Batavia Demons Raih Prestasi di Kancah Internasional

Batavia Demons membawa harum Indonesia

Jakarta, IDN Times - Setelah menjuarai Indonesia Ice Hockey League (IIHL) City Vision 2022, Batavia Demons kembali menorehkan prestasi. Tidak tanggung-tanggung, mereka mencatakan prestasi di kancah internasional.

Batavia Demons sukses memenangkan turnamen level Asia bertajuk 'Land of Smiles Ice Hockey Classic' yang berlangsung di Thailand pada 1 sampai 5 November 2022. Kejuaraan hoki es ini telah memasuki tahun ke-16.

Tercatat, 38 tim yang berasal dari berbagai negara di Asia dan Eropa Timur berlaga di ajang internasional yang berlangsung sengit tersebut. Nah, Batavia Demons jadi salah satu tim yang turut serta di ajang ini.

1. Batavia Demons bersyukur atas raihan ini

Batavia Demons Raih Prestasi di Kancah InternasionalBatavia Demons raih prestasi di ajang internasional. (Dok. Batavia Demons)

Jonathan Sudharta, kapten tim Batavia Demons bersyukur atas pencapaian yang didapat timnya. Apalagi, di ajang ini, Batavia Demons sering melakoni laga sengit.

"Pertandingan berlangsung sengit karena peserta yang ikut berlaga merupakan klub jawara di negaranya masing-masing. Terlebih, banyak klub yang berasal dari negara dengan sepak terjang panjang di dunia hoki es,” ujar Jonathan dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Hoki/Kobayashi Resmi Gantikan Kevin/Marcus Jadi Ranking 1 Dunia

2. Kompetisi internasional pertama klub hoki es Indonesia

Batavia Demons Raih Prestasi di Kancah InternasionalPexels

Keikutsertaan Batavia Demons juga jadi kali pertama klub hoki es Indonesia ikut kompetisi internasional setelah pandemik COVID-19. Batavia Demons menyatakan optimismenya akan cabang olahraga hoki es nasional.

"Kemenangan ini bukan hanya prestasi untuk Batavia Demons, tetapi juga Indonesia. Kami membuktikan, tim yang berasal dari negara beriklim tropis sekalipun memiliki kemampuan hoki es mumpuni," ujar Jonathan.

3. Perjalanan Batavia Demons

Batavia Demons Raih Prestasi di Kancah InternasionalBatavia Demons raih prestasi di ajang internasional. (Dok. Batavia Demons)

Pada tahap penyisihan, Batavia Demons berhasil menaklukkan Hongkong Hitman, OT Lights Thailand, dan Ramas Thailand, hingga menjadi juara grup D. Di semifinal, mereka unggul 5-2 atas Tokyo Pirates asal Jepang.

Kemudian, pada partai final, Batavia Demons melawan Tatra Eagles asal Slovakia yang merupakan salah satu tim terkuat di turnamen ini. Pertandingan berlangsung sengit, sampai durasi pertandingan berakhir dengan skor imbang, 4-4.

Akhirnya, pemenang ditentukan melalui babak sudden-death overtime. Di babak ini, Batavia Demons melakukan pressure yang maksimal pada menit pertama, hingga pemain bernomor punggung 25, Eugene Lin berhasil mencetak gol.

Pada Maret 2023, tim Indonesia akan mengikuti kejuaraan hoki es dunia 'IIHF Ice Hockey World Championship' Divisi IV. Apiknya, banyak anggota tim Indonesia ini merupakan anggota dari klub Batavia Demons.

Baca Juga: Fajar Alfian Ganti Pasangan Sementara Jelang WTF, Ada Apa?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya