Investasi di Balik Kekalahan Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup

Timnas Basket Indonesia berisikan banyak nama muda

Jakarta, IDN Times - Timnas Basket Indonesia mengawali Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 dengan buruk. Berlaga di Nimbutr Stadium, Kamis (22/2/2024) malam, skuad Merah Putih kalah 56-73.

Kendati tumbang, pelatih Timnas Basket Indonesia Milos Pejic agaknya tidak terlalu risau. Dia mengatakan, di balik kekalahan ini, ada investasi yang tengah dilakukan oleh federasi untuk Timnas Basket Indonesia ke depannya.

“Semoga dari investasi kita di tim nasional yang sekarang ini bisa muncul pemain-pemain yang kelak bisa menggantikan senior-senior mereka seperti Arki, Prastawa, Abraham, dan Jawato,” ujar Pejic dalam keterangan resminya.

1. Memetik pelajaran dari kekalahan ini

Investasi di Balik Kekalahan Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia CupTimnas Basket Indonesia di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. (Dok. FIBA)

Pejic juga mengatakan, para pemain Indonesia memaetik pelajaran dari pertandingan melawan Thailand. Mereka juga diharapkan ambil pengalaman dari laga ini karena memang tim yang diturunkan diisi pemain muda.

“Kita tahu bahwa pemain-pemain kita adalah pemain muda, dan kita melawan tim Thailand yang sudah bermain bersama hampir lima tahun. Dengan modal ini, Thailand menjadi salah satu tim di Asia Tenggara yang berpengalan dan kompak,” ungkap Pejic.

Baca Juga: Indonesia Gagal ke Piala Dunia Basket 2023, Pejic: Apakah realistis?

2. Apresiasi Pejic terhadap para pemain mudanya

Investasi di Balik Kekalahan Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia CupTimnas Basket Indonesia di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. (Dok. FIBA)

Meski menorehkan kekalahan, Pejic sendiri mengapresiasi etos kerja yang ditunjukkan oleh para pemainnya ini. Mereka tidak pernah kehabisan semangat sepanjang pertandingan.

“Satu hal yang positif di game melawan Thailand, anak-anak ini tetap semangat meski tertinggal jauh dan beberapa momen mereka mampu menjalankan instruksi dengan baik,” ungkap Pejic.

Baca Juga: Aroma Muda Timnas Basket Indonesia Menuju FIBA Asia Cup 2025

3. Usai Thailand, Indonesia sudah ditunggu Australia

Investasi di Balik Kekalahan Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia CupTimnas Basket Indonesia di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. (Dok. FIBA)

Untuk pertandingan selanjutnya melawan Australia, Pejic sadar bahwa ini bukan laga mudah. Australia adalah salah satu tim kuat di Asia dan dunia. Laga ini akan jadi momen pembelajaran lain bagi para pemain Timnas Basket Indonesia.

“Jadi saat lawan Australia, kita akan menghadapi sebuah tim yang sangat dominan baik secara tim, fisik, dan fundamental bermain basket. Ini adalah kesempatan bagus buat anak-anak untuk menghadapi top tim di level internasional,” ujar Pejic.

Australia memang bukan lawan kaleng-kaleng. Terbaru, mereka berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 85-71. Mereka juga yang sukses memberikan luka bagi Timnas Basket Indonesia dalam laga FIBA Asia Cup 2022.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya