Jelang MotoGP Mandalika, Pemprov NTB Tak Khawatir Akomodasi

"Semua bersemangat dan ada gairah baru."

Jakarta, IDN Times - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengungkapkan dirinya tidak khawatir dengan masalah akomodasi di gelaran MotoGP Mandalika yang akan digelar Maret 2020. Sebab, selain telah menyiapkan hotel bintang lima, dia juga menyebut sudah menyiapkan akomodasi lain.

Akomodasi lain yang dimaksud Zulkieflimansyah berupa rumah-rumah penduduk, masjid, dan saung-saung. Nantinya akomodasi ini akan diperuntukkan untuk komunitas-komunitas motor yang dia prediksi akan berdatangan dari seluruh Indonesia.

"Akomodasi tidak akan jadi masalah, komunitas motor ini tidak perlu hotel bntang lima. Mereka cukup di kedai-kedai sederhana dan rumah-rumah penduduk. Dengan itu mereka sudah senang," ujar Zulkieflimansyah saat berkunjung ke IDN Times, Jumat (8/10/2021).

1. Protokol kesehatan ketat akan dilaksanakan

Jelang MotoGP Mandalika, Pemprov NTB Tak Khawatir AkomodasiGubernur NTB, Zulkieflimansyah datangi Kantor IDN Media HQ untuk berbincang di acara "Suara Millennial: Gubernur NTB Buka-Bukaan Protek Moto GP Mandalika" pada Jumat (8/10/2021). (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Zulkieflimansyah mengatakan akan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan virus corona selama gelaran MotoGP. Apalagi ajang-ajang semacam MotoGP dan WSBK adalah event berskala internasional. Tentu sorotan dunia akan mengarah pada ajang ini.

"Kan November ini prokes masih, tentu kalau tempat itu menampung banyak orang, kami harus ada prokes yang ketat. Pemerintah juga sudah mencanangkan vaksinasi di NTB, sekarang di Lombok Tengah itu udah 103 persen, kami di NTB juga dapat memproduksi rapid antigen mandiri," ujar Zulkieflimansyah.

Baca Juga: Kalender Sementara MotoGP 2022 Dirilis, GP Indonesia Digelar Maret!

2. Masyarakat NTB bakal siapkan cendera mata

Jelang MotoGP Mandalika, Pemprov NTB Tak Khawatir AkomodasiKaryawan menunjukkan suvenir maskot PON Papua Kangpho dan Drawa dipusat oleh-oleh Abepura, Kota Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Zulkieflimansyah juga menyebutkan masyarakat NTB akan menyambut baik setiap turis yang datang. Mereka juga akan menyiapkan cendera mata yang apik seiring dengan kepastian jadwal MotoGP dan WSBK di Mandalika.

"Dengan sendirinya, tanpa dikomandoi masyarakat akan melakukan itu (siapkan cendera mata). Cuma kemarin kan masih wait and see, ketika kemarin sudah ada jadwal, barulah semua pihak bergerak. Semua bersemangat dan ada gairah baru," ujar Zulkieflimansyah.

3. MotoGP dipastikan digelar di Mandalika pada 2022

Jelang MotoGP Mandalika, Pemprov NTB Tak Khawatir AkomodasiFoto udara pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (6/4/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah seri kedua MotoGP musim depan pada 20 Maret 2022. Hal tersebut dipastikan setelah MotoGP merilis kalender provisional musim balap 2022.

MotoGP musim depan akan dibuka di Qatar pada 6 Maret 2022. Berselang dua pekan, Indonesia menjadi tuan rumah dan Sirkuit Mandalika, untuk pertama kalinya bakal menjamu bintang-bintang dunia seperti Marc Marquez, Francesco Bagnaia, hingga Fabio Quartararo.

https://www.youtube.com/embed/5k0JWmecsCs

Baca Juga: Gubernur NTB Siapkan Tiket Gratis MotoGP Mandalika untuk Siswa SMA-SMK

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya