Joan Mir Berpeluang Pindah ke Ducati Musim Depan

Opsi Mir untuk pindah hanya ke Ducati

Jakarta, IDN Times - Bagi Joan Mir, MotoGP 2023 sejauh ini bukanlah jadi musim yang baik. Alih-alih prestasi, dia justru banyak mendapatkan kesusahan. Opsi pindah pun menyeruak, salah satunya ke Ducati.

Dilansir Motosan, Mir bisa mencari alternatif untuk pindah dari Honda musim depan, meski sudah menandatangani kontrak sampai 2024. Ducati pun bisa jadi pilihan bagi Mir untuk menata lagi karier balapnya.

1. Joan Mir banyak terjatuh di Honda

Joan Mir Berpeluang Pindah ke Ducati Musim DepanJoan Mir dan Pol Espargaro (motogp.com)

Alih-alih berprestasi bersama Honda, Mir justru lebih banyak terjatuh. Total, sosok asal Spanyol itu terjatuh sebanyak 12 kali. Dia pun sadar ada yang salah. Dia lelah terus terjatuh dan menjauh dari podium.

"Kurasa, podium begitu jauh bagiku saat ini. Namun, seperti musim 2020 lalu, situasi sama juga pernah terjadi. Sekarang, aku hanya perlu sabar, tenang, dan bertahan apa pun situasinya," ujar Mir.

Berbeda dengan Mir, eks rekan setimnya di Suzuki, Alex Rins justru meraih prestasi menjanjikan. Bersama LCR Honda, Rins pernah sekali naik podium di gelaran MotoGP Amerika Serikat. Tak heran, sempat ada wacana tukar guling Mir dan Rins.

Baca Juga: Honda Tepis Rumor Tukar Guling Alex Rins dan Joan Mir

2. Skema kepindahan Mir ke Ducati

Joan Mir Berpeluang Pindah ke Ducati Musim Depantwitter.com/suzukimotogp

Bicara soal skema kepindahan Mir ke Ducati, sosok asal Spanyol itu mungkin tak akan bisa langsung membela tim inti. Posisi Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini sulit tergantikan, setidaknya untuk sekarang.

Mir bisa saja membela tim satelit Ducati terlebih dahulu, salah satunya adalah Gresini Racing. Kendati terkena masalah finansial, Gresini merupakan tempat yang pas untuk membenahi karier.

Jika tampil apik bersama Gresini, bukan tidak mungkin Mir bisa naik ke tim inti Ducati. Itulah yang terjadi pada Bastianini. Usai apik di musim 2022, dia pun ditarik langsung ke tim inti, menemani Bagnaia.

3. Tak ada pilihan yang bisa ditempuh Joan Mir

Joan Mir Berpeluang Pindah ke Ducati Musim DepanJoan Mir pada sesi konferensi persi di GP Spanyol (motogp.com)

Selain Ducati, memang tak ada pilihan lain yang bisa ditempuh Mir. Kebanyakan, para pembalap masih memiliki kontrak dengan tim mereka masing-masing sampai 2024. Jikapun ada isu perpindahan, namanya tak masuk radar.

KTM baru saja memperpanjang kontrak Augusto Fernandez. Sedangkan Yamaha, mereka lebih tertarik merekrut Alex Rins untuk jadi rekan Fabio Quartararo. Alhasil, tak ada pilihan Joan Mir untuk pindah, selain ke tim satelit Ducati.

Baca Juga: Joan Mir Pede Ngaku Gaya Balapnya Mirip dengan Marquez

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya