Jadwal Tes Event Piala Dunia Basket 2023 Berubah, Sesuaikan Suriah

Suriah baru datang hari ini di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Panitia Pelaksana (Panpel) tes event Piala Dunia Basket 2023 melakukan penyesuaian jadwal untuk dua hari pertama ajang ini. Penyesuaian ini dilakukan untuk mengakomodasi tim Suriah.

"Kami meminta mengubah panpel pertandingan dengan mempertimbangkan kondisi Suriah. Mayoritas pemain mereka baru tiba di Jakarta pada Selasa (2/8/2023) pagi ini karena keterlambatan jadwal pesawat yang tiba di Jakarta," kata Sekjen Perbasi Nirmala Dewi, dalam keterangan resminya.

1. Panpel sudah berkomunikasi dengan Suriah

Jadwal Tes Event Piala Dunia Basket 2023 Berubah, Sesuaikan SuriahSuasana Indoor Multifunction Stadium GBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Nirmala mengatakan, perubahan ini diambil setelah berkomunikasi dengan tim Suriah. Pihak Suriah dinilai tidak akan bisa memberikan perlawanan maksimal jika langsung bermain melawan Timnas Basket Indonesia.

Padahal, ajang tes event Piala Dunia Basket 2023 ini digunakan untuk Timnas Basket Indonesia senior sebagai bahan evaluasi menuju pra kualifikasi Olimpiade 2024 yang berlangsung di Suriah pada 12 Agustus mendatang.

Berdasarkan peringkat FIBA, Suriah merupakan tim terbaik di ajang ini. Mereka saat ini berada di peringkat ke-72 FIBA World Ranking. Sementara, Indonesia saat ini menempati posisi ke-85 dan Uni Emirat Arab (UEA) di peringkat 106.

"Pertimbangan-pertimbangan ini yang membuat kami memutuskan menyesuaikan jadwal pertandingan," kata Nirmala.

Baca Juga: FIBA: Venue Piala Dunia Basket 2023 Butuh Tes Event

2. Timnas Basket Indonesia tak masalah dengan perubahan jadwal

Jadwal Tes Event Piala Dunia Basket 2023 Berubah, Sesuaikan SuriahIndonesia vs Australia di FIBA Asia Cup 2022. (Dok. FIBA Asia)

Manajer Timnas Basket Indonesia Jeremy Imanuel Santoso mengaku, tak mempermasalahkan penyesuaian jadwal ini. Justru, Indonesia menyambut baik perubahan jadwal ini, karena bisa menghadapi lawan dalam kondisi terbaik.

"Dengan itu, coach Milos Pejic bisa melihat siapa-siapa pemain yang layak masuk ke dalam tim untuk turnamen prakualifikasi Olimpiade 2024 nanti mulai 12 Agustus di Suriah," kata Jeremy.

Hal senada disampaikan pelatih Timnas Basket Indonesia, Milos Pejic. Menurutnya, turnamen test event Piala Dunia Basket 2023 ini merupakan kesempatan yang baik untuk melihat beberapa pemain baru seperti Zane Adnan dan Reza Guntara.

"Kami belum tahu daftar pemain Suriah atau UEA, tapi tentu kami akan berusaha bermain dengan baik dan berusaha memenangi pertandingan," kata Pejic.

3. Perubahan jadwal tes event Piala Dunia Basket 2023

Jadwal Tes Event Piala Dunia Basket 2023 Berubah, Sesuaikan SuriahSuasana Indoor Multifunction Stadium GBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Untuk hari pertama, Rabu (2/8/2023), Timnas Basket Indonesia yang awalnya dijadwalkan melawan Suriah pada pukul 16.45 WIB, kini beralih menghadapi Indonesia Patriots. Sementara, game malam hari mulai pukul 20.30 dari awalnya UEA lawan Indonesia Patriots berganti menjadi UEA lawan Suriah.

Penyesuaian ini berdampak pada pertandingan pada Sabtu (5/8/2023). Timnas yang awalnya melawan Indonesia Patriots pada pukul 16.45 WIB, berganti meladeni Suriah. Sementara Indonesia Patriots akan bertanding melawan UEA mulai pukul 20.30 WIB. Untuk game hari kedua pada Jumat, 4 Agustus tidak berubah.

Berikut jadwal baru tes event Piala Dunia Basket 2023

Rabu, 2 Agustus 2023
16.45 WIB - Timnas Basket Indonesia vs Indonesia Patriots
20.30 WIB - Suriah vs Uni Emirat Arab

Jumat, 4 Agustus 2023
16.45 WIB - Indonesia Patriots vs Suriah
20.30 WIB - Uni Emirat Arab vs Timnas Basket Indonesia

Sabtu, 5 Agustus 2023
16.45 WIB - Timnas Basket Indonesia vs Suriah
20.30 WIB - Uni Emirat Arab vs Indonesia Patriots

Baca Juga: Indonesia Arena Disiksa Jelang Piala Dunia Basket, Timnas Main

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya