Cabutnya Marquez Jadi Berkah Buat Takaaki Nakagami

Saran Nakagami akan lebih didengarkan

Jakarta, IDN Times - Kepergian Marc Marquez memang jadi kejutan tersendiri bagi Honda. Namun, buat Takaaki Nakagami, hal ini bisa menjadi berkah. Suaranya bakal lebih didengar oleh pabrikan asal Jepang itu.

Nakagami mengaku perkembangan motor Honda sebelumnya berfokus pada pembalap asal Spanyol itu. Bahkan, tak jarang keputusan penting dibuat oleh Marquez untuk keberlangsungan Honda.

"Marc Marquez adalah salah satu pembalap top di MotoGP, juga Honda. Jadi, dia bisa memutuskan di masa lalu. Dia bisa memutuskan banyak hal di Honda. Mulai musim depan, dia akan melakukannya, tapi bukan di Honda," ujar Nakagami di Idemitsu Moto Lounge, Selasa (10/10/2023).

1. Nakagami sempat terkejut atas kepergian Marquez

Cabutnya Marquez Jadi Berkah Buat Takaaki NakagamiTakaaki Nakagami pada balapan GP Inggris 2022 (motogp.com)

Nakagami mengaku, selain Honda, dia juga terkejut atas kepergian mendadak Marquez dari Honda. Sebab, Marquez sudah memberikan dampak yang signifikan bagi Honda dalam 11 tahun terakhir.

"Beberapa hari yang lalu, semua orang mengetahui Marc Marquez akan meninggalkan Honda pada akhir musim ini, jadi ini berdampak besar bagi semua orang, juga bagi pihak kami, dan bagi keluarga Honda tentunya," ujar Nakagami.

Baca Juga: Pembalap Repsol Honda Joan Mir Berharap Hujan di Sirkuit Mandalika

2. Nakagami akan menentukan arah pengembangan motor

Cabutnya Marquez Jadi Berkah Buat Takaaki NakagamiTakaaki Nakagami (instagram.com/takanakagami)

Seiring dengan kepergian Marquez, Nakagami mengaku siap membantu arah pengembangan motor Honda. Sebab, dia jadi satu-satunya pembalap yang berpengalaman mengendarai RC213V, yakni selama enam tahun.

"Jadi, mungkin saya bisa berkomentar, atau membantu untuk perkembangannya. Karena, minimal enam tahun saya mengenal motor ini (RC213V), dan setiap tahunnya semuanya berubah dan berevolusi," ujar Nakagami.

Selain itu, Nakagami juga mengaku komunikasinya dengan para teknisi Honda juga bakal berjalan lancar. Banyak teknisi mereka yang berasal dari Jepang, sehingga masukan-masukan Nakagami akan lebih mudah dicerna.

"Semua teknisi Honda berasal dari Jepang. Jadi, saya bisa berbicara dalam bahasa tersebut. Saya bisa menjelaskan bagaimana perasaan saya terhadap motor baru, dan bagaimana beberapa saran untuk masa depan," kata Nakagami.

3. Marc Marquez kejutkan semua pihak

Cabutnya Marquez Jadi Berkah Buat Takaaki NakagamiPembalap dari Repsol Honda Marc Marquez melakukan selebrasi setelah berhasil menjuarai MotoGP Jerman 2021, di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Jerman, Minggu (20/6/2021). Ini merupakan podium pertama bagi Marquez setelah kembali dari cedera patah tulang lengan kanan yang dialaminya pada musim lalu dan posisi kedua dan ketiga ditempati Miguel Oliveira (KTM) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). ANTARA FOTO/Reuters-Matthias Rietschel.

Marquez mengejutkan banyak pihak pada 4 Oktober 2023 lalu. Dia resmi mengakhiri kerja sama dengan Honda, tim yang sudah dia bela selama 11 tahun, per musim 2024 kelak.

Kepergian The Baby Alien pun diprediksi akan memberi perubahan besar bagi Honda. Perubahan ini juga tentu bakal berlaku bagi Nakagami yang sudah hafal betul karakter dari motor RC213V.

Baca Juga: Tiba di Lombok, Marc Marquez Puji Mandalika Sangat Bagus

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya