Jokowi Resmikan Indonesia Arena, Venue Piala Dunia Basket 2023

Dibangun dengan anggaran Rp640 miliar

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Indonesia Arena pada Senin (7/8/2023). Peresmian ini tepat dilaksanakan selepas tes event Piala Dunia Basket 2023 rampung pada Sabtu (5/8/2023).

Turut hadir juga dalam peresmian beberapa menteri dalam Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno, serta Menpora Dito Ariotedjo.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan Indonesia Arena di kawasan Gelora Bung Karno DKI Jakarta," ujar Jokowi di Indonesia Arena, Senin (7/8/2023).

Jokowi pun mengaku bangga dengan hadirnya Indonesia Arena yang memiliki kapasitas 16 ribu ini. Apalagi, arena ini juga dibangun dalam waktu yang begitu singkat, yakni 18 bulan saja.

"Sebuah stadion dengan kapasitas 16 ribu penonton kurang lebih, dibangun dengan biaya Rp640 miliar, pembangunannya dilakukan selama 18 bulan, sangat cepat sekali," ujar Jokowi.

Acara peresmian Indonesia Arena juga diramaikan oleh penampilan beberapa musisi, seperti Wika Salim dan Cokelat. Saat Wika tampil, beberapa menteri turut berjoget. Apiknya, saat Cokelat manggung, Basuki turun gelanggang dan memainkan drum.

Ada juga laga eksibisi yang mempertandingkan Happy Ballers melawan Kuy Media. Beberapa atlet Timnas Basket Indonesia seperti Marques Bolden, Yudha Saputera, Andakara Prastawa, dan Arki Dikania Wisnu juga hadir dalam acara peresmian ini.

Dalam waktu dekat, Indonesia Arena akan jadi salah satu venue Piala Dunia Basket 2023. Nantinya, laga Grup G dan Grup H, plus laga babak kedua Grup L, serta laga peringkat 17 hingga 32 Grup P, akan dilaksanakan di sini.

Baca Juga: Menpora Puji Indonesia Arena, Mirip Kandang LA Lakers

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya