11 Pembalap yang Berhasil Naik Podium sepanjang Formula 1 2023

Ada yang menyamai jumlah podium pembalap legendaris!

Tak sekedar meraih poin, setiap pembalap tentu berjuang untuk meraih podium di setiap balapan Formula 1. Tujuannya agar bisa mendapatkan trofi sebagai bentuk nyata prestasi yang akan dikenang di kemudian hari.

Nah, dari seluruh pembalap yang ikut serta sepanjang 2023, ada sebelas pembalap yang berhasil naik podium. Kamu dapat melihat rincian podium kesebelas pembalap tersebut di bawah ini.

1. Max Verstappen tampil paling dominan di atas podium

11 Pembalap yang Berhasil Naik Podium sepanjang Formula 1 2023Max Verstappen mengangkat trofi juara pertama di GP Bahrain 2023. (formula1.com)

Pembalap yang pertama ialah Max Verstappen, juara dunia 2023, yang berhasil mengoleksi 21 podium selama 2023. Podium tersebut terdiri dari 19 podium kemenangan dan 2 podium kedua. Jumlahnya lebih banyak dari 17 podium pada 2022 yang terdiri dari 15 podium kemenangan, 1 podium kedua, dan 1 podium ketiga. Tambahan 21 podium selama 2023 membuatnya sudah mengoleksi 98 podium di Formula 1, berada di peringkat ke-7 daftar pembalap dengan podium terbanyak di Formula 1.

Raihan 21 podium dan 19 podium kemenangan tersebut menjadi rekor terbaru jumlah podium dan podium kemenangan yang terjadi dalam satu musim. Lalu, ia juga berhasil mencetak rekor baru dalam hal jumlah kemenangan beruntun. Max Verstappen sukses memenangi sepuluh balapan beruntun, mengungguli rekor Sebastian Vettel yang memenangi sembilan balapan beruntun pada 2013.

Berikut ini rincian di balapan mana saja Max Verstappen meraih podium sepanjang 2023:

  • podium pertama: GP Bahrain, GP Australia, GP Miami, GP Monako, GP Spanyol, GP Kanada, GP Austria, GP Inggris, GP Hungaria, GP Belgia, GP Belanda, GP Italia, GP Jepang, GP Qatar, GP Amerika Serikat, GP Meksiko, GP Brasil, GP Las Vegas, dan GP Abu Dhabi
  • podium kedua: GP Arab Saudi dan GP Azerbaijan.

2. Sergio Perez menambah dua podium kemenangan

11 Pembalap yang Berhasil Naik Podium sepanjang Formula 1 2023Sergio Perez mengangkat trofi kemenangan GP Arab Saudi 2023. (honda.racing)

Berikutnya ialah rekan Max Verstappen, yaitu Sergio Perez. Pembalap Meksiko ini berhasil naik podium 9 kali, terdiri dari 2 podium kemenangan, 4 podium kedua, dan 3 podium ketiga. Jumlah tersebut lebih sedikit dari total podium yang ia raih pada 2022, yaitu 11 podium yang terdiri dari 2 podium kemenangan, 7 podium kedua, dan 2 podium ketiga.

Meski jumlah podium 2023 lebih sedikit dari 2022, jumlah tersebut cukup untuk mengantarkannya ke posisi kedua di klasemen akhir pembalap, naik dari posisi ketiga pada 2022. Tambahan dua podium kemenangan pada 2023 di GP Arab Saudi dan GP Azerbaijan membuat Perez kini memiliki enam kemenangan.

Perez kini telah mengoleksi 35 podium, setara dengan jumlah podium Juan Manuel Fangio dan Emerson Fittipaldi selama mereka berkarier di Formula 1. Berikut ini rincian podium Sergio Perez sepanjang 2023:

  • podium pertama: GP Arab Saudi dan GP Azerbaijan;
  • podium kedua: GP Bahrain, GP Miami, GP Belgia, dan GP Italia;
  • podium ketiga: GP Austria, GP Hungaria, dan GP Las Vegas.

3. Fernando Alonso raih banyak podium lagi sejak 2013

11 Pembalap yang Berhasil Naik Podium sepanjang Formula 1 2023Fernando Alonso memegang trofi juara ketiga di GP Arab Saudi 2023. (twitter.com/Aston Martin Aramco Cognizant F1 Team)

Yang ketiga adalah Fernando Alonso, pembalap paling senior yang berusia 42 tahun. Ia berhasil mengoleksi 8 podium pada musim pertamanya bersama Aston Martin yang terdiri dari 3 podium kedua dan 5 podium ketiga. Untuk pertama kalinya, pembalap Spanyol ini meraih cukup banyak podium sejak 2013 ketika ia meraih sembilan podium bersama Ferrari pada musim tersebut.

Kedelapan podium tersebut berhasil mengantarkan Alonso finis di posisi keempat klasemen akhir pembalap 2023. Nah, tambahan delapan podium itu juga membuatnya mengoleksi 106 podium Formula 1 sejauh ini. Fernando Alonso kini berada di peringkat kelima daftar pembalap dengan podium terbanyak di Formula 1, satu peringkat di bawah Alain Prost yang lebih dulu meraih 106 podium. Berikut ini rincian delapan podium Alonso pada 2023:

  • podium kedua: GP Monako, GP Kanada, dan GP Belanda
  • podium ketiga: GP Bahrain, GP Arab Saudi, GP Australia, GP Miami, dan GP Brasil.

4. Lewis Hamilton mengulangi musim 2022 yang tanpa kemenangan

11 Pembalap yang Berhasil Naik Podium sepanjang Formula 1 2023Lewis Hamilton mengangkat trofi juara ketiga di GP Australia 2023. (twitter.com/Mercedes-AMG PETRONAS F1 Team)

Selanjutnya, ada juga salah satu pembalap senior, yaitu Lewis Hamilton. Ia hanya sanggup meraih 6 podium yang terdiri dari 3 podium kedua dan 3 podium ketiga. Sebenarnya, ia berhasil naik podium tujuh kali. Akan tetapi, ketika ia finis kedua di GP Amerika Serikat 2023, ia didiskualifikasi karena melanggar regulasi sehingga ia harus rela kehilangan podium tersebut.

Jumlah podium Hamilton pada 2023 lebih sedikit dari koleksi 9 podium pada 2022. Podium tersebut terdiri dari 5 podium kedua dan 4 podium ketiga. Meski begitu, ia berhasil memperbaiki posisi di klasemen akhir pembalap dari posisi keenam pada 2022 menjadi posisi ketiga pada 2023. Saat ini, Lewis Hamilton sudah mengoleksi 197 podium dan masih kokoh di puncak daftar pembalap dengan podium terbanyak. Nah, berikut ini rincian enam podium Lewis Hamilton pada 2023:

  • podium kedua: GP Australia, GP Spanyol, dan GP Meksiko
  • podium ketiga: GP Kanada, GP Inggris, dan GP Singapura.

5. Charles Leclerc meraih jumlah podium yang sama dengan Lewis Hamilton

11 Pembalap yang Berhasil Naik Podium sepanjang Formula 1 2023Charles Leclerc mengangkat trofi juara ketiga di balapan utama GP Azerbaijan 2023. (formula1.com)

Sama seperti Lewis Hamilton, Charles Leclerc juga meraih 6 podium pada 2023. Rincian podiumnya bahkan juga sama, yaitu 3 podium kedua dan 3 podium ketiga. Dengan tambahan enam podium ini, pembalap Monako tersebut kini mengoleksi 30 podium, sama dengan jumlah podium Juan Pablo Montoya selama berkarier di Formula 1.

Sebagai perbandingan, Leclerc sanggup naik podium sebelas kali pada 2022. Sebanyak tiga di antaranya adalah podium kemenangan, sedangkan sisanya ialah 5 podium kedua dan tiga podium ketiga. Nah, tak hanya jumlah podiumnya yang menurun, posisinya di klasemen akhir pembalap juga turun dari peringkat kedua pada 2022 menjadi peringkat kelima pada 2023. Nah, berikut ini rincian podium Leclerc sepanjang 2023:

  • podium kedua: GP Austria, GP Las Vegas, dan GP Abu Dhabi
  • podium ketiga: GP Azerbaijan, GP Belgia, dan GP Meksiko.

Baca Juga: Charles Leclerc Masih Sulit Menang meski Meraih Pole Position

6. Esteban Ocon meraih satu-satunya podium 2023 di balapan legendaris

11 Pembalap yang Berhasil Naik Podium sepanjang Formula 1 2023Esteban Ocon mengangkat trofi juara ketiga di GP Monako 2023. (twitter.com/Formula 1)

Yang keenam adalah Esteban Ocon. Ia memulai balapan GP Monako 2023 dari posisi ketiga dan pulang dengan finis ketiga, satu-satunya podium pada 2023. Keberhasilannya ini membuat dirinya meraih gelar Driver of the Day. Ia menjadi pembalap Prancis pertama yang meraih podium di GP Monako sejak Olivier Panis menjuarai GP Monako 1996.

Terkait koleksi podium pribadinya, Esteban Ocon sejauh ini baru tiga kali naik podium di Formula 1. Yang pertama terjadi ketika finis kedua di GP Sakhir 2020. Lalu, di GP Hungaria 2021, ia meraih kemenangan perdananya di Formula 1. Dengan koleksi tiga podium, ia sejajar dengan beberapa pembalap yang lebih dulu mengoleksi tiga podium, di antaranya Alexander Wurz, Timo Glock, Daniil Kvyat, dan Lance Stroll.

7. George Russell meraih lebih sedikit podium dari Lewis Hamilton

11 Pembalap yang Berhasil Naik Podium sepanjang Formula 1 2023George Russell mengangkat trofi juara ketiga di GP Spanyol 2023. (mercedesamgf1.com)

Rekan Lewis Hamilton, George Russell, menjalani musim keduanya bersama Mercedes dengan hasil kurang memuaskan. Sebagai pengingat, pembalap Inggris ini meraih delapan podium pada musim perdananya bersama Mercedes pada 2022. Salah satunya yang sangat fenomenal ialah podium kemenangan pertama di GP Brasil 2022, sedangkan sisanya adalah 1 podium kedua dan 6 podium ketiga.

Pada 2023, Russell hanya sanggup naik podium dua kali. Rinciannya ialah dua podium ketiga di GP Spanyol 2023 dan GP Abu Dhabi 2023. Tambahan dua podium ini membuat Russell mengoleksi sebelas podium sejauh ini, sejajar dengan Chris Amon, Patrick Tambay, dan Jarno Trulli.

8. Lando Norris menyamai jumlah podium Gilles Villeneuve

11 Pembalap yang Berhasil Naik Podium sepanjang Formula 1 2023Lando Norris mengangkat trofi juara kedua di GP Inggris 2023. (twitter.com/Lando Norris)

Pembalap Inggris selanjutnya adalah Lando Norris. Ia berhasil meraih tujuh podium sepanjang 2023. Rinciannya adalah:

  • podium kedua: GP Inggris, GP Hungaria, GP Singapura, GP Jepang, GP Amerika Serikat, dan GP Brasil
  • podium ketiga: GP Qatar.

Khusus di GP Amerika Serikat 2023, ia sejatinya finis ketiga. Namun, karena Lewis Hamilton yang berada di podium kedua didiskualifikasi setelah seremoni podium usai, posisi finis Norris naik ke posisi kedua. Dengan tambahan tujuh podium pada 2023, ia kini mengoleksi 13 podium, sejajar dengan beberapa pembalap, seperti Gilles Villeneuve dan Nick Heidfeld.

9. Pierre Gasly beri Alpine podium yang kedua pada 2023, menyusul Esteban Ocon

11 Pembalap yang Berhasil Naik Podium sepanjang Formula 1 2023Pierre Gasly mengangkat trofi juara ketiga di GP Belanda 2023. (twitter.com/BWT Alpine F1 Team)

Rekan satu tim Esteban Ocon, Pierre Gasly, juga berhasil naik podium pada 2023. Sayangnya, seperti rekannya, ia juga sanggup meraih satu podium saja. Ini terjadi di GP Belanda 2023 ketika finis di podium ketiga.

Secara total, Pierre Gasly sudah mengoleksi empat podium. Sebelumnya, ia finis kedua di GP Brasil 2019, menang di GP Italia 2020, dan finis ketiga di GP Azerbaijan 2021. Ia sejajar dengan beberapa pembalap yang pernah naik podium empat kali, salah satunya adalah Heikki Kovalainen.

10. Carlos Sainz menerima satu trofi di luar podium

11 Pembalap yang Berhasil Naik Podium sepanjang Formula 1 2023Carlos Sainz memegang trofi kemenangan GP Singapura 2023. (ferrari.com)

Pembalap kedua Ferrari, Carlos Sainz, finis di posisi tiga besar sebanyak tiga kali sepanjang 2023. Salah satunya ialah satu-satunya kemenangan Ferrari musim 2023 di GP Singapura untuk memutus kemenangan beruntun Max Verstappen dan Red Bull. Dua sisanya adalah finis ketiga di GP Italia 2023 dan GP Amerika Serikat 2023. Khusus di GP Amerika Serikat 2023, ia sejatinya finis keempat, tetapi ia berhak naik ke posisi ketiga setelah seremoni podium usai karena Lewis Hamilton didiskualifikasi dari podium kedua.

Sebagai perbandingan, Sainz sanggup meraih 9 podium selama 2022, terdiri dari 1 podium pertama, 3 podium kedua, dan 5 podium ketiga. Tentu, kita semua ingat bahwa satu-satunya kemenangan Sainz pada 2022 di GP Inggris ialah kemenangan perdananya di Formula 1. Secara total, Carlos Sainz sudah mengoleksi 18 podium, sejajar dengan Mike Hawthorn dan Heinz-Harald Frentzen.

11. Oscar Piastri meraih dua podium pada musim pertama di F1

11 Pembalap yang Berhasil Naik Podium sepanjang Formula 1 2023Oscar Piastri mengangkat trofi juara ketiga di GP Jepang 2023. (formula1.com)

Yang terakhir ialah Oscar Piastri, rookie terbaik musim 2023. Ia berhasil naik podium dua kali pada musim perdananya di Formula 1. Rinciannya ialah podium ketiga di GP Jepang 2023 dan podium kedua di GP Qatar 2023.

Oscar Piastri kini sejajar dengan salah satu pembalap aktif, Alexander Albon, yang juga mengoleksi dua podium. Ia menjadi pembalap ke-6 asal Australia yang berhasil naik podium di Formula 1. Lima pembalap sebelumnya ialah Jack Brabham, Tim Schenken, Alan Jones, Mark Webber, dan Daniel Ricciardo.

Kesebelas pembalap di atas berasal dari tim yang menempati enam posisi teratas di klasemen akhir konstruktor. Fernando Alonso menjadi satu-satunya perwakilan Aston Martin di atas podium sepanjang 2023.

Baca Juga: Alexander Albon Nilai Musim 2022 Jadi Tahun Terbaiknya di Formula 1

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Go Racing!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya