Comscore Tracker

Antusiasme Hiasi Ajang Asia Rugby Sevens Trophy 2022 di Jakarta

Asia Rugby Sevens Trophy dihelat di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Indonesia kembali menjadi tuan rumah ajang olahraga internasional bertajuk Asia Rugby Sevens Trophy. Ajang ini berlangsung pada 6-7 Agustus 2022 di Rugby Pitch, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

President Asia Rugby, Qais Abdulla Al Dhalai, mengatakan, turnamen tersebut merupakan ajang terbesar dalam sejarah Asia dengan diikuti oleh 19 tim. Rinciannya, ada 12 tim putra dan 7 tim putri yang turut berpartisipasi.

"Ini adalah salah satu acara terbesar dalam sejarah Asia, kami belum pernah memiliki 19 tim dalam satu acara. Kami berharap, dua hari itu akan menjadi luar biasa," kata Qais dalam keterangan resminya.

1. Perkembangan rugby di Indonesia tuai pujian

Antusiasme Hiasi Ajang Asia Rugby Sevens Trophy 2022 di JakartaGelaran Asia Rugby Sevens Trophy di Indonesia. (Dok. PB PRUI)

Qais memuji perkembangan rugby di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Menurutnya, hal itu terlihat dari pertandingan pertama Timnas Putri Indonesia yang berhasil mengalahkan Nepal dengan skor telak 43-0.

"Rugby di Indonesia berkembang pesat, dan kami Asia Rugby mengikuti semua 36 negara di Asia, dan Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di Asia. Jadi, federasi melakukan pekerjaan dengan baik," ujar Qais.

Baca Juga: Kejurnas Rugby 2022 Sukses, Siap Menuju Ajang Internasional

Baca Juga: 6 Hal Unik Tentang Olahraga Rugby, Dianggap Kasar dan Penuh Benturan!

2. Indonesia kembali dipercaya sebagai tuan rumah ajang rugby internasional

Antusiasme Hiasi Ajang Asia Rugby Sevens Trophy 2022 di JakartaGelaran Asia Rugby Sevens Trophy di Indonesia. (Dok. PB PRUI)

Ketua Umum Pengurus Besar Rugby Union Indonesia (PB PRUI), Didik Mukriyanto, berterima kasih kepada Asia Rugby karena dapat kembali mempercayai Indonesia sebagai tuan rumah selama empat kali berturut-turut.

"Alhamdulillah Indonesia sudah 4 kali dipercaya untuk menyelenggarakan turnamen besar Asia Rugby. Ini turnamen rugby bergengsi dan menjadi turnamen terbesar di Asia, karena diikuti oleh tim yang banyak," kata Didik.

Didik mengaku, antusias dari masyarakat terbilang luar biasa menyambut ajang ini. Hal itu sejalan dengan prestasi Timnas rugby Indonesia yang juga apik. Pada hari pertama ajang ini, Timnas rugby putra dan putri Indonesia langsung unjuk gigi.

"Event di Asia ini, ada single event yang dilakukan Asia Rugby satu tahun sekali dan multievent baik SEA Games maupun Asian Games. Tentu kita ikhtiarkan Indonesia akan menjadi bagian itu semuanya," ujar Didik,

3. Timnas rugby Indonesia bersaing ketat dengan negara lain

Antusiasme Hiasi Ajang Asia Rugby Sevens Trophy 2022 di JakartaGelaran Asia Rugby Sevens Trophy di Indonesia. (Dok. PB PRUI)

Kapten Tim Rugby Putri Indonesia, Nadya Silvy Khoirunnisa, mengaku bahwa persaingan di ajang Asia Rugby Sevens Trophy terbilang ketat. Ada Singapura dan Guam yang menjadi ancaman. Namun, persiapan Indonesia untuk menghadapi mereka terbilang matang.

"Ada Singapura yang sudah di atas kami. Ada Guam juga yang sudah bermain rugby lebih dulu. Persiapan kami sudah matang. Kami menargetkan menjadi juara satu. Pada 2019 lalu kami juara tiga," ujar Nadya.

Adapun Asia Rugby Sevens Trophy 2022 diikuti 19 tim dari 16 negara di Asia. Tim putra Indonesia tergabung di Grup A bersama Singapura dan Brunei Darussalam, sedangkan tim putri berjuang dengan Singapura dan Nepal.

Baca Juga: Terduga Pembunuh Atlet Rugby Argentina Ditangkap di Hungaria

Baca Juga: 5 Fakta Ryley Batt, Atlet Rugby Kursi Roda Top dari Australia

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya