi juara ketiga di GP Kanada 2023. (mercedesamgf1.com)

Di GP Kanada 2023, Lewis Hamilton start dan finis di posisi ketiga. Kondisi ini juga dialami oleh dua pembalap yang finis di depannya, yaitu Max Verstappen dan Fernando Alonso. Sebenarnya, Hamilton bisa finis kedua, tetapi ia disalip oleh Alonso menjelang pertengahan balapan dan tidak sanggup untuk menyalipnya lagi. Hasil ini membuatnya mengoleksi sepuluh podium di Sirkuit Montreal, sirkuit bersejarah untuk dirinya karena meraih kemenangan perdana di Formula 1 pada 2007.

4. Mengoleksi 14 podium di GP Inggris

7 Momen Podium Lewis Hamilton pada Formula 1 2023 Lewis Hamilton memegang trofi juara ketiga di GP Inggris 2023. (media.mercedes-benz.com)

Di GP Inggris 2023, Lewis Hamilton kembali menghibur penggemar di tanah kelahirannya dengan finis di atas podium. Ia memang memulai balapan dari posisi ketujuh, tetapi mampu menjadi pembalap ketiga yang melewati garis finis. Menariknya, ini adalah podium ke-14 Hamilton selama mengikuti balapan Formula 1 di Sirkuit Silverstone. Tentu, ini adalah sebuah prestasi bisa mengoleksi 14 podium dari 18 kali penampilan di GP Inggris sejak 2007.

5. Naik podium karena rekannya mengalami kecelakaan

7 Momen Podium Lewis Hamilton pada Formula 1 2023 Lewis Hamilton mengangkat trofi juara ketiga di GP Singapura 2023. (mercedesamgf1.com)

Lewis Hamilton memulai GP Singapura 2023 dari posisi start kelima, pulang dengan membawa trofi juara ketiga, serta mendapatkan satu poin tambahan karena mencatatkan fastest lap. Pada fase akhir balapan, ia yang berada di posisi keempat di belakang George Russell bertarung ketat mengejar Carlos Sainz dan Lando Norris di baris terdepan. Sayangnya, di putaran terakhir, Russell gagal finis karena menabrak tembok pembatas sehingga Hamilton bisa finis di podium ketiga. Ini adalah podium ketujuh Hamilton di GP Singapura.

6. Sudah naik podium, tapi didiskualifikasi

7 Momen Podium Lewis Hamilton pada Formula 1 2023 Lewis Hamilton memegang trofi juara kedua di balapan utama GP Amerika Serikat 2023 sebelum didiskualifikasi. (twitter.com/FIA)

Lewis Hamilton tampil cukup kompetitif di GP Amerika Serikat 2023. Ia mengunci posisi start ketiga dan finis kedua dengan selisih waktu tak terlalu jauh dari Max Verstappen yang menjadi pemenang. Ia sudah sempat menerima trofi dan melakukan selebrasi di atas podium. Sayangnya, ia didiskualifikasi karena mobilnya melanggar regulasi plank setelah diperiksa oleh pengawas balapan. Akibatnya, ia kehilangan podium kedua dan harus menyerahkannya ke Lando Norris yang sebelumnya meraih podium ketiga.

7. Berselang satu pekan, ia naik podium dan mencatatkan fastest lap

7 Momen Podium Lewis Hamilton pada Formula 1 2023 Lewis Hamilton mengangkat trofi juara kedua di GP Meksiko 2023. (mercedesamgf1.com)

Di GP Meksiko 2023 yang berselang 1 pekan saja dari GP Amerika Serikat 2023, Lewis Hamilton membalas kehilangan podium dengan finis di atas podium. Ia start dari posisi keenam dan finis di podium kedua. Ia bahkan mendapatkan poin tambahan karena mencatatkan fastest lap. Menariknya, ia finis kedua di GP Meksiko dalam 3 musim beruntun dari 2021 hingga 2023. Secara total, ia telah mengoleksi tujuh podium di GP Meksiko sejak 2015.

Sama seperti 2022, Lewis Hamilton menjalani Formula 1 2023 tanpa meraih satu kemenangan. Meski begitu, dengan mobil Mercedes yang mulai menunjukkan perubahan positif pada 2023 dibandingkan 2022, tentu ia berharap bisa meraih lebih banyak podium hingga kemenangan musim depan.

Baca Juga: 5 Rekor yang Dipecahkan Red Bull di Formula 1 pada 2023

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Go Racing!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya