750 Peserta Ramaikan Kejurnas ASKI 2024 di Jakarta

ASKI gelar Kejurnas di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Akademi Seni beladiri Karate Indonesia (ASKI) menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) kedelapan pada 2024. Kejurnas kali ini memperebutkan piagam Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

Berdasarkan jadwal, Kejurnas ASKI ini berlangsung selama dua hari, yakni 4 sampai 5 Mei 2024 di Gelanggang Olahraga Jakarta Timur. Sebanyak 750 atlet dari 19 Pengurus Provinsi (Pengprov) turut ambil bagian dalam event ini.

1. Bagian dari pengembangan ASKI

750 Peserta Ramaikan Kejurnas ASKI 2024 di JakartaKejurnas ASKI 2024 di Jakarta. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ketua Panitia Kejurnas ASKI 2024, Sutrisno Iwantono, mengatakan bahwa digelarnya Kejurnas ASKI ini merupakan bagian dari pengembangan ASKI ke depan. Hal itu sesuai tema yang diangkat, yakni Kebangkitan ASKI Menuju World Class Karate.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan prestasi para karateka ASKI. Bukan saja di nasional, tetapi juga mampu melahirkan karateka berkelas dunia, serta merupakan persiapan menghadapj berbagai agenda kejuaraan pada 2024 ataupun 2025," ujar Sutrisno di Jakarta, Sabtu (4/5/2024).

Baca Juga: Inkanas Raih Emas di World Karate Federation Youth League

2. Ada seminar dan latihan bersama Seizo Izumiya

750 Peserta Ramaikan Kejurnas ASKI 2024 di JakartaKejurnas ASKI 2024 di Jakarta. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dalam rangkaian Kejurnas ASKI 2024, ASKI mengadakan seminar nasional menghadirkan Senior Managing Director Japan Karate Association Head Quarters (JKA-HQ) World Federation, Seizo Izumiya, Jumat (3/5/2024).

Seminar nasional ini dihelat di Gelanggang Remaja Jakarta Timur. Pemegang DAN 8 JKA itu memberikan kesempatan kepada tokoh karate perguruan Shotokan untuk berdiskusi dan melakukan latihan bersama.

Ketua Dewan Guru ASKI, Ucok Marisi Sihotang menjelaskan, beberapa target yang ingin disasar ASKI dengan kehadiran Izumiya adalah mensosialisasikan posisi ASKI sebagai organisasi yang berafiliasi ke JKA WF.

“Kami juga ingin meningkatkan kualitas teknik karateka ASKI, memperkuat tali silaturahmi antara perguruan-perguruan beraliran Shotokan di Indonesia. Lewat hadirnya Izumiya Shihan, ASKI ingin memposisikan diri sejajar dengan perguruan-perguruan besar karate lainnya di Indonesia,” ungkap Ucok.

Baca Juga: Misi Karate Kembalikan Tradisi Emas di PON 2024

3. Apa saja yang dipertandingkan dalam Kejurnas ASKI ini?

750 Peserta Ramaikan Kejurnas ASKI 2024 di JakartaKejurnas ASKI 2024 di Jakarta. (Dok. ASKI)

Kejurnas ASKI 2024 mempertandingkan dua kelas, yaitu kata dan kumite. Ada dua kategori juga yang diikuti oleh ke-750 peserta ini, yaitu perorangan maupun beregu, dimulai dari kelas pra usia dini sampai kelas senior.

Nantinya, ASKI bakal memberangkatkan empat orang pemenang dari Kejurnas ASKI 2024 ini ke Kejuaraan Dunia Gichin Funakoshi Cup di Tokyo, Oktober 2024. Jadi, dua juara dari kelas kata dan kumite akan berangkat ke Jepang.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya