Giliran Latvia Tiba di Jakarta Jelang Piala Dunia Basket 2023

Sayang, Latvia tidak diperkuat bintangnya

Jakarta, IDN Times - Latvia menjadi tim ketujuh yang tiba di Jakarta jelang Piala Dunia Basket 2023. Mereka menyusul Kanada, Pantai Gading, Brasil, Prancis, Iran, dan Spanyol, yang sudah tiba lebih dulu.

Delegasi Latvia berangkat dari Taiwan menuju Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, menggunakan maskapai China Airlines. Mereka pun mendarat pada Rabu (23/8/2023) pukul 13.30 WIB, tidak lama setelah Iran dan Spanyol.

1. Kristaps Porzingis tetap ikut

Giliran Latvia Tiba di Jakarta Jelang Piala Dunia Basket 2023Skuad Latvia untuk Piala Dunia Basket 2023. (dok. LOC Piala Dunia Basket 2023)

Walaupun tidak masuk ke dalam roster pemain yang berlaga di Piala Dunia Basket 2023, bintang Latvia, Kristaps Porzingis, ikut berada dalam rombongan. Bigman yang baru pindah ke Boston Celtics ini hadir untuk mendukung rekan-rekannya.

"Saya tidak sabar untuk turnamen yang luar biasa di depan kita. Sampai bertemu," kata Porzingis saat diminta menyampaikan salam kepada penggemarnya di Indonesia, selepas tiba di bandara.

Baca Juga: Prancis Tak Mau Sesumbar di Piala Dunia Basket 2023

2. Debut Latvia di Piala Dunia Basket

Giliran Latvia Tiba di Jakarta Jelang Piala Dunia Basket 2023Skuad Latvia untuk Piala Dunia Basket 2023. (dok. LOC Piala Dunia Basket 2023)

Latvia merupakan bagian dari Uni Soviet saat berlaga di Piala Dunia Basket dari 1950 sampai 1990. Setelah berpisah, Latvia belum pernah merasakan berlaga di Piala Dunia Basket.

Namun, setelah tujuh edisi menjadi penonton, Latvia akhirnya mencatatkan debut dengan tampil di Jakarta pada FIBA World Cup 2023. Latvia tergabung di Grup H yang merupakan grup maut bersama Kanada, Prancis, dan Lebanon.

3. Latvia sudah melakukan persiapan

Giliran Latvia Tiba di Jakarta Jelang Piala Dunia Basket 2023Piala Dunia Basket 2023. (Website/fiba.basketball)

Latvia sudah melakoni enam laga uji coba sebelum ke Jakarta. Hasilnya, Latvia menang lima kali, yaitu 87-77 atas Swedia, 82-57 kontra Georgia, 74-69 lawan Republik Dominika, 94-57 atas Finlandia, dan 84-72 atas Puerto Riko.

Satu-satunya kekalahan didapatkan dari LIthuania. Kekalahan ini mereka derita tepat sebelum terbang ke Jakarta, untuk melakoni gelaran Piala Dunia Basket 2023.

Berikut daftar 12 pemain Latvia untuk Piala Dunia Basket 2023

Rodions Kurucs (Forward)
Davis Bertans (Power Forward)
Dairis Bertans (Shooting Guard)
Rolands Smits (Power Forward)
Arturs Strautins (Small Forward)
Klavs Cavars (Center)
Aigars Skele (Guard)
Andrejs Grazulis (Power Forward)
Anzejs Pasecniks (Center)
Arturs Kurucs (Guard)
Arturs Zagars (Point guard)
Kristers Zoriks (point guard)

Pelatih: Luca Banchi

Baca Juga: Spanyol, Sang Juara Bertahan Piala Dunia Basket Tiba di Jakarta

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya