5 Pembalap Formula 1 dengan Rekor Finis Podium Beruntun Terbanyak

Peringkat 1 bisa saja berganti sebelum musim 2023 berakhir

Max Verstappen baru saja meraih 13 podium beruntun di Formula 1 dengan menjuarai GP Belgia 2023. Ini tentu membuatnya masuk daftar peraih podium beruntun terbanyak dalam sejarah Formula 1 hingga sejauh ini.

Lalu, siapa saja yang masuk dalam peringkat lima besar peraih podium beruntun terbanyak dan di mana posisi Max Verstappen? Berikut ini adalah deretan namanya.

1. Michael Schumacher

5 Pembalap Formula 1 dengan Rekor Finis Podium Beruntun TerbanyakMichael Schumacher (tengah) menjuarai GP Australia 2002 dengan Juan Pablo Montoya (kiri) di podium kedua dan Kimi Raikkonen (kanan) di podium ketiga. (twitter.com/Formula 1)

Sang legenda peraih tujuh gelar juara dunia, Michael Schumacher, masih memuncaki daftar rekor finis di atas podium secara beruntun terbanyak. Pembalap Jerman ini berhasil naik podium dalam 19 balapan beruntun dari GP Amerika Serikat 2001 hingga GP Jepang 2002. Rinciannya adalah ia naik podium di dua balapan terakhir 2001 dan selalu naik podium dalam 17 balapan 2002. Lebih spesifik lagi, sebanyak 19 podium tersebut terdiri dari 12 podium pertama, 6 podium kedua, dan 1 podium ketiga.

Ada empat podium yang cukup mengesankan. Michael Schumacher meraih podium ke-100 di Formula 1 dengan memenangi GP Brasil 2002. Ia meraih grand slam pertamanya bersama Ferrari di GP Inggris 2002. Lalu, ia menjuarai GP Prancis 2002 sekaligus mengunci gelar juara dunia kelima meski musim 2002 masih menyisakan enam balapan. Di balapan berikutnya, ia menjadi pemenang di tanah kelahirannya di GP Jerman 2002.

2. Lewis Hamilton

5 Pembalap Formula 1 dengan Rekor Finis Podium Beruntun TerbanyakLewis Hamilton menjuarai GP Singapura 2014. (fia.com)

Menyusul Michael Schumacher, peraih tujuh gelar juara dunia lainnya yang juga masuk dalam rekor finis podium beruntun terbanyak adalah Lewis Hamilton. Sayangnya, pembalap Inggris ini mencatatkan tiga podium beruntun lebih sedikit, yakni 16 podium. Ia meraihnya dari GP Italia 2014 hingga GP Inggris 2015. Rinciannya adalah 11 podium pertama, 4 podium kedua, dan 1 podium ketiga.

Dari semuanya, ada tiga podium yang tampaknya paling berkesan untuk dirinya. Lewis Hamilton menjadi pembalap pertama yang memenangi GP Rusia perdana di Formula 1 pada 2014. Lalu, ia menjuarai balapan penutup musim 2014, yaitu GP Abu Dhabi untuk mengklaim gelar juara dunia keduanya dan yang pertama bersama Mercedes. Yang ketiga adalah kemenangan GP Inggris 2015 yang merupakan kemenangan ketiga di tanah kelahirannya.

Baca Juga: Christian Horner Tanggapi Peluang Lewis Hamilton Gabung ke Red Bull

3. Fernando Alonso

5 Pembalap Formula 1 dengan Rekor Finis Podium Beruntun TerbanyakSambil melambaikan tangan, Fernando Alonso memegang trofi kemenangan GP Spanyol 2006. (formula1.com)

Ada peraih dua gelar juara dunia yang juga masuk dalam daftar ini, yaitu Fernando Alonso. Ia meraih 15 podium secara beruntun pada masa kejayaannya bersama Renault dari GP Turki 2005 hingga GP Kanada 2006. Ia meraih podium di 6 balapan terakhir 2005 dan 9 balapan awal 2006.

Seluruh 15 podium tersebut terdiri dari 7 kemenangan, 6 podium kedua, dan 2 podium ketiga. Podium yang tampaknya paling diingat adalah podium ketiga di GP Brasil 2005 yang mengantarkannya menjadi juara dunia untuk pertama kalinya sekaligus yang termuda saat itu. Lalu, untuk pertama kalinya, ia meraih kemenangan di tanah kelahirannya, yakni di GP Spanyol 2006. Alonso juga berhasil menjuarai salah satu balapan legendaris, yakni GP Monako pada 2006.

4. Max Verstappen

5 Pembalap Formula 1 dengan Rekor Finis Podium Beruntun TerbanyakMax Verstappen menjuarai GP Abu Dhabi 2022 sekaligus meraih kemenangan ke-15 musim ini. (fia.com)

Yang keempat adalah Max Verstappen. Pembalap Belanda ini baru saja meraih 13 kali finis di atas podium secara berturut-turut setelah memenangi GP Belgia 2023. Perjalanan 13 podium beruntun ini dimulai sejak ia menjuarai GP Abu Dhabi 2022.

Dari total 13 podium tersebut, sebanyak 11 di antaranya adalah kemenangan, sedangkan dua sisanya adalah podium kedua. Menariknya, ia berhasil meraih delapan kemenangan beruntun dari GP Miami 2023 hingga GP Belgia 2023. Untuk Red Bull, ia mempersembahkan kemenangan ke-100 untuk timnya di GP Kanada 2023 serta berkontribusi pada rekor kemenangan di 12 balapan pembuka musim dari GP Bahrain hingga GP Belgia musim ini dengan dua kemenangan di antaranya diberikan oleh Sergio Perez.

5. Sebastian Vettel

5 Pembalap Formula 1 dengan Rekor Finis Podium Beruntun TerbanyakSebastian Vettel melakukan selebrasi sebagai juara pertama GP Amerika 2013. (fia.com)

Sebelum Max Verstappen, pembalap Red Bull yang lebih dulu meraih rentetan podium terbanyak adalah Sebastian Vettel. Pembalap Jerman ini pernah 2 kali meraih 11 podium berturut-turut. Yang terakhir terjadi pada 2013 dari GP Jerman hingga GP Brasil. Sebanyak 10 dari 11 podium tersebut adalah kemenangan, sedangkan satu sisanya adalah podium ketiga.

Lalu, dari 11 podium tersebut, Vettel meraih Sembilan kemenangan beruntun dari GP Belgia hingga GP Brasil, rekor kemenangan beruntun terbanyak hingga saat ini. Sama seperti Michael Schumacher, ia juga menjuarai balapan di tanah kelahirannya di GP Jerman 2013. Menariknya, ia mencetak grand slam di GP Singapura 2013 dan GP Korea 2013, serta meraih gelar juara dunia keempatnya dengan memenangi GP India 2013.

 

Max Verstappen hanya berselisih enam podium dari Michael Schumacher yang sudah berada di puncak lebih dari 20 tahun. Dengan musim 2023 yang tersisa 10 balapan serta performa dirinya dan Red Bull yang sedang di atas angin, Max Verstappen berpeluang sangat besar untuk merebut mahkota peraih podium beruntun terbanyak dari Michael Schumacher sebelum musim 2023 berakhir.

Baca Juga: Max Verstappen Sejajar dengan Vettel setelah Menang di Miami

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya