Ini Pemain Juara IBL 2023 di Timnas Basket Indonesia

Siapa saja para pemain tersebut?

Jakarta, IDN Times - Timnas Basket Indonesia sudah mengumumkan skuad untuk pra-kualifikasi Olimpiade 2024 Paris. Dari roster yang mereka umumkan, ada tiga pemain yang berstatus sebagai juara IBL 2023.

Ketiga pemain itu adalah Yudha Saputera, Reza Guntara, dan Pandu Wiguna. Mereka semua berasal dari satu tim yang sama, yakni Prawira Bandung, yang baru saja berhasil mengunci gelar IBL 2023 usai menumbangkan Pelita Jaya Jakarta.

Baca Juga: Ancaman Sanksi Menanti Klub IBL yang Masih Menunggak Gaji

1. Satria Muda tetap yang terbanyak

Ini Pemain Juara IBL 2023 di Timnas Basket IndonesiaGelaran IBL 2023. (iblindonesia.com)

Meski terhenti di babak semifinal, Satria Muda Jakarta tetap jadi tim yang menyumbang pemain terbanyak ke Timnas untuk pra-kualifikasi Olimpiade 2024. Mereka menyumbang empat pemain, yaitu Widyanta Putra Teja, Antoni Erga, Juan Laurent, dan Kelvin Sanjaya.

Sedangkan Prawira, mereka menyumbang tiga pemain. Pelita Jaya menyumbang dua pemain, RANS PIK menyumbang satu pemain, yakni Althof Dwira Satrio. Namun, peran para pemain Prawira begitu penting di Timnas nanti.

2. Sepenting apa peran dari pemain Prawira?

Ini Pemain Juara IBL 2023 di Timnas Basket IndonesiaPrawira Bandung di IBL 2023. (iblindonesia.com)

Menilik situasi di Timnas, tak bisa dimungkiri para pemain Prawira akan jadi sosok penting di pra-kualifikasi Olimpiade nanti. Menggantikan Andakara Prastawa yang cedera, Yudha akan jadi motor serangan tim.

Selama musim 2023, Yudha tampil apik. Dia mencatatkan rataan 13,3 poin per laga, 4,5 rebound per laga, dan 1,5 tembakan per laga sepanjang musim reguler. Di babak play-off, dia masih menonjol dengan rataan 14 poin per laga, lima rebound per laga, dan 1,7 tembakan per laga.

Sedangkan Reza, dia berstatus sebagai Defensive Player of the Year 2023, sekaligus MVP final IBL 2023. Dia mencetak rataan 7,7 poin per laga dan 6,5 rebound per laga sepanjang musim reguler, serta rataan 9,3 poin per laga dan 7,8 rebound per laga di play-off.

Hadirnya Pandu Wiguna di Timnas nanti juga jadi tambahan menarik. Didapuk sebagai pengganti Vincent Kosasih, Pandu dapat memberikan ketenangan lain di bawah keranjang. Dia mencetak rataan 4,1 poin per laga dan 3,5 rebound per laga.

Baca Juga: Reza Guntara, Tembok Kokoh Prawira Jadi MVP Final IBL 2023

3. Jadwal Timnas Basket Indonesia di pra-kualifikasi Olimpiade

Ini Pemain Juara IBL 2023 di Timnas Basket IndonesiaTimnas Basket Indonesia di tes event Piala Dunia Basket 2023. (Dok. IIBI)

Perbasi sudah mengumumkan 11 nama yang akan membela Indonesia di pra-kualifikasi Olimpiade 2024. Para pemain sudah bertolak ke Suriah pada 9 Agustus 2023 lalu. Pra-kualifikasi Olimpiade untuk zona Asia dibagi dua grup.

Timnas Basket Indonesia berada di Grup B bersama Suriah, Kazakhstan, dan Arab Saudi. Sementara di Grup A ada Korea Selatan, Taiwan, India, dan Bahrain. Pertandingan berlangsung pada 12 sampai 20 Agustus 2023.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya