Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Gelaran MotoGP 2020, Penuh Kejutan dan Anomali!

Ada catatan soal Rossi, Marquez, dan Quartararo juga

Jakarta, IDN Times - Balapan MotoGP Portugal yang digelar di Algarve International CIrcuit, Minggu (22/11/2020) malam, jadi penutup gelaran MotoGP musim ini. Banyak yang menyebut musim ini sangat anomali karena kejutan-kejutan yang terjadi.

Kejutan terbesar adalah munculnya Joan Mir dari Tim Suzuki Ecstar yang merebut gelar juara MotoGP 2020. Joan Mir bahkan telah menyegel gelar juara sejak gelaran GP Valencia pada 15 November. 

Menariknya, Joan Mir berhasil menjuarai MotoGP hanya dengan berbekal satu kemenangan saja. Sisanya, ia konsisten menduduki podium selama tujuh kali dari 14 sesi balapan MotoGP 2020 ini. Pencapaian yang fenomenal bagi pembalap asal Spanyol itu.

Selain itu performa Suzuki sepanjang musim ini juga menjadi kejutan lain. Nah, berikut beberapa fakta menarik dari ajang MotoGP 2020.

1. Pembalap tim satelit berjaya

5 Fakta Menarik Gelaran MotoGP 2020, Penuh Kejutan dan Anomali!Franco Morbidelli. (motogp.com).

Musim MotoGP 2020 tampaknya menjadi musim bagi para pembalap tim satelit. Nama-nama seperti Fabio Quartararo, Miguel Oliveira, Takaaki Nakagami, Jack Miller, dan Franco Morbidelli menyeruak ke permukaan.

Total, dari 14 seri balapan, para pebalap dari tim satelit berhasil memenangi delapan seri. Morbidelli dan Quartararo jadi yang plaing sukses dengan meraih kemenangan tiga seri, .

Menariknya, dalam sesi balapan GP Portugal, podium balap diisi oleh pebalap dari tim-tim satelit. Ada nama Morbidelli di posisi ketiga, disusul Miller di posisi kedua. Sedangkan di posisi teratas, ada nama Oliveira.

Posisi 10 besar klasemen akhir pembalap MotoGP juga banyak dihiasi pembalap satelit. Sebut saja Quartararo yang duduk di posisi delapan, Oliveira di posisi sembilan, Nakagami di posisi 10, Miller di posisi tujuh, dan Morbidelli di posisi runner-up.

Baca Juga: Joan Mir Lebih Baik dari Valentino Rossi dan Marc Marquez di MotoGP

2. Banyak sesi balapan yang ditunda karena pandemik COVID-19

5 Fakta Menarik Gelaran MotoGP 2020, Penuh Kejutan dan Anomali!motogp.com

Sejatinya, gelaran MotoGP 2020 mempertandingkan 26 seri, termasuk seri GP Finlandia yang rencananya akan diperkenalkan kembali. Namun, apa daya, rencana tinggallah rencana.

Secara total 12 seri dibatalkan akibat pandemik COVID-19 yang melanda dunia. Beberapa pembalap pun terkena dampak pandemik. Salah satunya Valentino Rossi. Pembalap asal Italia itu sempat terpapar COVID-19.

Alhasil, balapan musim ini cuma digelar sebanyak 14 kali saja, mulai dari Juli 2020 hingga November 2020. Gelaran balap juga lebih banyak digelar di Eropa, dengan tujuan agar para pebalap tidak perlu bepergian keliling dunia di tengah pandemik ini.

Baca Juga: Rossi Masih Positif COVID-19, Yamaha Siapkan Pembalap Pengganti

3. Kesialan Quartararo dan Marquez

5 Fakta Menarik Gelaran MotoGP 2020, Penuh Kejutan dan Anomali!Twitter.com/MotoGP

Ada dua nama yang terkena nasib sial dalam ajang MotoGP 2020 ini. Mereka adalah Marc Marquez dari Repsol Honda dan Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha.

Marquez menghadapi MotoGP 2020 dengan status mereka sebagai juara bertahan. Nahas, crash yang ia alami di Jerez membuatnya terkena cedera parah. Ia bahkan harus menjalani operasi sebanyak dua kali.

Alhasil, Marquez gagal mengejar sisa musim ini. Ia juga diprediksi tidak bisa tampil di MotoGP 2021 karena harus melewati operasi tahap ketiga. Khusus musim ini, ia gagal bersaing untuk meraih titel MotoGP kelima secara beruntun.

Sedangkan Quartararo, sejatinya ia pernah memuncaki klasemen pebalap MotoGP 2020 dalam waktu lama. Namun, posisinya melorot drastis karena ia cuma mengumpulkan 21 poin dari enam seri balapan terakhir MotoGP.

4. Ducati juara konstruktor MotoGP 2020

5 Fakta Menarik Gelaran MotoGP 2020, Penuh Kejutan dan Anomali!motogp.com

Ada berkah yang didapat Ducati di ajang MotoGP 2020 ini. Meski pembalapnya gagal meraih gelar, mereka sukses menyabet gelar konstruktor terbaik untuk ajang MotoGP 2020.

Gelar ini sukses mereka dapat setelah pembalap Pramac Ducati, Miller, finis di posisi kedua dalam gelaran GP Portugal. Ducati berhasil mendapatkan tambahan 20 poin. Alhasil, mereka sukses mengumpulkan 221 poin dan finis di posisi pertama.

Di posisi kedua ada Yamaha yang mengumpulkan 204 poin. Sedangkan Suzuki, mereka harus puas duduk di peringkat ketiga dengan raihan 202 poin. Meski pembalap mereka, Joan Mir, sukses menyabet gelar, kegagalan Mir masuk podium membuat poin Suzuki tidak bertambah.

Lalu ke mana Honda? Mereka terjun ke posisi lima dengan raihan 144 poin. Mereka bahkan kalah dari KTM yang sukses mendulang 200 poin.

5. Bagaimana nasib Valentino Rossi?

5 Fakta Menarik Gelaran MotoGP 2020, Penuh Kejutan dan Anomali!motogp.com

Saat pembalap-pembalap tim satelit berjaya, Rossi mengalami nasib yang kurang mujur. Mirip-mirip Marquez dan Quartararo, banyak hal negatif yang Rossi alami selama 2020.

Ia pernah terjangkit COVID-19, sehingga membuatnya harus absen di GP Aragon dan Teruel. Ia juga kerap mengeluhkan performa mesin Yamaha yang menurutnya kurang maksimal.

Satu-satunya hal positif yang Rossi catatkan musim ini adalah keberhasilannya naik podium ketiga di GP Andalusia. Itu adalah podiumnya yang ke-199 selama menjalani balapan di MotoGP.

Baca Juga: Ada Joan Mir, Ini 7 Pembalap MotoGP  Berstatus Juara Dunia Termuda

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya