Ajang Reuni, South East Asia Tournament Diikuti Semua Kalangan

Ada 12 tim yang mengikuti ajang ini

Jakarta, IDN Times - Kejuaraan After Hour South East Asia Tournament 2023 resmi dibuka di Jakarta. Ajang ini akan dihelat pada 28 hingga 30 Juli 2023 di Stadion Baseball Gelora Bung Karno (GBK).

South East Asia Tournament sendiri memainkan olahraga slow pitch, yang merupakan cabang dari baseball dan softball. Direktur After South East Asia Tournament 2023, Ali Pasha, menyebut bahwa olahraga ini bisa dimainkan semua kalangan.

"Olahraga ini rata-rata dimainkan oleh mantan-mantan atlet sampai sebenarnya newbie pun bisa memainkan ini karena dia lebih firendly lah lebih mudah,” ujar Ali kepada para jurnalis, Jumat (28/7/2023).

1. Bangkit lagi setelah pandemik COVID-19

Ajang Reuni, South East Asia Tournament Diikuti Semua KalanganAjang After Hour South East Asia Tournament. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ali menyebut, ajang After Hour South East Asia Tournament 2023 ini merupakan titik kebangkitan. Selama tiga tahun terakhir, ajang ini sempat mati dan akhirnya kini bangkit lagi dan bisa digelar di Jakarta.

"Memang perkembangannya sendiri saat ini pada saat pandemi itu tiba-tiba olahraga slow pitch ini jadi booming. Sampai saat ini mungkin komunitas slow pitch ada 20-30 an. Bahkan, perkembangan slow pitch di Indoensia intens dan cukup signifikan,” ujar Ali.

Baca Juga: Lepas Tim Baseball Putri ke Piala Asia, Ini Pesan Menpora

2. Tidak menyajikan hadiah uang, tapi jadi ajang reuni

Ajang Reuni, South East Asia Tournament Diikuti Semua KalanganAjang After South East Asia Tournament. (Dok. After Hour)

Uniknya, turnamen After Hour South East Asia Tournament 2023 ini tidak menyajikan hadiah uang. Ali berkata, ajang ini menyajikan hadiah piala bergilir dan menjadi ajang reuni bagi para pegiat olahraga slow pitch di Asia Tenggara.

"Kompetisi ini hadiahnya bukan dalam bentuk uang, hanya berbentuk piala bergilir dan piala tetap. Jadi ini adalah turnamen yang bisa kita bilang rutin dilakukan dan menjadi ajang reunian buat penggiat olahraga slow pitch khususnya di Asia Tenggara,” ujar Ali.

3. Diikuti oleh 12 tim dari dalam dan luar negeri

Ajang Reuni, South East Asia Tournament Diikuti Semua KalanganAjang After Hour South East Asia Tournament. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Turnamen After Hour South East Asia Tournament 2023 ini diikuti oleh 12 tim. Rinciannya, 10 tim berasal dari Indonesia yang tersebar di Jakarta, Banten, Bandung, dan Yogyakarta, plus dua tim yang berasal dari luar negeri.

Daftar tim lokal di ajang ini adalah After Hour, Gorgeous, Wild Gecko, PARTHA, Rubberducks, Fielders, Doberman, Bumi Asri, Lorenz, dan Los Animales. Sedangkan tim manca negara terdiri dari Guzzler International dan Angry Dragons.

Turnamen After Hour South East Asia Tournament 2023 ini akan menggelar 36 laga hingga Minggu (30/7/2023). Setiap tim sedikitnya akan memainkan enam game, di mana setiap harinya rata-rata mereka memainkan dua sampai tiga pertandingan.

Baca Juga: 5 Perbedaan Softball dan Baseball, Bukan Hanya Durasi Permainan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya