Jokowi Absen di Opening Ceremony Piala Dunia Basket 2023

Jokowi ada acara lain

Jakarta, IDN Times - Ketua LOC Piala Dunia Basket 2023 Indonesia, Budisatrio Djiwandono, memastikan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo tak akan menghadiri upacara pembukaan FIBA World Cup 2023 pada Jumat (25/8/2023).

"Sepertinya (Presiden Jokowi) tidak hadir karena berdasarkan informasi yang kami terima Pak Presiden lagi ada serangkaian kegiatan (baru) setelah acara dari Afrika, sekarang sudah ada di Sumatra Utara," ujar Budi di Indonesia Arena, Jumat (25/8/2023).

1. Siapa mewakili Jokowi?

Jokowi Absen di Opening Ceremony Piala Dunia Basket 2023Erick Thohir Meninjau venue FIBA Basketball World Cup 2023 & pengecekan persiapan pembukaan serta menyapa Timnas Spanyol di Indonesia Arena (dok. Istimewa)

Budi berkata, meski Jokowi tidak datang, akan ada beberapa menteri yang mewakilinya di opening ceremony nanti. Menpora Dito Ariotedjo dan Menteri BUMN Erick Thohir dipastikan bakal datang.

"Ada beberapa menteri-menteri kabinet yang akan datang, saya rasa Menpora udah pasti hadir, tadi info-infonya Menteri BUMN Pak Erick Thohir akan hadir juga beliau kan central board member dari FIBA," ujar Budi.

Baca Juga: Indonesia Arena Buat Juara Bertahan FIBA World Cup Takjub!

2. Berpotensi membuka secara virtual

Jokowi Absen di Opening Ceremony Piala Dunia Basket 2023Presiden Joko Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sempat ada rencana, Presiden Jokowi membuka acara secara virtual. Namun, Budi juga belum dapat memastikan apakah sang kepala negara akan memberikan sambutan secara virtual dalam upacara pembukaan nanti.

Upacara pembukaan FIBA World Cup 2023 akan dilangsungkan pada pukul 19.15 WIB. Upacara ini dihelat sebelum gim kedua dimulai antara Kanada melawan Prancis pukul 20.30 WIB.

3. Piala Dunia Basket di Jakarta gelar dua laga grup

Jokowi Absen di Opening Ceremony Piala Dunia Basket 2023Piala Dunia Basket 2023. (Website/fiba.basketball)

Piala Dunia Basket 2023 di Jakarta akan menggelar laga babak penyisihan di dua grup, yaitu Grup G yang dihuni oleh Spanyol, Iran, Pantai Gading, dan Brazil, serta Grup H yang berisikan Kanada, Latvia, Lebanon, dan Prancis.

Tidak cuma itu, Indonesia juga akan jadi tuan rumah babak grup kedua, serta babak penentuan peringkat 17 hingga 32 Piala Dunia Basket 2023. Semua laga akan dihelat di Indonesia Arena.

Baca Juga: Jokowi Lebih Senang Indonesia Arena untuk Acara Olahraga

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya