5 Perbedaan Softball dan Baseball, Bukan Hanya Durasi Permainan

Mulai dari ukuran lapangan hingga aturan permainan

Tak hanya kasti, permainan bola kecil yang banyak diminati adalah softball alias sofbol. Hanya saja, tak sedikit yang menyamakan olahraga ini dengan baseball atau bisbol. Padahal, perbedaan softball dan baseball cukup kentara.

Bila dilihat dari segi permainan, softball dan baseball memang menerapkan teknik dasar yang sama, yaitu terdiri dari teknik melempar, menangkap, memukul, dan berlari. Bentuk lapangan yang digunakan pun juga mirip.

Namun, bila diperhatikan lebih jeli, perbedaan softball dan baseball ini mencakup faktor lain, seperti peralatan yang digunakan. Lantas, apa saja perbedaan mendasar kedua olahraga ini? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Baca Juga: 6 Perbedaan Softball dan Kasti yang Jarang Diketahui

1. Durasi pertandingan

5 Perbedaan Softball dan Baseball, Bukan Hanya Durasi PermainanPerbedaan softball dan baseball berdasarkan durasi pertandingan (freepik.com)

Perbedaan softball dan baseball selanjutnya adalah durasi permainan. Dalam praktiknya, olahraga softball dimainkan dalam tujuh babak atau inning. Meski begitu, pertandingan bisa diakhiri lebih cepat dengan ketentuan tertentu.

Sebaliknya, durasi pertandingan permainan baseball terbilang lebih panjang, yaitu sembilan babak. Durasi permainan ini pun dapat diperpanjang bila hasil kedua regu seri.

2. Ukuran lapangan

5 Perbedaan Softball dan Baseball, Bukan Hanya Durasi PermainanPerbedaan softball dan baseball berdasarkan ukuran lapangan (freepik.com)

Salah satu perbedaan softball dan baseball adalah ukuran lapangan. Berbentuk bujur sangkar, lapangan softball dibagi menjadi dua daerah fair dan daerah foul. Adapun daerah fair alias daerah permainan terdiri dari dua bagian, yaitu daerah in field dan out field.

Tak hanya itu, panjang lapangan softball mencapai 16,76 hingga 18,29 meter. Jarak dari marka pelari (home base) ke posisi pelempar (pitcher) adalah 13,07 meter.

Di lain pihak, jarak antara base di lapangan baseball terbilang lebih jauh, yaitu 27,432 meter atau 90 kaki. Sementara jarak dari home base dan pitcher plate adalah 18,45 meter.

Baca Juga: 3 Teknik Melempar Bola Softball yang Penting Dipelajari

3. Berat bola

5 Perbedaan Softball dan Baseball, Bukan Hanya Durasi PermainanPerbedaan softball dan baseball berdasarkan berat bola (freepik.com)

Faktor yang mempengaruhi perbedaan softball dan baseball selanjutnya adalah ukuran dan berat bola. Diameter bola softball berukuran antara 30–31 cm dengan berat mencapai 180–200 gram.

Karena berukuran lebih kecil dan lebih ringan, bola baseball tentunya berdiameter kurang dari bola softball. Secara umum, bola baseball dibentuk dengan diameter 23,5 cm dan berat 178 gram.

4. Alat pukul

5 Perbedaan Softball dan Baseball, Bukan Hanya Durasi PermainanPerbedaan softball dan baseball berdasarkan alat pukul (freepik.com)

Selain bola, peralatan lain yang menjadi perbedaan softball dan baseball selanjutnya adalah alat pukul alias bat. Dalam permainan softball, alat pemukul yang digunakan berukuran lebih panjang dibandingkan alat pemukul baseball.

Berdasarkan usia pemain, alat pemukul softball memiliki ukuran panjang 28–34 inci. Sementara alat pemukul baseball dibentuk sepanjang 24–33 inci sesuai usia pemain.

5. Aturan permainan

5 Perbedaan Softball dan Baseball, Bukan Hanya Durasi PermainanPerbedaan softball dan baseball berdasarkan aturan permainan (pexels.com/pixabay)

Dari segi aturan permainan, perbedaan softball dan baseball mencakup aturan perpindahan pemain dari base. Dalam permainan softball, regu pelari dilarang meninggalkan base. Pasalnya, jarak antar base terlalu dekat.

Sementara dalam permainan baseball, terdapat aturan stealing base yang memungkinkan pelari tengah untuk meninggalkan base sejauh 3 langkah. Begitu bola terlempar dari pitcher, pelari dapat langsung menuju base selanjutnya.

Itulah lima perbedaan softball dan baseball yang mencakup aturan permainan dan peralatan yang digunakan. Meski begitu, keduanya termasuk permainan bola kecil yang tak hanya menyehatkan tapi juga menghibur.

Baca Juga: 6 Perbedaan Kasti dan Rounders yang Utama, Salah Satunya Durasi Main

Topik:

  • Bella Manoban
  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya